Saturday, 19 June 2021

Menikmati Es Kopi Aren Ikiwae : Play Lombok


Akhirnya muncul satu lagi food court di tengah Kota Mataram dan gak jauh dari tempat saya bekerja. Sebut saja namanya Play. Kenapa disebut Play, saya juga kurang tau. Lokasinya persis di seberang Hotel Idoop dan SPBU Karang Jangkong, Kota Mataram. 

Tempat nongkrong baru ini bisa dibilang kece dari segi bangunan dengan konsep industrial. Beberapa bulan sebelumnya pas saya lewat tempatnya masih dalam proses pembangunan. Eh, pas diberitau oleh teman kerja food court ini sudah buka saja. Maklumlah, akhir-akhir ini saya kurang update tempat nongkrong lagi. Kalau ditanya dimana cafe atau resto yang sedang ngehits, saya pasti suruh teman yang bertanya tersebut buka instagram atau google saja, hahaha (curhat sedikit).

Perlu diketahui, beberapa cafe atau resto yang pernah saya review di blog ini banyak diantaranya sudah gulung tikar. Entah penyebabnya sepi pengunjung atau bisa jadi kalah bersaing dengan lainnya. Apalagi ditambah dengan dampak pandemi Covid-19 yang kasusnya masih terus saja meningkat. So, banyak diantara kita jadi takut keluar rumah, nongkrong di cafe, mencari makan di luar bareng keluarga. Banyak yang memilih untuk memesan makanan via ojek online gara-gara Si Covid. Vid Vid, kapan sih loe pulang saja ke kampung loe ?. 




Biar gak dibilang kurang update, saya review sedikit tentang food court yang bernama Play. Namanya food court, pasti banyak tenant-tenantnya yang menawarkan berbagai macam menu makanan dan minuman. Di Play sendiri ada tiga tenant, sebut saja Ikiwae, KePengen dan Nyapii. Pada kesempatan kali ini yang saya review yaitu Ikiwae dulu. 

Pas jam makan siang, saya langsung tancap gas ke lokasi. Hari itu memang sudah bilang ke istri kalau gak pulang makan siang di rumah karena ada kerjaan yang deadline. Setibanya di area parkir, mata saya langsung tertuju dengan tulisan "Ikiwae". Tertarik untuk mencoba menu makanan dan minuman di Ikiwae. Salah satu franchise di Play yang semenjak buka, ini yang paling laris manis. Benar apa gak ?, mari kita cicipi makanan dan minumannya. 



Ikiwae merupakan franchise yang sangat ngehits di kota asalnya yaitu Kota Surabaya. Melihat-lihat daftar menunya, disini menawarkan makanan asal Asia seperti Jepang dan Indonesia. Saya gak hafal semua menu yang ada. Kalian bisa melihatnya di daftar menunya.

Memasuki ke dalam cafenya, udara di dalam ruangan dingin cuy. Jadi betah berlama-lama di dalam. Disini kita budayakan ngantri ya. Siang itu memang banyak banget pengunjungnya. Seingat saya ada tiga rombongan yang berada di depan saya. Si mbak kasir yang sekaligus bertugas melayani pesanan pelanggan, sangat cekatan sekali. Semua menu dihafal pada saat salah satu pelanggan bertanya-tanya mana saja menu yang rekommended. Nanya sih nanya, tapi jangan sampai khatam satu lembar daftar menu dong pak. Capek nih kita nungguin antrian, mana perut sudah lapar pula !.

Untung saja ada si mas-masnya yang menghampiri pelanggan lainnya yang berada di antrian selanjutnya. Jadi kita semua dilayani dengan cepat. So, di bagian kasir, tinggal bayar saja. Saya memesan seporsi Nasi Goreng Merah Polos dengan Telur Goreng, Mie Ayam Pangsing Goreng dan Es Kopi Aren. Jangan heran dulu, ini menu sengaja saya pesan karena belum sarapan. Jadi sarapan plus makan siang, hahaha. Informasi dari tanggal 1 Juni sampai 8 Juni, ada promonya yakni dapat potongan harga 50 persen. Yah sudah lewat !. Tenang saja, Ikiwae punya promo-promo lainnya di setiap bulannya. So, dipantengin saja akun ignya @play.lombok (bukan ngendorse lhoo ya).





Setelah membayar pesanan, tinggal menunggu nomor antrian selanjutnya. Nunggunya bebas dimana saja. Nanti setelah menu sudah siap, baru nama dan nomor antrian kita dipanggil. Menunggunya juga gak terlalu lama. Bisa sambil mencari tempat duduk dulu atau berfoto ala anak-anak instagram gitu sebelum pesanan kita siap. 

Disini ada tiga pilihan mau duduk dimana. Bisa di teras food court-nya beratapkan langit biru. Enaknya duduk disini saat sore hingga malam hari dan terpenting gak hujan saja. Saat itu cuaca gak terlalu panas juga, jadi meja dan kursi di teras food court hampir terisi semua. 

