Melihat Calendar of Events Nusa Tenggara Barat 2019


Happy New Years 2019 para pembaca setia Lazwardy Journal !. Sorry broo, agak telat ngucapinnya. Sorry juga agak lama menunggu tulisan perdana saya di awal tahun 2019 ini. Berhubung baru sempetin nulis lagi setelah sembuh dari sakit, si doi pun ikut sakit juga (curhat pak ?). Tapi, Alhamdulillah kami berdua sudah sembuh dan siap nulis lagi tentang destinasi-destinasi kece di Indonesia, khususnya Pulau Lombok dan Sumbawa. Harapan saya di tahun ini, tambah banyak tempat-tempat baru yang bisa saya dan si doi explore baik di Indonesia maupun luar negeri, Amiin. catatan : Timor Leste atau Papua Nugini juga gak apa-apa (itu juga luar negeri), hehehe colek si doi.

Di tulisan perdana saya di tahun 2019 ini, saya akan membagikan informasi buat teman-teman dimana saja berada berkaitan dengan event-event yang comming soon di Pulau Lombok Sumbawa. Buat kalian yang punya rencana ngetrip ke Pulau Lombok dan Sumbawa di tahun ini, wajib hukumnya mengetahui beberapa event-event kece yang akan hadir buat kalian. 

Memiliki konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya, Calendar of Events Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat 2019 (CoE 2019) yang dilaunching tanggal 29 Desember 2019 lalu, Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar launching di tempat yang berbeda dari tahun sebelumnya yaitu di area kedatangan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada pukul 09.30 WIB.

Dari beberapa event yang akan hadir, ada sebelas event yang menurut saya paling kece dan ditunggu-tunggu. Apa saja ?,yuuk dibaca dan diliat dibawah ini !. Siapkan pulpen dan buku untuk mencatat bulan dan tanggalnya. 


Lombok Sumbawa Great Sale (28 Januari-28 Februari 2019)


Bagi yang doyan shooping dan traveling, inilah surga belanja buat kalian. Event promosi bagi setiap wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berlibur ke Pulau Lombok dan Sumbawa akan mendapatkan diskon saat memesan tiket, paket tour dan berbelanja. Gak lama lagi, Lombok Sumbawa Great Sale 2019 akan hadir di tengah-tengah kalian lhoo yaitu dari tanggal 28 Januari sampai 29 Februari 2019. Jangan sampai ketinggalan yaak (ngomong sama diri sendiri juga). 


Festival Pesona Bau Nyale (20 Februari - 6 Maret 2019)


Bau Nyale, siapa yang gak kenal dengan festival kece dan sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Pulau Lombok dan wisatawan lain di setiap tahunnya ini. Dimana keseruan menangkap jutaan cacing laut berwarna-warni yang muncul di pertengahan malam sampai sebelum matahari terbit, membuat siapapun berlomba-lomba mendapat cacing dalam jumlah banyak. Cacing-cacing laut ini dipercaya sebagai jelmaan dari seorang putri cantik bernama Putri Mandalika yang melompat ke laut dan hilang. Gak lama kemudian, muncul jutaan cacing laut yang berwarna-warni dari permukaan air laut. Percaya gak percaya sih. Dan cacing ini juga dipercaya membawa keberkahan (bagi yang percaya saja). 


Tour de Lombok Mandalika (7-10 Maret 2019)

Nah ini dia yang saya tunggu-tunggu. Tour de Lombok merupakan perlombaan sepeda jalan raya (Road Rice) kategori UCI 2.2 yang digagas untuk memberikan nilai kompetisi lebih banyak ajang seiring dengan meningkatnya antusiasme dunia terhadap olahraga Sport Sepeda di Indonesia dan Dunia. Sudah tiga tahun ajang ini digelar di Pulau Lombok dan feedbacknya sangat positif sekali. Saya saja selalu hadir dalam ajang ini di setiap tahunnya, jadi penonton maksudnya,hehehe. Ajang ini diselenggarakan selama tiga hari dengan etape yang berbeda-beda. Nah, untuk di tahun ini apakah etapenya akan sama atau ada sedikit perubahan ?. Ditunggu di Tour de Lombok Mandalika 2019.


Festival Pesona Tambora 2019 (9-11 April 2019)


Festival ini diselenggarakan untuk memperingati kedahsyatan meletusnya Gunung Tambora pada tanggal 10 April 1815. Festival ini akan menampilkan seni dan tradisi Pulau Sumbawa (Sumbawa, Dompu dan Bima) antara lain festival kopi, pacuan kuda, pawai budaya serta acara puncak bertempat di Doro Ncanga Tambora, Kabupaten Dompu. Pasti seru banget guys,hehehe 



Pesona Khazanah Ramadhan "Bumi Seribu Masjid" (8-25 Mei 2019)


Festival ini diselenggarakan untuk meramaikan Bulan Ramadhan yang merupakan bulan mulia bagi umat muslim. Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu tujuan wisata halal di Indonesia.  Selama Bulan Ramadhan, Pemprov Nusa Tenggara Barat akan menghadirkan para imam besar dari empat negara Timur Tengah. Dalam kegiatan Khazanah Ramadhan ini, wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang menjalankan ibadah puasa di Pulau Lombok diharapkan lebih baik lagi dan khusyuk sampai berakhirnya Bulan Ramadhan. 


