Thursday 8 February 2024

Sambil Menikmati Hujan, Makan Kerang dulu di Ya Kerang Aja


Kebetulan Hari Sabtu, hari saya libur kerja. Saya mengajak istri dan anak-anak main ke rumah orang tua di Ampenan. Sudah lama juga gak mengajak anak-anak ke rumah kakek neneknya. 

Waktu sudah beranjak ke sore hari. Kami baru sampai di rumah ortu karena anak-anak pada mandi sore dulu di rumah. Sepanjang perjalanan dari rumah di daerah Kediri ke Kota Mataram, langit sore agak mendung dan angin cukup kencang. Terasa sekali hembusan anginnya kalau bawa motor. 

Mungkin sebentar lagi hujan akan turun. Semoga gak kehujanan di jalan hingga sampai di Ampenan. Ribet juga kalau kehujanan di jalan. Pakai jas hujan, mana bawa anak-anak kecil lagi. 

Akhirnya pas sampai rumah ortu, selang beberapa menit hujan pun turun. Anak-anak disambut hangat oleh kakek neneknya. Namanya juga cucunya yang datang ya. Pasti langsung diajak main. Hehehe. 

Btw, kalau hujan gene, enaknya makan apa ya?. Kebetulan mama sengaja gak masak karena kita akan makan di luar sambil menikmati malam minggu. 

Agenda rutin kami menghabiskan akhir pekan. Kalau gak makan bareng di rumah, ya makannya di luar sambil jalan-jalan muter kota. 

Kali ini kita akan mencoba mencicipi aneka seafood yang cara penyajiannya gak seperti biasanya. Ini ide dari adek yang paling bontot. Saya mah, ikutan saja. Yang penting makan enak dan gratis lagi, hahaha.

Sepertinya ini bakalan menjadi moment yang sangat spesial karena langka banget rasanya bisa kumpul lengkap. Kebetulan juga, adek-adek lagi pada lepas tugas. So, semuanya pada bisa ikutan. 




Saya bareng istri dan anak-anak. Adek bawa gebetannya. Adek satunya belum ada gebetan. Ngenesnya lagi dua adek sepupu juga ikutan dan keduanya sama-sama jomblo. Hahahaha. 

Sudahlah, gak usah dipikir masalah gebetan. Yang penting bisa ngumpul bareng apalagi sama mama bapak. Sehat-sehat ya mama bapak ! Amin. 

Kami jalan menuju lokasi sehabis magrib. Sepanjang perjalanan hujan masih turun deras. Syukurnya kami menggunakan mobil, so gak khawatir kehujanan. 

Yang saya suka, duduk nyaman di dalam mobil sambil menikmati hujan turun. Terasa syahdu sekali. Malam minggu yang romantis buat pasangan nih. 

Sesampainya di lokasi, sudah ada adek dan gebetannya yang lebih dulu sampai buat booking tempat. Maklum saja, disini kalau gak cepet, gak bakalan dapat tempat saking banyaknya pengunjung makan disini.

Oke, kali ini kami datang ke salah satu kedai seafood bernama Ya Kerang Aja. Cukup unik kan namanya. Kalau bisa diartikan, menunya hanya kerang saja ya.

Lokasinya di Jalan Pendidikan no 28, Kota Mataram. Tepatnya persis di seberangnya Fakultas Kehutanan, Universitas Mataram. Daerah disini juga rindang karena banyak pohon-pohon besar sepanjang Jalan Pendidikan.

Pertama kali buka sejak tahun 2019 lalu. Sempat pindah-pindah tempat dan di Jalan Pendidikan merupakan lokasi update sampai saat ini. Buka setiap hari dari jam lima sore hingga sepuluh malam. Buat kalian yang lagi pengen makan masakan kerang. Salah satu tempat favorit di Mataram buat menikmati aneka olahan kerang. 



Next..., Suasana malam itu cukup ramai. Meja dan kursi yang sudah dibooking sudah tertata rapi. Penampakan kedainya seperti kedai pada umumnya dengan identik warna kuning dan hitam. Meskipun berada di area perumahan, tempatnya asyik banget. Meja kursi dari kayu berjejer rapi dengan hiasan lampu-lampu bercahaya kuning. Disini tempatnya semi outdoor semua dengan atap dari kanopi. 

Meskipun hujan lebat, pengunjung gak bakalan basah kuyup. Kecuali ada angin kencang dan puting beliung mungkin beda cerita ya.

Kami pun langsung memesan menu yang ada. Disini menunya sudah berbentuk paket ya. Banyak jenis paketnya ; ada Paket Kenyang Ramean, Paket Mahalan Ramean untuk beberapa orang. Kecuali paket umroh,  Gak ada paket itu disini. Lebih jelasnya bisa dilihat daftar menu di atas. 

Kami memilih paket Kenyang Ramean untuk enam sampai delapan orang. Isi paketnya ada kerang, rajungan/kepiting dan jagung. 

Untuk nasinya terpisah dari paketnya ya. Selain itu ada juga gurita dengan berbagai ukuran dan harga. Itu juga terpisah dari paketnya. 

Keliatannya pilih paket itu gak bakalan kenyang. Saya dan adek minta tambah paket biar agak banyakan porsinya, hahaha. 





Oke, gak lama menunggu, orderan kami sudah siap. Salah satu karyawan berjalan ke arah meja kami dengan membawa spanduk putih, eh bawa alas dari kertas mika maksudnya. Karyawan satunya datang membawa beberapa nasi putih yang langsung diletakkan di atas alas putih. 

