Monday 19 February 2024

Di Acara Ulang Tahun Anak Pertama ada Kopi Robusta Lanang Dampit : Kedai Kopi Ay


Seminggu yang lalu semenjak cerita ini selesai ditulis, tepatnya Hari Jumat (9/2/2024), anak pertama saya "Kakak Ken" berulang tahun ya ke-4. Gak terasa sudah besar juga si kakak. Saya dan istri pun sudah lumayan tua juga hehehe. 


Biasanya, di ulang tahun sebelumnya kami hanya merayakan di rumah saja dengan sederhana. Beli kue ulang tahun, undang keluarga dan makan-makan sederhana di rumah. 


Tapi di umur yang ke-4 tahun, Kakak Ken request buat dirayain di luar rumah dan dibelikan kue ulang tahun Super Jet sesuai keinginannya. Sudah bisa request nih sekarang. 


Namanya juga anak sendiri, saya juga punya keinginan yang sama dengan anak. Istri pun setuju buat dirayain di luar rumah. Kalau si adek Nala, ikut saja karena belum ngerti, hehehe. 





Cari-cari tempat yang rekommended buat acara ulang tahun. Akhirnya pilihan jatuh ke Kedai Kopi Ay. Kenapa diacarain anak ulang tahun di kedai kopi ?. Bukannya kesannya banyak orang yang ngopi sambil merokok. Gak baik buat anak. 


Kebetulan pemiliknya teman mama satu kantor. Orangnya sangat baik dan ramah. Dua Minggu sebelum hari H, kami survei tempat sambilan makan malam disana. 


Hasil surveinya, tempatnya cocok buat kumpul keluarga. Karena suasana rumahan gitu. Gak seperti kedai kopi pada umumnya. Sangat asri sekali. 


Ada beberapa meja dan kursi dari kayu. Selain itu ada berbagai jenis tanaman rumahan dan ada gazebo beserta lapangan badminton. Asyik juga datang kesini sambil bermain badminton. 


Btw, untuk makanan dan minumannya cukup rekommended. Yang buat saya enggan beranjak dari sini yaitu kopinya. Kalian pokoknya kalau datang ke Kedai Kopi Ay, jangan lupa cobain berbagai jenis minuman kopinya. Sabar, nanti saya ceritakan (baca sampai selesai).


Gak terasa pagi siang malam, akhirnya tibalah di hari H. Kebetulan ada hari libur panjang yaitu Isra Mi'raj dan Imlek. So, semua anggota keluarga bisa ikutan. 


Saya dan istri gak ngundang tetangga atau teman. Hanya keluarga inti saja. Itupun terbatas. Namanya juga acara sederhana. Terpenting doa terbaik dan angpao pastinya, hahahaha. 




Namanya Imlek, pastinya gak jauh dari yang namanya hujan angin. Pas lagi di sore itu hujan lebat pun turun. Saya dan istri lagi nunggu jemputan bapak mama. Mau pakai motor gak memungkinkan karena hujannya rata dari Kota Mataram sampai Lombok Barat. 


Lokasi Kedai Kopi Ay di daerah Merembu, Kec.Labuapi, Kab.Lombok Barat. Tepatnya di Jalan Raya Bengkel-Merembu. Setelah kantor Desa Merembu dan SMPN 3 Labuapi dari perempatan Bengkel ke arah timur. Di sebelah kiri jalan ada bangunan rumah besar berlantai dua dengan halaman yang cukup luas. Di depannya ada plank bertuliskan Kedai Kopi Ay. 


Belum punya akun Instagram dan Facebook. Kedai ini tergolong masih baru dan belum ada promosi dari siapapun kecuali dari yang punya. 


Setelah jemputan sudah tiba, kami pun segera menuju lokasi. Sepanjang perjalanan hujan turun dengan lebatnya. Positif thinking saja semoga acara berjalan dengan lancar. 


Berhubung hujan, kondisi jalan gak begitu ramai. Mungkin banyak yang berteduh biar gak basah kuyup dan masuk angin kali ya.