Festival Pesona Mantar (14-20 Juli 2019)


Siapa yang gak mengenal Mantar. Desa sekaligus puncak tertinggi di Pulau Sumbawa ini selalu memberikan keindahan yang gak ada tandingannya. Terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, kurang lebih satu jam perjalanan dari Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat. Mantar dijuluki "Negeri di Atas Awan" yang merupakan salah satu spot terbaik dunia untuk kegiatan paragliding. Di Mantar kalian bisa memanjakan diri dengan terbang menikmati pemandangan indah sejauh mata memandang. Kalian penasaran dengan Mantar, yuk siapkan tanggal cuti dan tiket pesawat buat ke Mantar,hehehe. 


Bulan Pesona Lombok Sumbawa (18 Agustus-18 September 2019)


Horee.. Bulan Pesona Lombok Sumbawa di tahun ini hadir lagi. Bulan Pesona Lombok Sumbawa atau disingkat BPLS adalah salah satu kegiatan dalam usaha memajukan pariwisata di Nusa Tenggara Barat. Dalam pelaksanaannya, pemerintah daerah bekerjasama dengan para seniman, budayawan, stake holder pariwisata dan komunitas olahraga dan pihak terkait lainnya sebagai ajang promosi pariwisata daerah berupa pameran, pergelaran seni, parade kesenian dan pertunjukan daerah. 


Festival Pesona Moyo (16-22 September 2019)

Festival Pesona Moyo dikenal sebagai event berskala nasional dan internasional dalam nuansa budaya Sumbawa dengan konsep lokasi menyatu dengan alam atau dilaksanakan di kawasan destinasi wisata. Event ini melibatkan peserta dari dalam dan luar Kabupaten Sumbawa serta dari berbagai negara di dunia, dengan tujuan memperkenalkan Sumbawa sebagai daerah yang memiliki potensi wisata yang eksotis dan kece di mata dunia. So..ada yang pernah ke Pulau Moyo ?. Kalau ada yang belum, nanti saya diajak ya kesana, hehehe. 


Festival Pacuan Kuda (22-26 September 2019)


Ayoo, siapa yang berani naik kuda ?. Ada Festival Pacuan Kuda nih yang diadakan sekitar akhir Bulan September tahun ini. Balap Kuda adalah salah satu lomba yang gak asing di masyarakat Nusa Tenggara Barat. Festival Pacuan Kuda setiap tahunnya telah terbukti dapat menarik minat wisatawan terutama domestik dan mancanegara, khususnya lagi pecinta balapan kuda pastinya. Di Nusa Tenggara Barat terdapat  banyak tempat balapan kuda. Balapan kuda menjadi salah satu ajang promosi untuk mengembalikan minat wisatawan berlibur ke Pulau Lombok dan Sumbawa.



Mandalika International Marathon (5 Oktober 2019)

Nah ini yang baru di Calendar of Events 2019, Mandalika International Marathon guys. Mandalika dikenal sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika) dan telah mendapatkan sertifikasi sebagai tempat pelaksanaan kegiatan lari bertaraf internasional. Setelah sukses menggelar International TNI Marathon 2018 di kawasan Mandalika, di tahun ini akan diadakan ajang yang sama yaitu Mandalika International Marathon. Sepertinya harus ikut nih, latihan lari dari sekarang dan terpenting harus diet diet.


Pesona Desa Wisata (21-22 November 2019)

Di Pulau Lombok dan Sumbawa sendiri, banyak memiliki desa wisata yang wajib kalian kunjungi. Apalagi ada ajang Pesona Desa Wisata, membuat wisatawan baik domestik maupun mancanegara akan lebih tertarik lagi datang ke Pulau Lombok dan Sumbawa. Desa Wisata biasanya berupa kawasan pedesaan yang memiliku beberapa karakteristik khusus yang layak untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduk masih memilki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Ada beberapa faktor pendukung lainnya seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Sumber daya alam dan lingkungan alam yang masih asli dan tenaga merupakan salah satu faktor penting dari sebuah kawasan desa wisata. 

" Dari beberapa event yang saya sudah jelasin singkat di atas, catatannya jadwal bisa saja berubah sewaktu-waktu dan tetap diupdate bila ada perubahan, baik penambahan event atau perubahan jadwal "

Gimana, sudah siap datang berlibur ke Pulau Lombok dan Sumbawa. Nabung dari sekarang karena event-event di Pulau Lombok dan Sumbawa akan digelar setahun penuh. Jadi jangan ketinggalan yaa. Sampai bertemu dengan saya di salah satu event di atas yaa. 

Untuk event-event yang belum saya tulis di atas, nanti saya update lagi bila teman-teman pembaca setia blog ini butuh informasi lainnya. Terimakasi

***

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Comments

  1. Catat tanggalnya, tp cuma catat doang lo bang. hehehe. btw saya paling suka yang berbau festival kayak gitu. menarik untuk diikuti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Catat trus disipain tiket pesawat k Lombok jg bang. Hehehe.. Sngat menarik tp smuanya keren2.. Festival Mantar n Tour de Lombok jg bagus :)

      Delete
  2. banyak sekali kegiatan seru disana ya, jadi penasaran sama cerita tentang putri mandalika

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa baca di post saya tentang Pantai Putri Mandalika...hehehe

      Delete

Post a Comment