Monday, 28 September 2020


Sudah hampir sepuluh tahun menjadi travel & kuliner blogger, menceritakan setiap tempat yang sudah dikunjungi. Tempat yang memiliki keindahan alam, budaya dan kuliner yang buat kita bakalan balik lagi untuk mencoba hal yang seru lainnya. Kesan menjadi blogger sangatlah menyenangkan. Bisa berbagi cerita dari pengalaman yang didapat kepada sesama blogger atau teman-teman setia pembaca blog ini. 

Pastinya bisa saling sharing tentang dunia per-blogger-an. Suka duka menjadi seorang penulis blog pastilah ada. Mau suka maupun duka, dijadikan pembelajaran saja untuk menjadi blogger yang lebih baik lagi dan disukai banyak orang. Tulisannya maksudnya, hahaha. 

Saya memilih menjadi travel & kuliner blogger karena doyan traveling dan makan apa saja yang enak dan halal. Bagi yang sering mampir di blog saya,  sudah gak asing lagi dengan isi cerita yang saya review yaitu destinasi wisata dan tempat-tempat kuliner yang recomended buat kalian datangi. Ada yang suka, ada juga yang kurang suka.  Gak apa-apa,  namanya juga cerita. Pasti kembali lagi ke selera masing-masing. 

Menurut kalian,  mana cerita traveling atau kuliner yang paling kalian suka diantara yang sudah saya tulis ?. Saya tunggu jawabannya di kolom komentar. 

Lanjut... ! Cekibrooot

Gili Trawangan, Lombok 

Pantai Kerandangan, Lombok

Tari Presean, salah satu tarian khas Suku Sasak Lombok

Berhubung saya tinggal di Pulau Lombok, banyak keuntungan yang saya dapatkan. Siapa sih yang gak kenal dengan pulau yang memiliki paket lengkap dengan pariwisatanya. Ada gili-gili kecil,  ada air terjun,  belum lagi pantainya yang sungguh memukau,  Gunung Rinjani yang menjadi daya tarik buat para pendaki dari penjuru dunia,  budayanya yang unik,  dan gak lupa kulinernya yang beragam. 

Masih belum selesai,  di sebelah timur Pulau Lombok ada Pulau Sumbawa yang masih satu wilayah provinsi dengan Lombok (Provinsi NTB). Pulau Sumbawa gak kalah eksotisnya dengan Pulau Lombok. Mungkin kalian pernah mendengar nama destinasi wisata alam Pulau Kenawa, Gunung Tambora, Air Terjun Agal, Desa Mantar dan Pulau Moyo.  Semuanya ada di wilayah Pulau Sumbawa.  

Sedangkan di sebelah barat Pulau Lombok,  ada Pulau Bali. Kalau Pulau Bali jangan diragukan lagi. Kakak dari Pulau Lombok ini banyak sekali menyimpan keindahan alam dan budaya yang buat saya sendiri sangat tergoda untuk di explore. 

Oleh karena itu, tinggal di Pulau Lombok adalah anugerah terindah yang pernah kumiliki, aiyssh (kayak lirik lagu ?). Banyak yang bisa kita explore, baik di Pulau Lombok sendiri maupun Pulau Sumbawa dan Pulau Bali. 

Kali ini saya akan mengulang lagi kisah perjalanan trip saya ke beberapa destinasi wisata yang pernah saya explore. Jadi ini kompilasi dari beberapa cerita ya pemirsa.  Untuk cerita lengkapnya, bisa kalian baca di beberapa postingan saya sebelumnya.

Kalau ditanya,  "Cerita trip mana sih yang paling berkesan buat saya?". Semuanya berkesan dan memiliki kesan cerita masing-masing. Agak bingung juga jawabnya, hehehe. 

Pulau Kenawa, Sumbawa Barat

Air Terjun Agal, Sumbawa

Ya udah, saya jawab yang paling berkesan dari yang berkesan. Di antara cerita trip yang sudah ditulis, paling berkesan saat perjalanan ke Pulau Kenawa dan Air Terjun Agal yang lokasinya ada di Pulau Sumbawa.

Pas ke Pulau Kenawa pertama kali buat saya itu mimpi terindah dan suatu kebanggaan. Bisa dibilang saat saya bersama teman-teman trip kesana, Pulau Kenawa sedang booming alias lagi naik daun. Fasilitas masih belum baik bila dibandingkan dengan sekarang. Sarana prasarana belum sebaik sekarang. Sekarang Pulau Kenawa sudah keren dilihat dari fasilitas yang ada. 

Ada cerita lucu dan menggelikan di pulau ini. Saat menjelang malam ketika kami menyalakan api unggun, ada gangguan dari ular laut. Ini murni kesalahan kami mendirikan tenda di pinggir pantai. Untung ada salah satu rombongan yang memberikan saran untuk pindah tenda di tengah pulau karena ular laut gak suka dengan tanah.  Gimana keseruan kami berperang melawan ular laut?. Bisa kalian cek di cerita lengkapnya. 

