Friday, 31 December 2021

Kalau ditanya "kalian pengen nonton film apa di akhir tahun 2021 ini ?". Kalau menurut saya sih pasti kebanyakan jawabnya "Spiderman : No Way Home". Apalagi yang penggemar fanatik film-film Marvel, pasti sudah gak sabar nunggu film ini tayang. 

15 Desember 2021, Spiderman : No Way Home mulai tayang serentak di layar bioskop seluruh Indonesia. Dan saya sendiri sudah menunggu-nunggu film ini sejak lama. Maklum saja, kita sudah hampir dua tahun dilanda Covid-19 yang dampaknya membuat seluruh bioskop di Indonesia ditutup sementara. Padahal banyak film yang bakalan tayang seperti Spiderman : No Way Home salah satu contohnya. Gak sedikit juga industri film yang menunda produksi film karena terbentur budget. 


Sudah hampir dua minggu film ini tayang, saya baru ada waktu buat nonton kisah Peter Parker lagi. Masuk bioskop pertama kali lagi serasa bernostalgia. Lama sekali sudah gak ke bioskop. Yang masih gak bisa lupa itu aroma khas dari ruangan bioskop.  Tebak sendiri ya aromanya gimana !. 

Saya nontonnya gak sendirian, tapi bareng teman-teman kantor. Bisa dibilang ini dadakan nontonnya. Pas pulang ngantor, liat jadwal tayang,eh kok ada waktu yang pas ya. Langsung saja kami cuss ke salah satu bioskop favorit di Kota Mataram,sebut saja Cinema XXI yang berada di lantai 2, Lombok Epicentrum Mall. Lokasinya juga gak jauh dari kantor kami. Syukurnya,kami masih beruntung dapat tiket nonton sesuai jadwal tadi. 

sumber foto : indozone.id

Mulai mereview !

Spiderman : No Way Home merupakan series lanjutan dari film sebelumnya Spiderman : Far Way Home. Tokoh yang memerankan masih sama yaitu Tom Holland sebagai Peter Parker. Selain itu ada Zendaya sebagai MJ dan Jacob Batalon sebagai Ned Leeds.

Film dibuka dengan suasana gaduh yang terjadi dimana identitas Spiderman terbongkar karena Mysterio yang dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, memfitnah Peter Parker dan berujung kematian terlebih dahulu sebelum masalah terselesaikan. Kalian pasti ingat kan film sebelumnya Far Way Home ?. Jadi sebelum nonton yang No Way Home, nonton film sebelumnya ya biar gak bingung siapa itu Mysterio. 

Lanjut !. Masalah semakin tambah runyam dan berkembang ke publik, apalagi sudah sampai membuat munculnya anggapan miring kepada Peter Parker yang menjadi sosok seorang Spiderman. Semakin diperparah dengan adanya liputan dari salah satu media cetak yaitu koran The Daily Bugle yang dipimpin oleh Jonah Jameson yang masih diperankan oleh JK Simmons yang ikut mengompori seluruh publik dengan menuduh menjadi dalang dari kematian Mysterio adalah Spiderman. 

Karena tuduhan tersebut, Peter Parker mulai khawatir. Ia merasa ada yang sudah berbeda dari kehidupannya,dimana kehilangan privasi dan tersudutkan. Bahkan tempat tinggalnya bersama Bibi May (Marisa Tomei) setiap detik selalu menjadi pengamatan media dan publik.

sumber foto : republika.co.id


Gak sampai disitu saja. Kejadian tersebut mempengaruhi kehidupan orang-orang terdekatnya yaitu Ned dan MJ. Peter mulai mencari solusi untuk bisa memperbaiki situasi dari setiap masalah yang terus berkembang. Peter tiba-tiba teringat akan Doctor Strange yang masih diperankan oleh Benedict Cumberbatch, salah satu anggota Avenggers yang memiliki kekuatan sihir. Dia juga memiliki kemampuan beteleportasi dan memanipulasi keadaan. Saya salah satu fans dari Doctor Strange,hehehe.

