Friday, 4 December 2020

Jalan-Jalan Pagi ke Taman Bawaq Kokoq "Tabako"

Gak perlu jauh-jauh mencari tempat bersantai yang asyik. Di deket rumah ada sebuah tempat kece yang cocok banget buat jalan-jalan pagi ataupun sore hari. Sebut saja namanya "Tabako", kepanjangan dari Taman Bawaq Kokoq yang diambil dari bahasa Sasak (Lombok). Kalau dibahasa Indonesiakan berarti Taman Bawah Kali atau Sungai. 

Bukan berarti keberadaannya di dalam air sungai, tapi dari dulu kala masyarakat sekitar menyebut taman ini dengan sebutan Bawaq Bako yang lokasinya berada persis di pinggir Kali Jangkok, Kota Mataram. Denger-denger taman ini dibangun dari anggaran pusat lhoo. Kalau gak salah informasi dari sumber yang dipercaya, taman ini dibangun menghabiskan total biaya sekitar 9 miliar rupiah (koreksi bila keliru). Nilai yang begitu fantastis menurut saya. Tapi apakah penampakannya sebanding dengan biayanya ? Kita review taman ini satu per satu.

Tabako berada di lingkungan Sukaraja Timur, tepatnya di Jalan Tanggul, Kota Mataram. Saya gak membutuhkan kendaraan untuk datang kesini. Cukup berjalan kaki lima menit saja, saya sudah sampai di pintu masuk Tabako. Kebetulan hari libur kerja, saya mengajak istri dan si  kecil jalan-jalan pagi kesini. Sekitar setengah enam pagi kami sudah bersiap-siap. Gak lupa membawa sarapan si kecil yang ditaruh di kereta dorong. 

Langit saat itu mendung, tapi gak menandakan akan turun hujan. Sinar matahari pagi timbul tenggelam dibalik awan kelabu. Udara pagi yang sangat sejuk diiringi suara kicauan burung-burung tetangga. Jalanan sekitaran komplek perumahan masing lengang yang menandakan penghuninya masih tertidur lelap. Hanya kami bertiga saja yang ada di sepanjang jalan (emang niat banget bapaknya).

Setelah berjalan kurang lebih lima menitan, tibalah kami di pertigaan ujung jalan. Kalau belok kiri ke arah Kota Tua Ampenan, belok kanan ke arah Tabako. Kalau lurus gimana ?. Lurus kalian akan nyebur di Kali Jangkok. 






Agak beda sih, yang biasanya pergi ke tempat jauh dari rumah, sekarang hanya beberapa langkah saja sudah sampai di lokasi tujuan. Mana sering ketemu sama tetangga lagi. Ada yang baru bangun belum cuci muka, ada yang sudah berjualan jajanan pasar, ada yang nyapu, ada juga yang lagi pacaran pagi buta (mumpung ada kesempatan ngajak si doinya kencan kali). Sudahlah, emang saya pikirin yang lagi pacaran di lokasi ?. Lebih baik mikirin pacaran sama istri dan main-main sama anak lebih seru.

Sesampainya di lokasi, sudah ada para emak-emak duduk di area taman. Mau pada arisan atau begosip pagi kali. Ada juga anak-anak yang sedang bermain, lari kesana-kemari. Cukup ramai area taman saat itu. Kami menikmati dengan berjalan-jalan kecil mengelilingi taman. Si kecil "Kenzi" yang sudah berumur 9 bulan sangat senang diajak kesini. Area tamannya cukup luas dan memanjang. 

Ada area bermain anak-anak, tempat duduk untuk bersantai, jembatan penghubung, pepohonan yang cukup rindang menambah kesejukan taman ini, area lapak yang berbentuk lumbung yang nantinya akan digunakan untuk berjualan dan ada sebuah aula semi outdoor yang nanti juga akan digunakan untuk mengadakan beberapa acara. 

Tapi sabar dulu, Tabako saat itu belum diresmikan. Kalau gak salah baca, tempat ini akan diresmikan sekitar Bulan Oktober lalu, tapi berhubung ada kendala kemungkinan diundur. Semoga gak lama lagi tempat ini akan diresmikan.

Tamannya bersih banget dan saya suka banyak tempat sampah yang disediakan disini. Jadi buat kita-kita nih yang kebetulan sedang nongkrong disini, jangan lupa buang sampah pada tempatnya ya !. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga tempat seperti ini. 





Asyiknya lagi disini, selain menikmati area taman, kita juga bisa menikmati Kali Jangkok. Melihat pemukiman warga, tapi sayangnya agak kumuh, mirip seperti di kota-kota besar lainnya. Air kalinya butek, banyak sampah di pinggiran kalinya. Bentar lagi kan ada pilkada nih di Kota Mataram. Buat bapak/ibu yang terpilih nantinya, jangan lupa memperhatikan kebersihan dan kesehatan bataran kali khususnya Kali Jangkok yang berada di tengah-tengah Kota Mataram. 

Kalau indah dan kece kan siapa yang gak bangga punya kali yang keren seperti di negara-negara Eropa sana. Apalagi Pulau Lombok sudah dikenal memiliki destinasi wisatanya yang kece-kece di mancanegara. Kalau kali butek dan bau, kan malu dilihat sama para wisatawan yang datang berlibur ke Pulau Lombok. 






Over all, Tabako cukup kece menurut saya. Lokasinya juga sangat strategis. Berada di Kota Tua Ampenan dan persis di pinggiran Kali Jangkok. Jadi buat kalian yang sedang jalan-jalan di Kota Tua Ampenan, sekalian mampir di Taman Bawaq Kokoq. Bisa banget yang sedang gowes, gak lupa mampir kesini. Banyak yang dapat kita lihat. Bisa foto-foto selfie dan tiktokan pastinya. Tapi tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Memakai masker itu wajib, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak dengan sekitar.

Semoga Tabako bisa menjadi destinasi wisata kota yang cukup ramai, bersih dan terjaga nantinya. Amin.

Lokasinya : arah Kota Mataram - Jalan Majapahit - Seruni - Stadion Malomba - Jembatan Jangkok belok ke kanan arah Jalan Tanggul - Taman Bawaq Kokoq.

2 comments: