Saturday 18 February 2017

Mengexplore Pulau Lombok Tiga Hari Tiga Malam

Dari pertama kali menulis blog tentang cerita-cerita ngetrip saya, Alhamdulillah blog saya mulai dikenal oleh teman-teman dari penjuru Indonesia bahkan dunia ( agak lebay dikit ). Walaupun masih belum banyak, tapi gaknya sudah ada yang baca ( menghibur diri sendiri ). Bahkan dari blog, saya punya sahabat yang seru dan kece, sekarang tiap hari WAan. Sebut saja namanya Mbak Yudit.

Berhubung Mbak Yudit mau liburan ke Lombok bareng temen-temennya, saya punya ide untuk menulis atau me-resume beberapa tempat di Lombok yang bisa dikunjungi dalam waktu tiga hari. Sekali lagi ini dari kumpulan cerita saya mengexplore Pulau Lombok. Kebetulan juga belum pernah menulis tentang ini, jadi tulisan ini saya harapkan bisa membantu teman-teman biar gak bingung mau kemana aj di Lombok.

Kali ini saya akan menulis menurut versi saya sendiri. Bisa dibilang ramah waktu, ramah fisik dan ramah dompet pastinya ( hehehehe). Buat yang pengen backpackeran, tulisan ini wajib kalian baca !!!

HARI PERTAMA DI LOMBOK

Bila menggunakan pesawat, kalian akan turun di Bandara Internasional Lombok ( LIA ). Sedangkan yang menggunakan kapal ferry, kalian bisa turun di Pelabuhan Lembar ( penyeberangan Bali - Lombok ).

Saran saja, gunakan penerbangan pagi ke Lombok agar bisa mengexplore beberapa destinasi terdekat dari bandara. Bagi yang menggunakan jalur laut dari Bali, bisa menggunakan kapal ferry pada malam hari agar sampai di Pelabuhan Lembar, Lombok di pagi harinya.

Pilihan Pertama

Desa Sade

Di hari pertama kalian bisa mengunjungi Desa Sade. Desa asli Suku Sasak yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena sangat dekat jaraknya dengan bandara, desa ini menjadi pilihan pertama untuk diexplore.... read more

Pantai Kuta Mandalika

Bali terkenal dengan Pantai Kuta, Pulau Lombok juga dikenal dengan Pantai Kuta Mandalikanya. Nama sama tapi rupa tak sama ( ibaratnya begitu ). Setelah dari Desa Sade, kalian bisa mengexplore Pantai Kuta Mandalika yang berjarak sangat dekat dengan Desa Sade.... read more

Pantai Seger atau Pantai Putri Nyale

Di sebelah timur pantai Kuta Mandalika, kalian bisa mengexplore Pantai Seger atau orang setempat menyebutnya Pantai Putri Nyale. Pantai ini disetiap tahunnya sekitar bulan Februari dijadikan tempat untuk mengadakan acara "Bau Nyale"... read more

Pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese

Pantai Tanjung Aan

Bukit Merese

Berjalan ke timur lagi, kita bisa menemukan pantai yang gak kalah indah dengan pantai Kuta dan pantai Seger. Namanya Pantai Tanjung Aan. Di kawasan pantai tersebut, ada juga destinasi yang lagi ngehits. Sebut saja namanya Bukit Merese.... read more

Pantai Batu Payung

Pernah melihat iklan rokok Dunhil di tipi. Kalo pernah liat, inilah lokasi syuting dari iklan tersebut. Namanya Pantai Batu Payung yang berada di sebelah timur Pantai Tanjung Aan. Untuk ke lokasi, kalian bisa berjalan kaki menyusuri perbukitan pantai atau menyewa perahu dari pantai Tanjung Aan.... read more

Dari lima destinasi di atas, kita bisa mengexplore seharian full. Bila cuaca lagi baik di Pantai Seger atau Bukit Merese, kita bisa melihat panorama sunset terindah di Pulau Lombok.