Peter Parker mendatangi kediaman dari Doctor Strange dan berharap dibantu oleh superhero yang memiliki jubah yang bisa terbang sendiri dan setia dengan si penyihir untuk memanipulasi keadaan dengan membuat orang-orang lupa akan dirinya yang seorang Spiderman.

sumber foto :culture-commune.fr


Tapi ketika merapal mantra, terjadi kesalahan dimana keadaan menjadi kacau. Multiverse retak dan Peter harus menghadapi konsekuensinya dimana musuh-musuh Spiderman di semesta yang lain berdatangan satu per satu. Cerita serunya ada disini. Kita akan melihat Doctor Octopus yang masih diperankan oleh Alfred Molina, Green Goblin atau Prof.Norman (Willem Dafoe), Sandman atau manusia pasir (Thomas Jaden Church), Electro atau Max (Jamie Foxx) dan Lizard (Rhys Ifans). Semua tokoh diperankan oleh orang yang sama. Keren emang produser film ini masih bisa mengumpulkan mereka-mereka dan ada yang sudah berumur seperti Willem Dafoe dan Alfred Molina.

Lanjut !. Akhirnya Doctor Strange memerintahkan para vilian untuk nantinya dikembalikan ke semesta masing-masing. Tapi gak semudah membalikkan telapak tangan. Pemikiran Peter Parker dengan Doctor Strange berbeda, dimana si Doctor ingin mengembalikan semuanya ke semula,sedangkan Peter mau menyembuhkan semua vilian yang hadir, tanpa harus berakhir menjadi pihak yang jahat.

Cerita semakin seru guys, apalagi yang gak disangka-sangka kedatangan karakter Spiderman dari edisi sebelumnya. Bagi penggemar Spiderman pasti dibuat sumringah melihat lagi Tobey Maguire di Spiderman edisi pertama dan Adrew Garfield di Spiderman edisi kedua. Mereka berdua datang melalu portal yang dibuka oleh Ned untuk menolong Peter Parker versi Tom Holland. So, kita dimanjakan oleh ketiga sosok Spiderman dalam satu film guys. Kece kan !. Uniknya lagi nama ketiganya sama "Peter Parker". Gokil dan unik sih menurut saya. Kok bisa ya yang buat film mengumpulkan ketiga orang yang memerankan Spiderman. Keren sih !. 

Gak jauh berbeda dengan karakter sebelumnya. Disini Peter Parker versi Tom Holland juga kehilangan orang yang begitu dia sayangi yaitu kematian Bibi May yang dibunuh Green Goblin dengan menabrakkan glider ke arah Bibi May. Sedangkan dalam versi Tobey dan Andrew adalah kematian Paman Ben yang menjadi pukulan berat bagi Spiderman.



Film Spiderman : No Way Home digarap secara apik. Karya trilogi Spiderman yang diarahkan sutradara Jon Watts memiliki ide cerita yang gak membosankan meskipun durasinya lumayan panjang yaitu dua jam setengah. Penonton pun gak dibuat berkutik dan mata pun  gak ingin berkedip sedetikpun karena setiap adegan gak boleh kita lewatkan. Film ini diproduksi bersama oleh Columbia Pictures dan Marvel Studios, serta didistribusikan oleh Sony Pictures. 

Dilihat dari jenis filmnya, Spiderman : No Way Home bisa ditonton oleh semua usia termasuk anak-anak tapi tetap diawasi karena ada beberapa adegan yang cukup vulgar dan masih belum layak ditonton pada usia anak-anak. Untuk pelajaran yang bisa diambil dari film itu yaitu arti sebuah tanggung jawab. Terlihat mudah tapi sulit untuk dilakukan. Harus ada niat, kesadaran dan percaya diri untuk melakukannya. 

sumber foto : take.id


Over all, dari keseluruhan jalan cerita dari film Spiderman : No Way Home kece habis. Dari penulisan cerita, efek dengan teknologi terkini dan karakter yang ada di dalam cerita membuat kita bernostalgia dengan film-film Spiderman sebelumnya. So, kita harus menonton seri sebelumnya biar nyambung karena kebanyakan film -film garapan Marvel Studio itu saling berhubungan. 

Btw, ada bocoran sedikit, hehehe. Setelah film selesai jangan, beranjak dulu dari kursi kalian soalnya ada adegan dimana terlihat musuh paling kuat dari Spiderman yaitu Venom ingin menemui Peter Parker untuk menanyakan tentang Thanos. Ada hubungan apa ya ?. Kita tunggu saja kisah dari Venom di film selanjutnya.

Cukup itu saja dulu spoiler dari saya. Untuk gimana akhir dari cerita Spiderman : No Way Home, silahkan datang langsung ke bioksop kesayangan kalian. Ada beberapa cuplikan yang menjadi film ini spesial dan keren. 

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

2 comments:

  1. waw venom kepo tentang thanos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dia sahabatnya Thanos kali di luar angkasa hehehe. Kan sama2 dri luar angkasa

      Delete