Monday 8 May 2023

Serunya Mengexplore Lombok Dengan Jaringan Internet Tanpa Lelet Bersama IndiHome


Dari judul tulisan ini saja, sudah kebayang bakalan seru dan menyenangkan bisa jalan-jalan ke Lombok tanpa harus sibuk ngurusin tiket pesawat dan booking hotel. Explore Lombok bisa dari rumah kita tanpa harus merogoh isi rekening. 


Kalau sudah bercerita tentang Lombok, kebayang deretan pantainya yang eksotik, air terjunnya yang sejuk, gili-gilinya yang memukau, budayanya yang menarik sampai kulinernya yang memiliki cita rasa yang khas kaya akan bumbu. 


"Siapa yang gak mau kalau diajak ke Lombok?". Pasti pada mau semua. Apalagi bisa traveling ke Lombok beberapa hari. Paling gak ya seminggu lah ya, hehehe. Kalau seminggu, teman-teman bakalan bisa ngexplore hampir semua destinasi di Lombok. 


Namun, belakangan ini dunia dilanda bencana besar yaitu wabah Covid-19. Begitu juga dengan negara kita, Indonesia. Bahkan hampir dari semua sektor terkena dampaknya. Dari sektor ekonomi, pendidikan bahkan yang sangat terlihat down itu dari sektor pariwisata. 


Meskipun beberapa hari ini, dunia sudah mencabut status darurat Covid-19, namun dampak dari Covid-19 masih terasa. Persyaratan bepergian ke luar kota masih diperketat. Harus sudah vaksin booster kedua dan lain sebagainya. Apalagi pada saat awal-awal Covid-19, kita dilarang untuk kemana-mana. Pergi kerja ke kantor saja dibatasi. Banyak yang Work From Home (WFH). Melakukan apapun dari rumah. Apa-apa dari rumah. Mau sekedar menyapa rekan kerja dan keluarga pun dari rumah masing-masing. 


Apalagi mau liburan, tabungan sudah siap mau berangkat ke destinasi tujuan. Tapi berhubung sudah ada larangan untuk pergi kemana-mana, niat mau berfoto ria di Puncak Gunung Rinjani pun harus disimpan dulu. Pokoknya semua kegiatan dilakukan dari rumah dengan menggunakan jaringan internet.


Kalau sudah ngebahas tentang liburan, imun kita langsung sedikit lebih meningkat bahkan buat kita yang hobi banget traveling, mungkin langsung good mood. 


Begitu juga bagi teman-teman yang sudah pernah atau belum sama sekali ke Pulau Lombok, pasti pengen banget berlibur ke pulau yang bertetangga langsung dengan Pulau Bali dan Sumbawa ini. Tapi karena Covid-19, agenda itu ditunda dulu. 



Karena perkembangan jaman dengan teknologi canggih sekarang ini. Melihat keindahan Pulau Lombok dari layar smartphone teman-teman sudah sangat bisa. Itupun harus didukung dengan internet yang super cepat tanpa lelet. 


Biar gak ribet, teman-teman bisa menggunakan produk layanan internet dari IndiHome. IndiHome memiliki beberapa layanan seperti internet dengan kapasitas maksimal sampai 300 Mbps, TV berbayar, dan layanan telpon rumah. 


Di postingan sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang apa itu IndiHome dan beberapa layanan unggulannya. Dijamin pakai IndiHome gak khawatir lagi dengan sinyal internet yang lelet apalagi buat kita yang tinggal di daerah pelosok dan jauh dari sinyal internet. 


Di Pulau Lombok sendiri IndiHome sudah lama hadir buat melayani warga Lombok dalam menjelajah apapun itu dari dunia internet. Mau kemanapun kalian pergi, Internet Provider dari Telkom Indonesia yaitu IndiHome solusinya. Asyiiik !. 


Oke, sekarang saya akan mengajak kalian jalan-jalan di Lombok dari tulisan saya ini !. Siapkan sinyal internet atau Wifi yang kenceng dari IndiHome ya !.



Sirkuit Mandalika


Siapa yang gak mengenal sirkuit kebanggaan Indonesia ini yang pertama kali digunakan dalam ajang World Superbike (WSBK) tahun 2021 lalu. Sirkuit yang berada di Mandalika, Kab.Lombok Tengah, Pulau Lombok, Prov.NTB dinobatkan sebagai salah satu sirkuit terindah di dunia. 