Cerita lengkapnya disini ---> Menjelajah Si Gersang nan Cantik, Pulau Kenawa



Kalau kulineran,  ada dua tempat yang favorit yaitu saat kulineran di Bali United Cafe bareng si doi (sudah jadi istri sekarang) dan di Rumah Makan Apung Pulau Bungin.  

Kalau kuliner, yang berkesan saat pertama kali ngetrip bareng istri (saat itu masih pedekate). Ngetripnya gak tanggung-tanggung, ke Pulau Bali cuuuy.  Saat itu istri lagi ada kegiatan pramuka di daerah Tabanan. Sedangkan saya ada agenda nonton pertandingan Bali United melawan Persela Lamongan dalam lanjutan Liga 1 Indonesia saat itu. Akhirnya saya mengajak si doi nonton bareng ke stadion yang berada di Kota Gianyar, Bali. Sebelum nonton, kami makan siang dulu di Bali United Cafe yang berada di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. 

Cerita lengkapnya disini ---> Nongkrong Asyik di Bali United Cafe

Itu salah dua cerita yang menurut saya paling berkesan di antara cerita lainnya.  Bukan berarti yang lainnya kurang bagus lho ya.  Semua yang saya tulis, semuanya bagus dan rekomended buat didatangi.

Namanya ngetrip, ada yang dekat dari rumah ada yang di pedalaman. Masalahnya buat kita yang lagi ngetrip tempat yang jauh, misalkan saja ke air terjun atau ke pulau terpencil yaitu jaringan internetnya. Sekarang sudah jamannya serba canggih. Apa-apa serba media sosial. Gak keren dong kalau lagi fotoan di air terjun terkece mana rela basah-basahan pula, pas mau posting di instagram atau facebook malah gak ada sinyal. 

Apalagi pas ketemu sama view kece, terus mau pamer ke teman-teman media sosial, eh malah jaringan lelet.  Percuma handphone canggih tapi jaringan gak ada sama sekali. So, harus bersabar dulu sampai ada sinyal bagus. Belum lagi pas nulis blog, tiba-tiba tempat kita berada sinyal internetnya lelet. Padahal ingin cepat update cerita di blog. Kalau sudah begitu, harus banyak-banyak bersabar. 

Dari pengalaman yang pernah saya alami sendiri ke Pulau Sumbawa, jaringan internet dari operator yang saya gunakan gak ada sama sekali. Begitu juga ketika menginap di Desa Sembalun beberapa tahun yang lalu, lagi-lagi berhadapan dengan namanya sinyal jaringan yang lelet. Belum lagi ketika sedang ngetrip ke lokasi yang belum pernah sama sekali didatangi. Saat mencari lokasi di google maps, tiba-tiba jaringan lelet. Gak lucu kan tersesat di tengah jalan gara-gara gak ada sinyal internet. Ujung-ujungnya tanya sama Si Manis Jembatan Gantung jalur menuju rumahnya lewat mana, hahaha.

Tapi untungnya saat ini saya mendapatkan angin segar nih dari Telkomsel. Telkomsel meluncurkan produk baru yaitu Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX. Sebelumnya saya menggunakan operator lain untuk mengakses segala informasi tentang lokasi yang akan saya datangi, tapi setelah beli dan pakai Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel, segala masalah yang selama ini saya alami teratasi dengan baik. 

Sekarang saya tidak perlu khawatir lagi gak mendapatkan sinyal bagus saat menjelajah alam Indonesia. Mau update status bisa cepat secepat kilat. Mau posting blog dimanapun kita berada juga gak perlu bingung. Bebas gaya tanpa batas. Cukup beli paket #UnlimitedMAX seharga 20 ribu di counter-counter tempat kita tinggal, semua urusan beres dan bisa buat kita #GayaUnlimited.

Jadi tambah semangat lagi nih pengen ngetrip lagi bareng anak istri. Itinerary mau kemana saja sudah saya siapkan.Tinggal mencari waktu yang pas saja untuk menjelajah alam Indonesia lagi. Sementara pandemi Covid-19 masih mengancam nyawa kita, menjelajah alam Indonesia dengan ngetrip virtual dulu menggunakan Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel. Puas streaming YouTube juga.

Tunggu apa lagi, buruan beli Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel biar #GayaUnlimited kalian tidak ada yang menghalangi. Itu cerita dari saya, kamu bagaimana? Yuk ikut ceritakan pengalamanmu menjelajah alam Indonesia bersama Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel! Info selengkapnya langsung aja cek di tsel.me/unlimitedmax

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

10 comments:

  1. keren keren deh fotonya

    ReplyDelete
  2. Uwaaahhh kok kok ada foto adk yg nyempil disini 😆 ciee yg udah nonton d stadion bareng doi di bali..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bsok ajak Kenzi nnton langsung, itu kalau Liganya mulai lg hehehe

      Delete
  3. yeesss ada tambahan temen yang make Telkomsel di Lombok, Hehehee.. mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya sudah banyak yg pake Telkomsel di Lombok ya ? hahaha

      Delete
  4. Manteppp euy....


    Agal keren banget ya mas... Bikin kepincut pengin ke sana.


    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jg. Iya keren banget, masih pengen balik ksana lg :)

      Delete