Pilihan Kedua

Desa Sade dan Pantai Kuta Mandalika

Sama seperti pilihan pertama, kita bisa mengunjungi Desa Sade terlebih dahulu. Setelah itu, kita menuju Pantai Kuta Mandalika sambil menikmati laut biru serta berfoto-foto kece alay ala Syahrono.

Asthari Cafe

Untuk makan siang atau beristirahat, Asthari Resto menjadi pilihan terbaik. Selain menikmati wisata kuliner, resto ini memiliki panorama alam yang indah. Dari resto ini, kita bisa melihat deretan pantai dari Pantai Kuta, Seger, Tanjung Aan bahkan Bukit Merese dari kejauhan. Kece dan rekomended buat kalian yang datang di hari pertama ke Lombok... read more

Pantai Mawun

Pantai yang lumayan dekat dengan Pantai Kuta Mandalika ini, bisa menjadi destinasi kita selanjutnya. Hanya butuh lima belas menit perjalanan dari Pantai Kuta hingga sampai di Pantai Mawun. Inilah pantai yang kebanyakan orang bilang pantai terindah di Pulau Lombok.... read more

Pantai Semeti dan Telawas

Pantai Semeti

Pantai Telawas

Yang punya jiwa backpacker, gak ada salahnya mampir di dua pantai kece satu ini. Walaupun jalur menuju kedua pantai ini lumayan menguras tenaga, rasa capek akan terbayarkan dengan keindahan kedua pantai yang bertetangga ini. Jalurnya pun sama, jadi sambil berenang dua pantai terlampaui.. Hanya sepuluh menit perjalanan dari Pantai Maun menuju arah barat... read more dan read more

Artati Bar & Restourant

Di antara jalur Pantai Mawun dan Semeti, terdapat sebuah resto yang lagi ngehits dengan kolam renang dan pemandangannya. Sebut saja namanya Artati Resto... read more

Pantai Selong Belanak

Destinasi terakhir sebagai penutup perjalanan di hari pertama, Pantai Selong Belanak adalah pilihan yang tepat. Kita juga bisa menikmati sunset dari pantai ini. Kalo saya sih, ini pantai terkece... read more

HARI KEDUA

Pilihan pertama

Gili Trawangan dan Meno

Gili Trawangan

Gili Meno

Banyak orang yang berlibur ke Lombok, pasti datang ke Gili Trawangan dan Meno. Kedua gili ini jaraknya berdekatan. Gili Trawangan dan Meno gak bisa dipisahkan dengan nama besar Pulau Lombok... Apabila ke Gili Trawangan dan Meno, menginap adalah pilihan yang cerdas untuk bisa melihat sunset dan sunrise... read more dan read more

Pilihan kedua

Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun yang berada di Lombok Utara ini merupakan air terjun yang ngehits di Pulau Lombok. Hanya butuh waktu dua jam perjalanan dari Kota Mataram, kita bisa mengexplore air terjun ini dengan para penghuninya ( apaan tuh ??? )... read more

Tebing Kelep

Kebun kopi yang berada di jalur pendakian Gunung Rinjani via Senaru ini dikenal juga dengan sebutan Tebing Kelep. Pemberian nama Tebing Kelep karena dari atas kebun kopi ini kita bisa melihat Air Terjun Tiu Kelep... read more

Rinjani Lodge

Penginapan satu ini berada gak jauh dari pintu gerbang menuju Air Terjun Tiu Kelep. Apabila kita yang butuh tempat makan sekalian wisata kuliner sambil renang cantik alay, Rinjani Lodge pilihan yang tepat. Gak hanya kolam renang saja, tapi keindahan puncak Gunung Rinjani bisa terlihat jelas dari tempat ini bila cuaca lagi bagus. Walaupun berupa penginapan, tempat ini menerima tamu yang hanya sekedar kuliner dan renang... read more