Sesampainya di lokasi, hujan pun masih turun agak deras. Pengunjung hanya kami saja, si pemilik kedai juga sudah menyiapkan makanan dan tempat acara. 


Meskipun acaranya sederhana saja. Tapi ini menjadi hari spesial buat Kakak Ken. Tiup lilin, nyanyikan lagu selamat ulang tahun, buka-buka kado, dan makan-makan pastinya. 




Di lokasi, hampir semua anggota keluarga sudah datang. Dari bapak mama, bapak ibu mertua, adek-adek dan keluarga jauh dari Lombok Timur (akhirnya diundang juga). Ada juga yang belum datang dikarenakan ketiduran. 


Sambil berjalan, acara tiup lilin dimulai. Sebelumnya ada sedikit insiden di kue ulang tahunnya. Gara-gara hujan, kue ulang tahunnya telat diantar oleh si tempat pesen. Agak dimaklumin sih tapi nyebelin juga. Pas menghubungi si penjual, malah gak aktif nomor handphonenya. Syukurnya, semua keluarga mau menunggu. 


Akhirnya pas kue ulang tahun datang. Si istri keluar tuh tanduk bantengnya meskipun capresnya kalah di pilpres. Marah-marahin si penjual kue. Untungnya masalah kue yang telat datang sudah selesai. Istri dan si penjual kue berdamai dan mau berkoalisi, hahahaha. Ngomong apaan sih ?.


Next...., 


Sesi tiup lilin dimulai. Kakak Ken sudah gak sabaran mau tiup lilin. Saya mencari korek api buat nyalain lilinnya. Ada saya, istri, kakak Ken, dan adeq Nala. Kami berempat tiup lilin bareng sambil berdoa terbaik dari dalam hati. 



Tiup lilin dengan diiringi lagu Selamat Ulang Tahun ala anak-anak kecil. Setelah itu, lanjut potong kue dan makan kue. Kue yang sudah bagus berwarna biru bertemakan Super Jet, sayang sekali dipotong, tapi menggoda buat dicicipin. 


Gak perlu kali ya direview kue ulang tahunnya. Kakak Ken dan Adeq Nala suka sama kue ulang tahunnya. Katanya kuenya bagus dan ada gambar pesawat super jetnya. 


Namanya juga anak-anak. Saya pun teringat pas umur 4 tahun dulu dibelikan kue ulang tahun ada gambar Doraemonnya. Dulu ya buatin si bibi di rumah. Al-Fatihah buat bibi yang sudah mendahului kita semua. 


Kalau kalian, apa kue ulang tahun yang berkesan pas masih kecil ?. Boleh shearing kalau masih ingat. 




Setelah acara inti selesai, dilanjutkan acara hiburan sambil menikmati hidangan yang ada. Sedangkan kakak Ken dan Adeq Nala lagi asyik bermain di berugaq depan taman sambil makan kue ulang tahun dan buka kado.


Nah, seperti janji saya sebelumnya. Ada satu menu yang saya suka di Kedai Kopi Ay. Namanya juga Kedai Kopi, pasti yang dijual itu berbagai jenis minuman kopi. 


Buat kalian yang doyan ngopi, ada satu kopi yang rekommended buat dicoba. Namanya Kopi Robusta Lanang Dampit. 


Jujur, untuk dunia perkopian saya kurang paham. Tapi sedikit demi sedikit saya mencari informasi jenis kopi mana yang enak dan cocok di lidah saya. 




Dari hasil pencarian saya di Mbah google. Saya mencari informasi tentang Kopi Robusta Lanang Dampit. Ini sebenarnya dua jenis kopi yang dicampur yaitu Kopi Lanang dan Kopi Dampit. Kata baristanya begitu. 


Dampit merupakan sebuah daerah yang ada di Malang, Provinsi Jawa Timur. Sedangkan Lanang berasal dari bahasa Jawa yang artinya laki-laki. Kopi ini banyak kita temui di Banyuwangi, Jawa Timur. Kopi Dampit merupakan jenis kopi Robusta yang cukup terkenal. 


