Friday 29 November 2019

Terbang Bersama Air Asia #BahagiaBersamaAirAsia

Dimana orang bahkan temen-temen sudah wara-wiri terbang kesana kemari menggunakan Air Asia, eh saya malah baru sekarang naik pesawat yang terkenal dengan budgetnya yang murah ini (low buget). Bukannya gak ada modal jalan-jalan ke luar Pulau Lombok, tapi sekarang susah nyari waktu longgar buat traveling. Apalagi sekarang sudah menikah dan bentar lagi ada jagoan yang lahir. Jadi, lebih hemat sedikit lah. Eh, malah curhat. Sorry sorry hehehe.

Seperti biasanya, di akhir pekan ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya terbang bersama Air Asia. Bisa dibilang ini bukan jalan-jalan atau liburan, lebih tepatnya urusan kerjaan. Pertengahan Bulan November ini, saya mengikuti ujian kompetensi apoteker karena sertifikat kompetensi saya sebagai apoteker sudah kadarluarsa. Ujiannya berlokasi di Jakarta Selatan, tepatnya di daerah Tebet. Pengennya sih bawa istri juga ke Jakarta, tapi kondisi istri yang sedang hamil masuk trisemester ketiga. Bentar lagi berojol nih. Biar fokus sama ujiannya, saya berangkat sendiri. Eh, bukan sendiri, tapi gak sengaja saya bertemu teman yang juga akan ikut ujian. Satu pesawat pula, jadi gak kesepian di perjalanan (maksudnya ada temen ngobrol).

Oke, sebelum hari keberangkatan, saya mengontak salah satu panitia ujian disana untuk menanyakan jadwal ujiannya. Acara dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama daftar ulang bagi peserta sekaligus ada bimbingan sampai sore. Sedangkan hari kedua, baru ujiannya. Setelah mendapat kejelasan, akhirnya saya memutuskan untuk berangkat satu hari sebelumnya biar agak santai dan gak terlalu capek saat kegiatan.

Buka-buka aplikasi tiket online untuk mencocokkan jadwal penerbangan dengan budget pastinya. Akhirnya saya memutuskan untuk buka website Air Asia.com. Untuk membuka situsnya gak terlalu lemot dan sangat cepat masuknya. Jujur, ini pertama kali saya menggunakan maskapai ini. Selain terlihat penampakan pesawatnya yang menarik, penasaran juga gimana rasa terbang Bahagia Bersama Air Asia .

Sedikit berbicara tentang maskapai ini, Air Asia dikenal sebagai salah satu maskapai yang berbiaya murah terbaik di dunia. Kurang lebih sekitar 120 destinasi di wilayah Asia dan Australia yang ditawarkan untuk terbang murah oleh Air Asia. Mau liburan ke Singapore, Malaysia, Perth, atau Thailand kalian bisa memesan tiket di Air Asia promo. Kalian bisa berburu promo besar-besaran bersama Air Asia. Apalagi buat kalian yang sudah terdaftar menjadi anggota Air Asia BIG di website Air Asia, kalian akan mendapatkan keuntungan seperti diskon, informasi promo dengan cepat dan lainnya.

Untuk menjadi anggota Air Asia BIG gimana ?. Caranya mudah, tinggal klik masuk ke website atau aplikasi online Air Asia. Lanjut daftar atau login dengan mengisi email dan pasword. Caranya mudah dan cepat. Setelah itu kalian akan mendapat keuntungan setiap transaksi di Air Asia, kalian akan mengumpulkan point di Air Asia BIG Points.

Siapapun kalian yang lebih sering terbang dengan Air Asia maka akan mendapatkan manfaat yang lebih besar. Pengumpulan BIG Points tergantung dari tipe tarif yang kalian pilih pada saat transaksi dan berapa banyak transaksi yang sudah dilakukan. Bila lebih sering terbang maka lebih besar kemungkinan kalian akan naik level di skema keanggotaan yang kami miliki. Jadi lebih sering terbang bersama Air Asia, maka kalian mengumpulkan lebih banyak BIG Points.

Cukup menarik bukan produk yang ditawarkan oleh Air Asia ?