Setelah itu, karyawan tadi datang lagi dengan membawa ember. Sudah ditebak isi ember itu air hujan. Eh salah, maksudnya orderan yang kami pesan. Isinya ada aneka kerang, jagung, rajungan/kepiting dengan disiram oleh saus tiram.

Ohya, disini kita bisa memilih pakai saus tiram atau saus padang. Kami lebih memilih pakai saus tiram saja biar nendang bumbunya. 

Kertas mika berwarna putih tadi ditaruh di atas meja. Kemudian isi ember tadi dituang ke atas kertas mika sebagai alasnya. Berarti kita makan gak pakai piring. Nasi putih pun ditaruh di atas alas tanpa pakai piring. Seru juga makan seperti ini. 

Sejauh ini pelayanannya cukup baik. Para karyawan kedai cukup ramah dan sigap kepada pengunjung. Apapun yang dibutuhkan pengunjung, dilayani dengan baik dan senyum. 

Oke, sekarang kita review masakannya. 

Namanya juga makan di tempat yang menunya hanya olahan kerang dan teman-temannya. Soal sausnya agak kurang kental ya. Tapi rasanya gak lebay. Menurut saya pas dilidah. Hanya saja kurangnya ya kurang pedas. 

Untuk kerangnya, ada beberapa yang gak bisa kebuka. Yang saya suka, porsi kerangnya gak pelit. Cukup banyak dengan berbagai ukuran.  Ada S, M, L, dan XL. Untuk XXL gak ada (emang ukuran baju kali ya).

Untuk potongan jagungnya cukup lah ya. Jagungnya enak karena yang dipakai yakni jagung manis. Toping lainnya ada potongan gurita meskipun gak begitu banyak. So, kami tambah untuk gurita ukuran sedang saja. Penasaran soalnya. 

Nah, terakhir soal kepitingnya. Menurut saya ukuran kepitingnya gak terlalu besar ya. Dagingnya juga gak banyak. Tapi kembali lagi ke selera teman-teman ya. 

Menikmati olahan kerang gak lengkap rasanya kalau gak pake nasi putih. Disini porsi nasi putihnya cukup mengenyangkan meskipun saya minta nambah lagi, hehehe. 

Buat yang gak doyan makan seafood karena amis atau takut kolesterol naik, jangan khawatir. Disini juga ada menu rise bowl dengan toping ayam dan daging sapi. Lebih jelasnya kalian bisa kepoin akun instagramnya ya ig : @ya.kerang.aja





Hujan-hujan gene enaknya minum kopi. Saya memesan segelas es kopi cappucinno. Maunya sih kopi hitam panas, tapi saat itu gak ada menunya. Tapi gak apa-apa. Yang penting ada minuman kopi sudah cukup. 

So, meskipun saya gak begitu sering makan olahan kerang, ini jadi pengalaman saya makan olahan kerang di Ya Kerang Aja. Kalau ditanya enak gak makan disini. Menurut saya sih, cukup rekommended. 

Terlihat juga dari pengunjung yang datang. Gila, kami sampai gak enak sama pengunjung lainnya yang rela berdiri di depan meja kasir untuk menunggu antrian.

Menikmati malam minggu dengan family time sambil kulineran di Ya Kerang Aja. Ditambah lagi ada live music dadakan alias ada pengamen yang datang untuk menghibur kami semua. 

Lagu-lagu yang dibawakan juga cukup update. Jadi gak bosen juga dengerin. Tapi vokalisnya suaranya kurang ya. Akhirnya, saya dan adek membantu abang pengamennya nyanyi bersama biar gak kentara suara kami false gitu, hahahaha.  

Perut sudah kenyang, saatnya pulang ke rumah dengan suasana malam yang syahdu. Saat itu sudah mulai gerimis. Jalanan pun terlihat basah. Masuk ke dalam mobil dan berjalan menuju tempat makan selanjutnya.
 
Penulis : Lazwardy Perdana Putra

7 comments:

  1. Wahhh cukup banyak juga yaa untuk paket 6-8 orang, apalagi dari segi rasanya sangat rekomended gini. Jadi spot kuliner yang bagus nih kalau datang ramai ramai ke mataram hhe

    ReplyDelete
  2. Harganya sangat terjangkau
    Pantas jika ramai
    Tempatnya juga nyaman

    ReplyDelete
  3. Aku tuh kalo makan kerang paket begini, udah pasti lebihin deh dari jumlah orang. Kalo bawa 6 orang, mendingan pilihan sekalian yg utk 12🤣. Soalnya kerang kan, dagingnya kecil, ga akan cukup kenyang hahahahahh.
    .
    Enaaaak sepertinya ya mas, gapapalah agak encer. Yg penting pas rasanya 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen nyobain lg makan seafood. Yg penting jaga pola makan jgn sampe berlebihan hehehe

      Delete
  4. udah lama banget nggak makan kerang, biasanya kalau makan beginian lebih sering rame-rame, kalau aku makan seporsi yang jumlahnya cukup banyak, nggak habis juga.
    Memang enaknya dinikmati kalau pas pedas gitu ya, apalagi kalau ada cocolan sambelnya yang beda-beda pilihan, mantap
    tapi ga apalah kalau yang ini kurang pedas ya, yang penting overall rasanya enak

    ReplyDelete