Untuk kopi Lanang pun bentuk kopinya juga agak berbeda dari jenis kopi yang lain seperti Kopi Ijen, Kintamani atau yang lain. Kalau Kopi Lanang ini memiliki bentuk biji bulat tanpa ada belahan di tengahnya. 


Apalagi dipercaya memiliki khasiat meningkatkan vitalitas bagi para kaum laki-laki (sudah paham kan maksudnya) hehehe. 



Ditambah lagi dengan sebutan Robusta yang memiliki tingkat kafein paling tinggi dibandingkan yang lain dan kadar gula yang lebih rendah. Gak salah kalau jenis kopi ini terasa pahit bila diminum. Dan saya pun meminta gula pasir untuk mengurangi rasa pahitnya, hehehe. 


Sangat menarik bila mencicipi kopi ini "Robusta Lanang Dampit". Saya pun memesan satu cangkir kopi ini. Memang bener, aroma kopi ini sangat khas. Terasa pahit tapi lama kelamaan rasa kopinya terasa dilidah. Tambah gula biar sedikit manis juga enak.


Mohon dikoreksi kalau informasinya salah ya teman-teman !. 


Over all, gak salah buat acara ulang tahun anak disini sambil kumpul keluarga dan menikmati kopinya. Apalagi masakan yang dihidangkan juga enak. Sayang saya gak sempat fotoin makanannya. Untuk review makanannya semuanya enak dan mengenyangkan. 


Minum Kopi Robusta Lanang Dampit sambil menikmati hujan turun, syahdu banget guys !. Kedai kopinya juga nyaman dan pemiliknya ramah. 


Buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Wifinya kenceng, jadi buat yang kerja online bisa nongki disini. Disediakan layar smartv juga buat karoukean. 


Harga makanan dan minumannya juga terjangkau. Buat yang ingin pesan cathering buat acara juga bisa (sekalian promosiin).

 

Penulis : Lazwardy Perdana Putra



4 comments:

  1. Acaranya sederhana, tapi meriah juga ya
    saya salut dengan kekompakan dan kerukunan anggota besar keluarganya
    Tempatnya nyaman, wah asek tu tak ada pengunjung lain karena masih hujan
    selamat ulang tahun, ya

    ReplyDelete
  2. Selamat ulang tahun yang keempat untuk Kakak Ken :) Tempatnya kelihatan nyaman, asri. Apalagi ada ayunannya jadi anak-anak bisa bermain.
    Aku pernah punya pengalaman serupa (eh lebih buruk sih, hehe) tentang kue ultah. Waktu hari H sellernya malah gak bisa dihubungi dan akhirnya batal! Padahal sudah pesan jauh-jauh hari. Aku marah banget sih, soalnya bikin kacau acara. Kalau gak sanggup (aku request vegan cake) kenapa gak langsung bilang aja coba :’) Untungnya ada resto vegan yang buka, jadi meski keteteran ultah tetap berjalan, huhu. *maaf jadi curhat

    ReplyDelete
  3. selamat ulang tahun kaka ken
    aku suka liat foto foto tempatnya, bener bener asri dan terasa homey banget, aku kalau wifian sambil WFH disana juga betah

    pas baca judulnya, aku nebak kalau lanang kan cowok, dampit nama sebuah daerah di Malang, karena aku pernah tinggal di Malang dan orang jawa. ehh ternyata maksud dari penamaan kopi lanang dampit juga ga jauh jauh dari arti kata kata jawa tadi

    ReplyDelete
  4. Enaaak juga tempatnya ya mas. Apalagi udah kenal dengan owner. Aku sendiri kalo robusta agak ga kuat 😅. Kayaknya walo tambah gula pun ttp pait nya strong bener 🤣. Makanya lbh suka arabica sih😁. Cuma penikmat kopi pait mungkin pada suka kali ya

    ReplyDelete