Sekedar saran, bila masih ingin mengexplore Lombok Utara kita bisa menginap di Senaru atau di Sembalun yang terdekat dengan destinasi selanjutnya
HARI KETIGA

Pilihan Pertama

Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodeq

Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Kodeq

Kedua air terjun yang berada di Desa Sajang, Sembalun ini cocok sekali buat kita yang suka dengan tantangan. Menuju jalur kedua air terjun ini bisa dibilang gak mudah. Kita harus menyusuri perkampungan warga, hutan serta padang rumput. Kondisi jalur juga menurun dan menanjak. Yang penasaran, ini destinasi wajib buat kalian yang ingin mengexplore pedalaman Pulau Lombok. Jarak dari Kota Mataram sekitar 2,5 jam perjalanan paling cepet menggunakan motor ... read more dan read more

Bukit Selong, Desa Sembalun

Desa ini merupakan desa tertinggi di Pulau Lombok. Desa yang berada di kaki Gunung Rinjani ini menjadi tujuan wisata wilayah Lombok Timur. Banyak penginapan murah yang berada di Desa Sembalun. Untuk mengexplore Desa Sembalun gak bisa sebentar karena banyak sekali destinasi yang ada di desa ini. Salah satunya yaitu Bukit Selong... read more

Bukit Pergasingan

Bukit yang memiliki ketinggian 1700 mdpl ini merupakan tujuan wisata selanjutnya. Gak mudah mendaki bukit ini. Dibutuhkan persiapan yang matang dari peralatan daki hingga fisik kita. Bila menuju Bukit Pergasingan, kita punya dua pilihan. Pertama mendaki bukit ini saat pagi hari dan turun dari bukit sore harinya dan kedua, gak salahnya untuk camping... read more

Pilihan Kedua

Gili Kondo, Kapal dan Petagan

Gili Kondo

Gili Kapal

Gili Petagan

Destinasi terakhir di hari ketiga, kita bisa menuju gili-gili yang berada di ujung timur Pulau Lombok antara lain Gili Kondo ( read more ), Kapal ( read more ), dan Petagan ( read more ).
Untuk mengexplore ketiga gili ini dibutuhkan waktu seharian bila ingin dapat moment yang bagus dan foto-foto yang kece.

Gimana, kalian tertarik dengan destinasi pilihan dari saya ? Sebenarnya masih banyak destinasi yang kece lainnya, berhubung ini destinasi bagi kalian yang baru pertama kali mengexplore Pulau Lombok, gak ada salahnya untuk mencoba. Bila ingin melihat destinasi kece lainnya bisa mengexplore blog saya :) #Ngarep

Catatan :

Pilihan Pusat Oleh-Oleh : Desa Sukarare ( menjual kain tenun Sasak khas Lombok ), Sasaku ( Senggigi dan Cakranegara ), Lombok Exotic ( Senggigi ), Desa Sade ( menjual kain tenun dan pernak-pernik khas Suku Sasak ), Legong ( Senggigi ), Poenix ( menjual makanan khas Lombok ).

Penulis : Lazwardy Perdana Putra
google.com

10 comments:

1. Aww Mai Gat, ada nama guweh...🙈🙈🙈

ReplyDelete
  2. Pake nama Si Fulan ajah nape Bang...

Replies
    1. Hahahhaa.. Pas banget loe mw k Lombok soalnya hehehe

Delete
  3. Gw bolak balik lombok tp blm pernah main ke semeti, aku gagal ...

4. *dicatet* terimakasih infonya. aku penasaran sama Semeti itulah

5. aw...aw... oasir putihnya menggoda mbak, itu karang2nya juga besar dan tinggi, dan bisa didaki, instagramable banget ya,,,

air terjun nya ga kalah apik, disisi2nya batu2 besar yang bersatu dengan tanah, jadi kayak sesuatu gitu kalau diliat.