Oke, kembali ke laptop. Setelah mempelajari apa saja yang ada di website Air Asia, saya memutuskan untuk memilih penerbangan Air Asia dari Lombok menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng,Banten. Proses booking sampai pembayarannya pun gak begitu ribet. Tinggal klik sesuai dengan arahan operator. Masukkan kota asal dan kota tujuan penerbangan. Jangan lupa ketik hari dan tanggal keberangkatan dan metode pembayaran. Kalau sudah semua persyaratan administrasi terisi semua di kolom, tinggal klik pesan. Setelah itu pihak maskapai mengirim kode booking ke email kita yang nantinya kita bisa selesaikan pembayaran menggunakan sesuai metode yang kita pilih.

Berhubung saya gak punya nomor rekening bank yang sesuai dengan aplikasinya, saya memilih melakukan pembayaran di Indomaret saja. Maksudnya sambil belanja yang lain gitu. Prosesnya juga gak terlalu lama dan ribet. Tinggal kasi kode booking ke kasir dan tinggal bayar deh. Gak menunggu lama, kita sudah mendapatkan E-Tiketing yang dikirim pihak maskapai ke email kita.

Next... Hari keberangkatan pun datang juga. Meninggalkan istri yang sedang mengandung untuk sementara demi sesuap nasi ke Jakarta, aiisssh lebay banget. Jadwal penerbangan sekitar jam 12 siang. Masih ada waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan saat ujian. Jangan sampai berkas-berkas yang dibutuhkan tertinggal. Jauh bang Jakarta -Lombok kalau ketinggalan. Untung-untung pakai pesawat. Coba pakai rakit atau perahu, bisa jenggotan dua kali sampai di Jakarta.

Lagi-lagi ini pertama kalinya saya terbang bersama Air Asia. Kalau liat youtuber yang terbang pakai Air Asia sih setiap hari. Bahkan sebelum berangkat, saya sering buka-buka chanel youtuber favorit saya seperti @IkhwanHidayat atau @IrjaLailalUlya yang kerjaannya naik alat transportasi dan eksis di kamera. Tujuan nonton chanelnya dengan konten Air Asia biar tau pakaian pramugari Air Asia kayak gimana. Jangan sampai salah masuk pesawat, hahaha (modus tuh pengen kenalan sama pramugarinya).

Setelah segala perlengkapan sudah masuk ke dalam tas dan koper, saya segera berangkat. Sengaja berangkat agak pagi biar lebih santai dan gak terburu-buru. Apalagi kata temen-temen yang sering pakai pesawat, jadwal terbang pesawat itu terkadang berubah-ubah. Jadwal terbangnya bisa dimajukan atau mundur dari jadwal sebelumnya. Tapi kemarin, jadwal terbang Air Asia on time kok. Pelayanan lumayan memuaskan sampai saat ini.

Alhamdulillah sampai bandara satu jam sebelum keberangkatan. Bisa muter-muter bandara dulu yang semakin hari Bandara International Lombok (BIL) ini semakin kece saja. Kapan-kapan saya review khusus tentang bandara ini yaak.

Setelah turun dari mobil, saya langsung menuju bagian check in. Disana sudah menunggu adik saya yang paling bontot. Dia kerja di bandara sudah dua tahun, jadi segala urusan dengan penerbangan melalui BIL ini lumayan terbantukan oleh si adik. Setelah proses check in melalui mesim check in khusus Air Asia, boarding pass sudah di tangan. Gak perlu mengantri di counter check in lagi.

Si adik nganter saya ke ruang tunggu penumpang. Ternyata ruang tunggunya baru nih. Wah, banyak sekali perubahan dari bandara ini. Apa saya yang sudah lama gak kemana-mana pakai pesawat yaa. Ah sudahlah, yang penting sekarang sudah tau dan gak katrok lagi,hehehe.

Sampainya di ruang tunggu penumpang yang baru dan keren, disana saya bertemu dengan teman yang sama-sama akan ke Jakarta untuk ikut ujian juga. Berhubung masih sibuk, si adik meninggalkan kami berdua. Saatnya menunggu waktu boarding.

Cek di Trafic Flight Radar lewat aplikasi android, pesawat dengan nomor penerbangan QZ611 ternyata sebentar lagi landing di BIL. Wah, pesawat ini cepat sekali dan on time. Pesawat Air Asia yang kami naiki yaitu Airbus A320-200. Jenis pesawat yang paling saya sukai karena saat landing sangat mulus dan getarannya gak terlalu keras. Gak lama menunggu, saya melihat pesawat yang akan membawa saya dan rombongan ke Jakarta sudah landing. Cuaca saat itu sangat cerah dan ini menjadi penerbangan yang kece buat saya.