Sirkuit yang lokasinya berada di pinggir pantai ini membuat siapa pun yang datang kesini, akan dibuat jatuh cinta. Perpaduan keindahan alam dengan deretan perbukitan yang mengelilingi sirkuit serta biru toskanya lautan yang membuat sirkuit ini menjadi destinasi wisata pilihan. 


Biar bisa mengexplore Sirkuit Mandalika lebih asyik, teman-teman juga bisa buka link disini : Nonton Langsung World Super Bike di Sirkuit Mandalika



Pantai Kuta Mandalika


Pantai yang jaraknya sangat dekat dengan Sirkuit Mandalika ini merupakan salah satu destinasi favorit pengunjung baik dari Lombok maupun dari luar Pulau Lombok sendiri. Memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan airnya yang tenang, membuat pengunjung pengen berlama-lama berenang di pantai ini. 


Ditambah lagi memiliki warna pasir yang putih dan lembut membuat para fotografer betah berlama-lama disini sembari mencari hasil jepretan yang kece pastinya. 


Di sekitaran Pantai Kuta Mandalika, banyak sekali deretan penginapan dari kelas homestay sampai bintang lima ada di sekitar pantai ini. Buat teman-teman yang masih bingung kalau ke Lombok mau menginap dimana, mungkin bisa menjatuhkan pilihan di daerah Kuta Mandalika. Kembali lagi tergantung budget teman-teman sendiri. 


Biar bisa  mengexplore Pantai Mandalika lebih asyik, teman-teman juga bisa buka link disini : Menikmati Sore di Pantai Kuta Mandalika



Bukit Merese


Setelah puas berenang dan berjemur di Pantai Kuta Mandalika, berjalan ke sisi sebelah timur ada sebuah bukit yang sudah sangat hits di kalangan pemburu sunrise dan sunset, sebut saja Bukit Merese. 


Bukit Merese berada di antara Sirkuit Mandalika dan Pantai Tanjung Aan. Bukit ini bisa juga disebut tanjung karena bentuknya menjorok ke laut.


Biar bisa mengexplore Bukit Merese lebih asyik, teman-teman juga bisa buka link disini : Terdampar di Bukit Merese



Pantai Selong Belanak


Diantara teman-teman yang sudah pernah ke Lombok atau sudah sering banget liburan kesini. Nama Pantai Selong Belanak pastinya sudah gak asing lagi. Pantai yang berada di Kab.Lombok Tengah ini gak kalah keren dengan pantai-pantai yang ada di sekitarnya.


Bahkan pantai ini menurut saya paling kece diantara pantai-pantai di sekitarnya. Memiliki pasir yang sangat lembut dengan panorama alam yang sangat memukau. Di kelilingi perbukitan dengan garis pantai yang cukup panjang. 


Pantai ini juga tempatnya para bule untuk surfing. Gak heran pantai ini sangat ramai dikunjungi baik pagi maupun dikala senja. Keindahan sunset disini pun sangat kece. 


Menikmati senja sambil menunggu sunset dan rombongan kerbau yang habis mencari makan. Foto bersama rombongan kerbau sangat direkomendasi disini. Gak nyesel dah datang ke Pantai Selong Belanak.


Biar bisa puas mengexplore Pantai Selong Belanak lebih asyik, teman-teman juga bisa buka link disini : Selong Belanak : My Favorit Beach



Gili Terawangan, Meno dan Air


Habis ngexplore pantai-pantai di Lombok, kita lanjut mengexplore gili-gilinya yang eksotik. Gili Trawangan, Meno dan Air merupakan tiga gili yang berlokasi sama. Terletak di Kab.Lombok Utara dan untuk menuju ke tiga gili, kita bisa menggunakan publik boat dari Pelabuhan Bangsal, Pemenang. Atau yang gak mau ribet, bisa menyewa privat boat dari Pelabuhan Teluk Nale tapi agak lebih mahal dibandingkan pakai publik boat. 


Bagi yang doyan dengan dunia malam, kalian bisa menikmati party yang diadakan di beberapa lokasi di Gili Trawangan, Meno dan Air. 


Kalau staycation di Gili Trawangan, Meno dan Air, kalian bisa melakukan beberapa kegiatan seperti mandi pantai, naik sepeda keliling Gili, naik cidomo (dokar), snorkeling di beberapa spot dan diving. Keren kan ?.


