Kemeriahan Fun Walk Pasar Pancingan


Helloo Weekend !!!

Gak terasa sudah weekend saja. Kalau sudah ngebahas weekend, dipikiran kita pasti terlintas mau berlibur kemana, bersantai dimana dan sama siapa. Kalau saya sih yang namanya weekend itu surganya jalan dan makan. Berhubung saya bareng si doi lagi program diet (????), jadi jalan dan makannya agak dikurangi   pemirsa (percaya gak percaya sih).

Mengawali tahun 2019, harapan untuk mengurangi berat badan ternyata dikabulkan. Hari minggu ini (13/01/2019), Pasar Pancingan mengadakan kegiatan jalan sehat "Fun Walk". Ada yang tau Pasar Pancingan?. Pasar Pancingan yaitu pasar destinasi digital yang dipelopori oleh anak-anak Genpi Lombok Sumbawa. Terletak di Desa Bilebante, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah. Kurang lebih lima belas menit perjalanan dari Kota Mataram. Untuk jalur lebih lengkapnya, Pasar Pancingan sudah bisa kalian akses di google maps lhoo.. Kece kan!

Gimana keseruan Fun Walk Pasar Pancingan, yuuk disimak cerita saya yang kadang-kadang banyak curhatnya ini !,hehehe.






Hari Minggu jam enam pagi, saya sudah siap-siap jemput si doi. Kamera dslr, go pro dan gak lupa handphone sudah masuk ke dalam tas. Cuaca pagi itu cukup cerah. Embun pagi sepanjang perjalanan dari rumah ke rumah si doi menyapa saya penuh dengan kelembutan. Kehangatan sinar mentari pagi pun gak mau kalah dengan si embun untuk menyapa (alaay banget loe).

Sepeda motor melaju kencang tanpa hambatan. Setelah sampai di rumah doi, kami berdua lanjut menuju lokasi Pasar Pancingan dengan berpamitan terlebih dahulu kepada orang tua. Hanya membutuhkan lima belas menit menuju ke arah timur, kami pun sampai di area parkir Pasar Pancingan. Sudah banyak kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang terparkir. Waktu menunjukkan jam tujuh pagi lebih dikit. Kami segera menuju lokasi pasar. Melewati jalan setapak persawahan yang hijau dan embun pagi yang indah dipandang. Jarak dari area parkir ke lokasi pasar gak terlalu jauh. Hanya seratus meter saja guys. Udara pedesaan Bilebante sangat sejuk. Apalagi para warga desa yang sangat ramah kepada pengunjung.  

Sesampainya di lokasi, pengunjung sudah ramai. Dari anak kecil hingga orang dewasa sudah gak sabaran menunggu acara Fun Walk dimulai. Pembawa acara yang ganteng-ganteng menyapa para pengunjung, pertanda kegiatan jalan sehat gak lama lagi akan dimulai. Sebelum jalan sehat, gak ada salahnya sarapan dulu. Banyak aneka makanan tradisional khas Lombok yang menggoda selera ada disini. Untuk berbelanja disini, jangan lupa menukarkan duit kalian dengan "Kepeng" ya. Kepeng adalah alat tukar yang berlaku di Pasar Pancingan. Bentuknya pun sangat unik dan memiliki pecahan 2,5 , 5 dan 10 Kepeng. Ngebahas makanan apa saja sih yang ada di Pasar Pancingan ?, kita jalan sehat dulu yaa biar sehat. Capcuuusss... !!!










Sekitar jam setengah delapan pagi, Fun Walk dibuka oleh Ketua Umum Genpi Lombok Sumbawa (Mbak Mala). Antusias para peserta pun saya acungin jempol. Para emak-emak juga gak mau kalah dengan yang muda untuk jalan sehat. Jalurnya pun lumayan panjang. Kurang lebih dua kilometer mengelilingi perkampungan warga, melewati jembatan, melihat keramba ikan, persawahan yang hijau dengan pemandangan alam pedesaan Bilebante. Jalur ini pun sengaja dibuat untuk penghobi sepeda yang ingin berkeliling Desa Bilebante. Saya pun ingin bersepeda di jalur ini, tapi belum terwujud sampai sekarang. Next Time..wajib dicoba !.

Dengan mengusung tema "Jalan Sehat Ditemani Indahnya Pedesaan" diharapkan dengan adanya kegiatan ini, menambah semangat kita untuk selalu berolahraga dimanapun, kapanpun dan sama siapapun. Jalan sehat sambil menikmati indahnya alam pedesaan, membuat jiwa raga semakin sehat. Apalagi bareng keluarga, sahabat dan si doi pastinya. 

Kegiatan Fun Walk ini gak dipungut biaya lhoo alias gratis tis tis. Kecenya lagi, yang ikutan Fun Walk akan dibagikan voucher doorprize. Kurang apalagi coba, sudah jalan sehat dapat doorprize lagi. Panitia sudah mempersiapkan beberapa doorprize yang sangat menggoda. Ada kipas angin, sleeping bag, termos dan hadiah menarik lainnya. 

Nasi Tum + Pepes Bebek

Es Pisang Ijo 

Jus Awet Muda

Sambil menunggu pengundian dooprize, kita sarapan dulu guys. Kebetulan sudah lama banget gak ke Pasar Pancingan, jadi kangen dengan aneka menu makanan disini. Soal rasa gak perlu diragukan, dijamin enak dan harga terjangkau. Kali ini ada dua menu makanan yang akan saya bahas. Ada Nasi Tum lengkap dengan olahan daging bebeknya. Makanan penutupnya yaitu Es Pisang Ijo khas Bilebante. Dan jangan lupa, setiap ke Pasar Pancingan wajib hukumnya minum Jus Awet Muda, ada rasa buah naga, mangga dan strauberry. Yang sudah punya pasangan, minum jus ini didoain hubungannya awet. Bagi yang jomblo, khasiat minum jus ini apa ya ?, koment di kolom komentar yaak. hehehe. 

Saya sendiri bila datang ke Pasar Pancingan, selalu memesan seporsi Nasi Tum. Nasi Tum ini sama seperti nasi campur biasa. Ada ayam suirnya, kerupuk dan yang membedakan dengan nasi lainnya yaitu olahan daging bebeknya yang dibungkus dengan daun pisang. Mirip seperti pepes gitu. Soal rasa, gak perlu diragukan lagi. Sangat lezat dan wajib kalian coba bila datang ke Pasar Pancingan. Seporsi Nasi Tum plus Pepes Bebek seharga 12,5 Kepeng. Cukup murah kan !

Setelah makan Nasi Tum, saya pun beralih dengan menu penutup. Saya memesan semangkuk Es Pisang Ijo khas Desa Bilebante. Pisang Ijo ini agak sedikit berbeda dengan es pisang ijo yang biasa saya makan. Campurannya sangat beragam, ada potongan nangka, kacang ijo, mutiara dan kelapa muda. Dan yang wajib ada yaitu pisang ijonya sendiri. Soal rasa, jelas Es Pisang Ijo Khas Desa Bilebante sedikit unggul dari es pisang ijo yang biasa saya makan. Menikmati semangkuk es pisang ijo khas Desa Bilebante menjelang siang, seger banget. Semangkuk Es Pisang Ijo seharga 10 Kepeng. 

Gagal diet dah nih !!! (ngomong sambil minum Es Pisang Ijo).




Acara puncak yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. Pengundian siapa saja yang mendapatkan doorpirze. Dari anak kecil hingga para emak kece, harap-harap cemas. Potongan kertas voucher sudah digenggaman. Menebak-nebak siapa yang dapat doorprise pertama sampai yang terakhir. Berharap angka yang sudah ditangan disebut oleh si pembawa acara. Saya pun begitu, berharap mendapatkan salah satu hadiah yang lagi nangkring senyum melambai-lambai dari atas panggung. 

Selamat buat teman-teman yang mendapatkan doorprize. Bersabarlah buat saya dan doi yang belum beruntung mendapatkan dooprize. Lumayan tuh kalau dapat kipas angin atau dispenser, bisa buat taruh di rumah baru nih (curhat pak?). Acara Fun Walk Pasar Pancingan cukup meriah dan sukses. Semuanya tersenyum dan senang ada kegiatan semacam ini. Semoga kedepannya, Pasar Pancingan selalu mengadakan kegiatan-kegiatan yang lebih positif lagi. Amiin. 

Ingat ya, Pasar Pancingan selalu ada di setiap Hari Minggu, dari jam tujuh pagi sampai dua belas siang. Lokasi di Desa Bilebante, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah. Pak Menteri Pariwisata "Arief Yahya" dan Gracia Indri saja sudah kesini, masak kalian belum sih ?. Ditunggu ya di Pasar Pancingan. !. Kita mancing bareng, sepedaan bareng, joget bareng, makan bareng sambil cuci mata pastinya, hehehe.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Comments

  1. Replies
    1. Ayoo bang ke Lombok..qta ngereview bareng lg hehehe

      Delete
  2. kayak kenal sama yg jadi cover itu kak
    😂

    ReplyDelete
  3. Wah, seru banget nih! Apalagi ada yang jualan jajanan tradisional. Bisa.belanja banyak tuh, kalau saya di situ.

    ReplyDelete
  4. Lumayan banyak ya yang ikut, dan yang paling ditunggu adalah momen pembagian doorprizenya. Jenengan ga dapet doorprizenya ya. hehehe.

    ReplyDelete
  5. Acaranya rame banget, jalannya sudah dibeton, infrastruktur sudah baik. Pemandangannya bagus sekali. Jadi mimpi kapan ke sana.

    ReplyDelete

Post a Comment