Setelah petugas mempersilahkan kami menuju pesawat. proses pengecekan boarding pass dan ktp berjalan dengan lancar. Saat itu saya mendapatkan seat 31E. Itu berarti saya duduk di bagian paling belakang alias dekat dengan ekor pesawat. Sedangkan teman saya yang bernama Amri, dapat jatah duduk di seat 27C. Ini baru pertama kalinya juga saya duduk di seat paling belakang. Belum pernah sama sekali dan penasaran juga sensasi duduk di paling belakang gimana rasanya.

Melihat dari kejauhan, pesawat Air Asia yang saya tumpangi merupakan pesawat bermesin Airbus dan masih kinclong. Saat berjalan memasuki kabin pesawat, di depan pintu kami disambut dengan senyuman oleh salah satu pramugari yang berpakaian merah dan putih khas Air Asia. Duduk santai di seat, nengok sana-sini ternyata penumpangnya full. Gak ada seat yang tersisa. Bener-bener pesawat laris manis nih.

Seatnya juga sangat nyaman dan jarak antar seat di depannya gak terlalu mepet untuk seukuran saya. Aroma ruangan kabinnya juga harum. Bener-bener terbang Bahagia Bersama Air Asia. Jam take off pun sudah tiba. Kru pesawat memberikan informasi penting terkait dengan aturan penerbangan. Demo penggunaan alat keselamatan pun gak ketinggalan.

Disini ada yang lucu, disaat para pramugari memperagakan cara menggunakan alat keselamatan, dengan sengaja saya mengambil foto mereka. Tiba-tiba salah satu pramugari berjalan menuju saya dan memperingati saya untuk gak boleh mengambil gambar. Masih gak percaya, mbak pramugari tersebut meminta handphone yang saya pegang. Tanpa berpikir dua kali, saya langsung memperlihatkan galeri foto di dalam handphone untuk meyakinkan foto mereka sudah saya hapus sebelumnya. Setelah melihat bukti, pramugari tersebut tersenyum dan kembali melakukan tugasnya sebelum pesawat benar-benar take off. Legaaa handphone gak disita.

Disini saya baru tahu kalau gak boleh mengambil foto disaat pramugari memperagakan cara menggunakan alat keselamatan. Hmmmm, tapi di youtube masih ada ya. Apa hanya maskapai-maskapai tertentu saja yang gak memperbolehkan atau para youtubernya saja yang nekat ?. Ah sudahlah, yang penting sekarang sudah tahu kalau gak boleh. Yang boleh itu kenalan dan minta nomor whatsapp mbak pramugarinya hahaha (itu mah akal bulus bin modus).

Setelah take off, pesawatnya sangat nyaman meskipun beberapa kali terjadi turbulensi. Suasana di dalam pesawat sangat tenang. Hanya ada suara dari pramugari yang berjalan menawarkan berbagai macam produk dan menu makanan yang dijual kepada para penumpang. Gak banyak yang saya lakukan di dalam pesawat selain duduk santai sambil menikmati penerbangan. Apalagi duduk saya jauh dari jendela pesawat. Mau lihat pemandangan dari atas pesawat sangat terbatas. Meskipun begitu saya sangat nyaman dan waktu lebih banyak saya gunakan untuk memejamkan mata alias tidur.

Penerbangan dari Lombok ke Jakarta memakan waktu sekitar dua jam. Lumayan nih dipakai untuk tidur biar gak ngantuk nanti setibanya di Bandara Soekarno-Hatta. Ternyata saya benar-benar tertidur pulas. Saya pun terbangun ketika mendengar suara pramugari memberikan informasi bahwa sebentar lagi pesawat akan segera landing. Di luar jendela pesawat, awan tebal pun terlihat. Pertanda bahwa pesawat sedang melewati awan mendung. Sesekali getaran pun terjadi. Saya mencoba untuk tetap tenang dan berpikir bahwa gak akan terjadi apa-apa.

Gak menunggu waktu lama dan sesuai dengan jadwal, pesawat kami akhirnya landing dengan selamat. Perasaan lega dan bahagia yang ada di dalam hati. Saya pun tersenyum melihat kemegahan bangunan dari salah satu bandara terbesar dan termegah di Asia. Air Asia yang saya naiki berjalan menuju terminal 2. Saya pun untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di terminal 2 ini. Setelah pesawat berhenti dengan sempurna, satu per satu para penumpang keluar dari pesawat menuju ruang kedatangan.