Pilihan selanjutnya ada di lantai dua yang dihubungkan dengan tangga besi yang bisa dijadikan tempat berfoto ala-ala instagrammable. Di lantai dua, kita bisa memilih ruang semi outdoor dengan udara alaminya atau di ruang indoor yang ber-AC. Untuk yang gak ahli hisap, lebih enak duduk di dalam ruangan ber-ACnya saja. Sedangkan ahli hisap bisa memilih duduk di luar ruangan. 

Setelah pesanan sudah siap, saya langsung mengambil di tempat pengambilan pesanan. Saya lanjut mencari tempat duduk dengan pilihan di ruang indoor saja biar lebih adem. Ruangannya berkonsep industrial dengan dinding kaca semua. Meja dibuat memanjang dengan kursi yang nyaman. Gak ada suara ribut-ribut disini. Sangat nyaman sekali. Biar gak penasaran, saya mencoba menikmati suasana di luar ruangan juga. Sama-sama nyaman, tapi kalau di luar ruangan enaknya sore hingga malam hari biar lebih adem saja. 

Mie Ayam Pangsit Goreng

Nasi Goreng Merah Polos plus Telur Goreng


Untuk makanannya, saya mencicipi terlebih dahulu Mie Ayam Pangsit Goreng. Porsinya sih lumayan banyak buat saya. Tekstur mienya gurih dan lembut banget apalagi dengan ayam cincangnya. Disini mie ayamnya gak berkuah alias kering. Untuk bumbunya enak sekali. Garam dan perpaduan rempah-rempahnya pas. Berasa aroma bawang putihnya. Ditambah dengan pangsit yang krispi, membuat nafsu makan saya bertambah. 

Menu kedua yaitu Nasi Goreng Merah Polos. Saat melihatnya saya teringat saat masih kecil. Sering membeli nasi goreng seperti ini. Pas mencicipinya, saya langsung tersenyum. Rasanya mirip seperti nasi goreng favorit saya dulu. Naik sepeda hujan-hujanan bareng adik, belinya di pinggir jalan Kota Tua Ampenan. Sekarang sudah gak ada karena bapak penjual nasi gorengnya sudah tiada. Kenangan yang gak pernah saya lupakan. 

Untuk menikmati jam-jam ngantuk seperti ini, gak lengkap kalau gak ngopi. Kopi favorit saya ya Es Kopi Gula Aren. Dibilang penikmat kopi sih gak juga. Tapi saya doyan ngopi apapun yang penting gak pahit saja, hehehe.

Saya memesan Es Kopi Aren. Pengemasannya yang menarik buat saya. Biasanya kalau kopi gula aren dikemas di dalam satu gelas pelastik dengan tulisan merk kopinya. Di Ikiwae Es Kopi Arennya dikemas dalam kaleng plastik dengan penutup kaleng pada umumnya. Kalau gak sengaja terjatuh, kita gak khawatir wadahnya bocor. Dijamin aman dan bisa dibawa kemanapun. Meminum Es Kopi Aren di siang hari, sangat menyegarkan dan membuat pikiran kita menjadi fresh kembali. Namanya mumet sama kerjaan di kantor, bisa meminum Es Kopi Aren biar mengurangi mumet kita. 



Over all, untuk ketiga menu yang saya pesan tadi gak ada yang mengecewakan. Rasanya enak dan mengenyangkan. Harganya juga lumayan terjangkau. Apalagi dapat promo setengah harga, jadi hemat di dompet dan kenyang di perut.

Harga seporsi Nasi Goreng Merah Polos yakni 21K, Mie Ayam Pangsit Goreng yakni 22K, dan Es Kopi Aren 26K. Masih banyak lagi menu-menu lainnya yang kalian bisa lihat di daftar menu di atas. Untuk rekommended, coba pesan Es Kopi Arennya. Enak banget dan bakal dibuat pesan lagi (bukan ngendorse lhoo ya). 



So, saya suka dengan tempat ini. Pelayannya sangat memuaskan, menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan handsanitaizer. Menu makanan minumannya enak-enak. Pas banget nongkrong bareng teman, sahabat, keluarga atau bisa dijadikan tempat kencan bareng gebetan. Buat yang ngejomblo juga bisa nongkrong disini. Siapa tau pulangnya dapat kenalan baru, Asyiiikk. 

Bukanya dari jam 10 pagi sampai 10 malam. Lokasi di Jalan Bung Hatta No.6, Kota Mataram. Ada dua tenant lagi yakni Nyapi dan Kepengen yang next time, saya bakalan datang kesini lagi buat nyobain. Comming Soon !.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Maps Ikiwae Lombok, Play Lombok

2 comments:

  1. oh "ikiwae" tuh cuma salah satu tenant ya? kirain nama komplek kuliner ini tuh "ikiwae"

    mantep euy, ada Nyapii juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sprti Majapahit Food Center mas broo.. Penasaran sama Nyapii :)

      Delete