Untuk yang ingin staycation, kalian bisa memilih beberapa hotel dari kelas homestay sampai bintang lima disini terutama di Gili Trawangan. Bagi kalian yang pengen menyendiri dari gemerlapnya dunia kota, kalian bisa pilih staycation di Gili Meno atau Gili Air.


Biar bisa mengexplore Gili Trawangan, Meno dan Air lebih asyik, teman-teman juga bisa buka link disini : Cerita Seharian di Desa Sembalun



Desa Sembalun


Habis mandi air laut, kita lanjut lagi ke daerah timur dari Pulau Lombok. Tepatnya di Desa Sembalun, Lombok Timur. Desa yang dinobatkan sebagai desa tertinggi di Pulau Lombok ini dengan ketinggian sekitar 1200 mdpl, banyak menyimpan keindahan alam dari perbukitan, pematang sawah yang hijau, hasil perkebunan yang berlimpah, serta udaranya yang sejuk membuat siapapun betah berlama-lama tinggal disini.


Di desa ini ada beberapa destinasi wisata yang bisa kalia explore. Salah satunya Bukit Pergasingan yang bisa kalian daki sebagai pemanasan mendaki Gunung Rinjani nanti. Kalian bisa mendirikan tenda di atas bukit ini. 


Biar bisa mengexplore Desa Sembalun lebih asyik, teman-teman juga bisa buka link disini : Keindahan Desa Sembalun



Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center Lombok


Kalian sudah tau kan di Pulau Lombok, tepatnya di pusat Kota Mataram telah berdiri bangunan super kece dan megah. Bangunan ini merupakan sebuah masjid yang dibangun di masa pemerintahan Gubernur NTB, Pak TGB Zainuk Majdi. Masjid kece dan megah kebanggaan masyarakat Pulau Lombok dan merupakan masjid terbesar saat ini di Provinsi NTB.


Masjid ini diberi nama Masjid Hubbul Wathan, diresmikan penggunaannya pada tanggal 10 Dzulhijjah 1437 Hijriah atau jatuh pada tanggal 12 September 2016 lalu. Hari dimana bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Kebetulan saya sendiri menjadi salah satu saksi dari ribuan masyarakat yang bersama-sama dengan bapak gubernur meresmikan penggunaan masjid ini sekaligus Shalat Eid berjamaah dan ditutup dengan khutbah Idul Adha.


Biar biasa mengexplore Masjid Hubbul Wathan lebih asyik , teman-teman juga bisa buka link disini : Merasakan Sensasi Naik Menara Masjid Hubbul Wathan




Desa Sade


Sewaktu pulang dari ngetrip seharian menuju pantai-pantai yang berada di Lombok Tengah, saya bersama teman-teman sudah mempunyai rencana ingin mampir di Desa Sade. Alasan kami ingin mampir di desa ini karena salah satu personil belum pernah sama sekali ke desa yang sudah terkenal sampai ke luar negeri ini.


Kebetulan juga hari itu bertepatan dengan Hari Minggu, dimana pada saat hari libur dan habis panen, masyarakat biasanya mengadakan acara resepsi pernikahan disertai mengarak-ngarak kedua pasangan pengantin keliling desa yang biasa disebut dengan istilah nyongkolan. Kami saat itu beruntung bisa melihat tradisi tersebu di Desa Sade.


Biar bisa mengexplore Desa Sade lebih asyik, teman-teman juga bisa buka link disini :Acara Nyongkolan di Desa Sade


Itu dia beberapa diantara destinasi wisata yang ada di Pulau Lombok. Maunya ceritakan satu per satu, tapi kalau ditulis disini, bisa jadi satu buku.hehehe. 


Meskipun belum bisa terbang langsung ke Pulau Lombok, dari media sosial teman-teman bisa mengexplore Lombok. Bisa melalui channel youtube, blog, website, facebook, instagram atau twitter. Semua teman-teman bisa akses dengan jaringan internet yang super duper cepat. Internet Provider dari Telkom Indonesia yaitu IndiHome. 


Yuuk berlangganan IndiHome agar kalian bisa keliling dunia meskipun hanya duduk manis di sofa empuk sambil ngopi dari rumah pastinya !.


Penulis : Lazwardy Perdana Putra





4 comments: