Skip to main content

Sunset di Taman Panda, Pantai Kalaki Bima Kece Habis !

Hello... Kembali lagi ke Bima !

Salah satu kabupaten yang berada di paling timur Pulau Sumbawa ini memiliki banyak destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi. Ada Pantai Amahami, Pantai Kalaki, Masjid Terapung Amahami, Museum ASI Mbojo di Kota Bima dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang paling saya sukai kalau datang ke Bima yaitu view sunsetnya guys. Beberapa minggu yang lalu saya berkesempatan datang ke Bima bersama rombongan dari Kemenkes RI. Kebetulan mereka ada kegiatan selama tiga hari di Kab.Bima dan Dompu. Kami dari provinsi ikut mendampingi mereka. 

Selesai tugas dinas dari pagi hingga sore, gak lengkap rasanya kalau gak datang ke tempat yang kece dan kulinerannya enak. Di Bima ada salah satu tempat yang rekommended banget buat didatangi yaitu Taman Panda yang masih berada di wilayah Pantai Kalaki. Disini ada banyak lesehan yang menjual berbagai aneka macam sea food. Sudah kebayang bakalan menyantap Ikan bakar, cumi kabar, kepiting bumbu asem manis dan hasil laut lainnya. 



Lokasi Taman Panda ini berada kurang lebih 10 km dari pusat Kota Bima atau masih satu kawasan dengan Pantai Kalaki, Teluk Bima. Jadi sangat cocok sekali menikmati makan sore bersama para sea food di pinggir pantai. Pantai disini ombaknya gak besar seperti pantai-pantai di Lombok. Disini pantainya sangat tenang, anginnya sepoi-sepoi dan viewnya kece habis. Kita bisa melihat Teluk Bima dengan deretan perbukitan hijau khas Bima. Kita juga bisa melihat dari kejauhan Kota Bima dan perahu-perahu yang hilir mudik di waktu mencari ikan di laut.

Sesampainya di lokasi, kami tertuju ke salah satu warung. Terlihat kesibukan ibu-ibu penjual ikan yang sedang melayani pembeli. Sudah tercium aroma ikan segar yang dibakar. Perut tambah lapar, gak sabar ingin menyantap hidangan yang dipesan. 

Saya memilih duduk di semacam gazebo yang gak beratap tepat di pinggir pantai. Tempatnya terbuat dari potongan bambu dan kayu. Jumlahnya juga gak hanya satu, tapi banyak sekali. Hampir sepanjang area makan dibangun gazebo di pinggir pantai.


Jadi tempat duduk ini berada di seberang lesehannya dan masih satu kepemilikan. Buat kalian yang mau hilir mudik, harus hati-hati dengan kendaraan yang lalu-lalang. Kebetulan sore itu lagi ada acara di Taman Panda dan akses jalannya ditutup. Jadi kendaraan yang lewat hanya yang akan mampir makan aneka sea food disini. 

Apa yang akan kami santap, sudah dipesan. Saya sih ngikut rombongan saja mau makan apa. Yang penting dibayarin alias gratis tis tis, hehehe. Sambil menunggu pesanan datang. Kami foto-foto di area pinggir pantai sambil menikmati suasana. Ada juga salah satu dari rombongan yang buat video. 



Menjelang waktu senja, langit di barat sudah berwarna orange kebiruan. Pertanda malam hari akan tiba. Untungnya cuaca lagi bersahabat, saya bisa menikmati sunset dari Pantai Kalaki. Nice banget sunsetnya. Matahari seakan bersembunyi di balik perbukitan. Angin pantai yang berhembus juga menambah suasana saat itu menjadi syahdu. Suara-suara adzan magrib berkumandang memanggil untuk segera melaksanakan kewajiban Shalat Magrib.

Setelah selesai shalat di tempat yang tersedia di lesehan ini, pesanan sudah siap. Saatnya menyantap menu-menu spesial yang dipesan. Ada Ikan Bumbu Palumara, Ikan Bakar Bumbu Asem Manis dan masih banyak lagi lainnya. 


Soal rasa gak perlu diragukan lagi. Yang paling saya sukai dari hidangan yang dipesan yaitu Ikan Bumbu Palumara dan Ikan Bakar bumbu Asem Manis. Ikan Palumara yang dipesan yaitu ikan baronang dengam bumbu kuning atau bahasa kerennya Ikan Bumbu Palumara. Bisa-bisa nambah dua piring nasi nih.

Untuk harganya kalau pesennya sepaket, ada nasi,sea food dan minumnya kisaran 100 - 150 ribu untuk 4 sampai 6 orang. Cukup murah bukan. Tempat kaki lima rasa hotel bintang lima. Rekommended buat kalian yang berkunjung ke Bima dan Kota Bima, bisa mampir di Taman Panda, Pantai Kalaki. Dari Bandara Sultan Salahuddin Bima juga hanya waktu tempuh lima belas menitan saja.

Itu dia sedikit cerita saya tentang menikmati sunset sambil kulineran di Taman Panda, Pantai Kalaki, Kab.Bima. Untuk cerita dari Kota Bima lainnya ditunggu saja ya. Masih banyak cerita-cerita seru yang bakal saya tulis di blog ini. Semoga gak bosan saja. Amin. 

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Comments

  1. suasana sunset nya syahdu sekali
    di tepi pantai , terlihat tenang
    ditemani kuliner kuliner maknyuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunset keren. Sea food ya jg uenaaak bener. Kpn k Lombok lg mas broo ?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Baru : Naik Boat di Danau Beratan, Bedugul

Siapa yang gak kenal Bali dengan keindahan pantai dan budayanya. Hampir semua destinasi di Bali sudah mainstream . Apalagi kalau sudah yang namanya long weekend , jangan diharap bisa menikmati alam Bali sendirian. Bus-bus pariwisata dan kendaraan lainnya berjejer dan membuat jalur di kawasan wisata macet total. Itu pengalaman yang saya rasakan di Bali minggu yang lalu. Agak sedikit curhat di awal tulisan mengenai kemacetan di Bali yang sudah terasa saat ini. Beda dengan keadaan Bali dua puluh tahun yang lalu, disaat saya pertama kali ke Bali. Lengang, gak panas dan gak macet. Oke... Kita lupakan kemacetan di Bali akhir-akhir ini. Kita bahas hal-hal yang menarik di Bali saja. Salah satunya tempat yang sempat saya kunjungi saat ke Bali kemarin, tepatnya di bagian utara Bali. Tempatnya dingin, adem, sejuk, jauh dari polusi dan kece pastinya. Fotoan kece di atas boat dengan latar Pura Ulun Danu, Danau Beratan Welcome Danau Beratan !!! Kalian

Kuliner Lagi di Bebek Goreng Pondok Galih : Gajah Mada, Lombok

Kalau ditanya tempat makan yang nyaman dengan penampilan kece di seputaran Kota Mataram. Saya langsung menjawab Bebek Goreng Pondok Galih Gajah Mada. Sudah lama juga saya gak mereview tempat makan sambil kulineran. Akibat terlalu lama virus Covid-19 menghantui kita, sampai-sampai mau makan keluar saja harus mikir beribu kali. Pertimbangannya pastinya keamanan dan kesehatan diri sendiri. Untuk kali ini saya gak mau kehilangan momentum. Kebetulan ada libur empat hari dan gak traveling kemana-mana. So, saya bareng keluarga berencana pergi kulineran ke tempat yang belum didatangi. Wah, ini yang saya tunggu-tunggu. Saya pun merekomendasikan mencoba olahan bebek yang cukup terkenal di Kota Mataram, yaitu Bebek Goreng Pondok Galih. Dari namanya saja agak kesunda-sundaan ya. Memang bener, resto ini bernuansa khas Sunda.  Gimana ceritanya ?. Pasti seru dong. Buat yang gak berminat sama tulisan ini, bisa leave . Tapi buat kalian pembaca setia blog ini, pasti sudah gak sabaran sama cerita-cerita

Nama Menu Makanan Minuman yang Unik di Warung Meekow

Kalau hujan gini, enaknya ngebahas tentang makanan kali ya. Udara dingin dikala hujan menggoda, ujung-ujungnya larinya ke perut, laper guys. Nah, ngebahas makanan, saya punya review sebuah warung makan yang rekommended buat dicoba. Namanya Warung Meekow. Sudah pasti di media sosial tepatnya instagram, sudah ramai sekali ini tempat tongkrongan. Kalau gak salah sekitar akhir tahun 2020 lalu, tempat ini dilaunching. Sayangnya saya gak sempat datang di acara launchingnya, lebih tepatnya gak diundang,hehehe...curhat.  Kenapa saya review tempat nongkrong ini ?. Alasannya, karena beberapa teman menyarankan untuk datang mencicipi menu-menu enaknya. Jadi penasaran dong, so akhirnya saya datang untuk pertama kalinya bareng temen-temen kantor di jam makan siang. Gak puas hanya datang sekali, seminggu kemudian, saya kesini lagi bareng anak istri. Over all , pelayanan yang cukup memuaskan dan makananya enak, jadi saya review (gak ngendorse).  Dari informasi yang saya dapat, pemilik Warung Meeko