Lokasi kami bermalam dekat dengan Tugu Pancoran

Welcome Jakarta !

Pastinya akan banyak cerita dan pengalaman yang akan saya alami di Jakarta selama seminggu. Jauh dari istri di rumah demi menjemput cita-cita, aisssshh mulai lebai lagi.

Sesampainya di ruang kedatangan, saya bareng si Amri menuju terminal bus Damri di Terminal 2. Jaman sekarang sudah canggih. Untuk naik bus, kita tinggal mengetik di layar mesin tiket. Ketik tujuan mau kemana dan mau pakai bus apa, tinggal pilih. Harga tiketnya pun sudah tertera di aplikasi. Super canggih nih. Kami berdua cetak boarding pass alias tiket bus Damri menuju Pasar Minggu seharga 40ribu per orang saja. Setelah tiket tercetak, kami langsung menuju loket untuk melakukan pembayaran. Lanjut, kami menunggu jadwal keberangkatan busnya sambil duduk di terminal bus mewah milik Terminal 2.

Gak terlalu lama menunggu. Jam keberangkatan bus yang akan kami naiki segera tiba. Lihat di layar monitor, bus Damri kami sudah berada di jalur 2. Busnya Eksekutif dan sangat nyaman. Bener-bener perjalanan yang sangat menyenangkan dan gak buat capek di jalan.

Sudah dulu ya ceritanya, nanti disambung lagi minggu depan dengan cerita-cerita seru lainnya !. Gimana, kalian tertarik terbang bersama Air Asia ?. Apalagi sekarang Air Asia sudah terbang dari Lombok - Yogyakarta, Lombok - Bali, Lombok - Jakarta, Lombok -Perth (Australia) dan Lombok - Kuala Lumpur. Harga tiketnya pun sangat murah. Bener-bener low budget terbaik menurut saya. Saya sangat bahagia terbang bersama Air Asia. Ibarat, jatuh cinta pada padangan pertama. Asyiiik.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

16 comments:

1. Pengalaman menarik. Yuni sudah lumayan sering sih bepergian dengan moda transportasi udara ini. Tapi nggak pernah pake air asia. Terakhir sih citylink. Itupin perjalanan dinas dari kantor. Jadi diurusin bagian HRD, yah Yuni mah tinggal berangkat lah. Hehehe

Anyway TFS ya.

ReplyDelete

2. selalu puas naik air asia, semoga buka penerbangan juga dari Kupang ke Lombok :)

1. Kalo ada ke Kupang, sya pasti nyari tiket promonya hahahaha

Delete
  3. Sebagai pelanggan Air Asia, selalu suka sih menggunakan service nya. Selain tepat waktu dan rutenya banyak, harga tiket Air Asia juga paling masuk akal. Jadi semua orang bisa terbang sekarang. Cihuy banget yak!

Replies
    1. Bener banget. Jd pngen nyobain terbang k KL atau k Perth nih suatu saat nanti. Amiiin

Delete
    2. Amiin, mampir juga ya ditulisanku https://sitimustiani.com/2019/11/traveling-singkat-tapi-berkesan-bersama-airasia-di-malaysia/

4. rata2 memang ga boleh utk memotret ato memvideokan awak kabin :D. sama kayak pas di korea utara, temenku mau vudeoin bagian dalam oesawat, lgs dihadang ma pramugarinya :p. Tp setauku ada jg yg boleh memvideokan sih, kayak maskapai citilink yg suka berpantun, itu kayaknya ga dilarang kalo kita videoin :p. malah bgs utk promosi mereka :p.

btw, airasia itu fav ku bangettttt, trutama pas di awal2 trveling. sampe skrpun utk jarak deket, aku lbh suka pake airasia. tp kalo penerbangan jauh kayak jepang, korsel, india, pokoknya yg lbh dari 4 jam, aku msh prefer full service biar ga mati gaya :p.

dibawah 4 jam, baru deh air asia. dan yg aku suka, makanan airasia itu enak2! :D. aku selalu pesen beda2 kalo naik ini, dan blm ada yg ga enak.

Replies
    1. Setuju mbak. Air Asia favorit sya banget. Suka pake air asia. Pesawatnya jg mulus saat landing. :)