Monday 11 December 2023

Kenapa Water Park Studio Alam TV9 Lombok Jadi Sepi Pengunjung ?


Sebentar lagi kita sudah berada di penghujung akhir tahun 2023. Dan banyak juga tanggalan merah di Bulan Desember. Pastinya kalau sudah berbicara soal hari libur, kita bakalan mengagendakan mau pergi staycation kemana. Ke luar negerikah, dalam negeri atau ke tempat yang jaraknya hanya beberapa meter dari rumah. Kalau saya sih memilih yang dekat rumah dulu. Yang penting bisa kumpul bareng keluarga yang utama. 


Di akhir bulan November lalu, saya mengawali rentetan agenda liburan akhir tahun yang sudah saya dan istri sudah susun, Asyik !. Dari jalan-jalan ke pantai, kolam renang, kulineran bahkan sampai menginap di salah satu hotel yang rekommended di Lombok. Banyak juga ya, semoga dalam waktu dekat agenda yang sudah ditulis terealisasi semua.  


Hari Sabtu (25/11/2023), kami sekeluarga menghabiskan akhir pekan di salah satu water park yang ada di pinggiran kota. Namanya Studio Alam TV9, salah satu wahana terlengkap yang ada di Lombok. Selain water park, disini juga terdapat mini zoo yang bisa kita explore. 


Kalau gak salah Studio Alam TV9 ini baru lauching sekitar Bulan September 2014. Saya pun beberapa kali datang kesini disaat tampilan wahana ini gak seperti sekarang yang sudah serba lengkap. Dari pertama kali buka, wahana ini setiap hari dibanjiri pengunjung baik dari Kota Mataram maupun luar kota. 


Apalagi saat itu masih minim sekali wahana seperti ini dibandingkan sekarang yang sudah menjamur dimana-mana. Persaingan di dunia bisnis juga sangat ketat diantara para kompetitor dunia water park dengan menampilkan keunggulan dan promo gila-gilaan.


Btw, apakah masih bisa eksis seperti awal launching dulu ?




Buat kalian yang tinggal di Kota Mataram dan sekitarnya, pastinya sudah mengenal Studio Alam TV9 yang lokasinya bersamaan dengan Studio TV9, salah satu stasiun televisi lokal yang dimiliki Pulau Lombok. 


Alamatnya di Jalan Sandubaya 99X, Gerimax Indah, Kota Mataram. Lebih tepatnya bisa kalian cek di google maps bagi yang belum pernah sama sekali datang kesini. 


Perjalanan dari rumah kurang lebih memakan waktu dua puluh menit menggunakan mobil mengambil jalur arah luar kota Mataram menuju Narmada, Kab.Lombok Barat.


Anak-anak sudah siap dengan tas dan topinya. Saya dan istri juga gak lupa menyiapkan segala keperluan yang akan dibawa sambil menunggu jemputan bapak mama. 


Kondisi lalu lintas sepanjang perjalanan cukup ramai lancar. Cuaca pagi itu juga cukup cerah. Ya, semoga saja cuaca sampai siang nanti tetap cerah alias gak hujan dulu. 


Setibanya di parkiran yang cukup lengang, saya dan lainnya turun dari mobil. Membawa beberapa tas emak-emak yang isinya kebanyakan sangu buat makan di dalam. Semoga saja dibolehkan bawa makanan dari luar yaak. 


Karena kita bawa voucher promo masuk ke dalam Studio Alam TV9 yang beberapa bulan lalu dapat dari pihak marketingnya, kami pun dapat potongan lumayan untung. Datang bersembilan, dapat gratis 6 orang dan lainnya dapat potongan 50 % dari harga normal yaitu 25 ribu saat weekend karena kita datangnya pas weekend. Sangat murah bukan!. 


Promo ini hanya berlaku setahun saja yaitu sampai akhir tahun 2023. Semoga di tahun 2024 ada lagi promo semacam ini ya biar selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung.





Karena kita datangnya kepagian disaat wahananya baru buka yaitu sekitar jam sepuluh pagi. So, baru kita saja pengunjung yang datang. Seneng dong, karena air kolamnya masih bersih dan bening. Tempatnya juga sangat asri dan nyaman. 


Setelah menyelesaikan administrasi di loket tiket, kita pun berjalan menuju pintu masuk wahana. Melewati mesin otomatis masuk ke dalam yang dijaga oleh salah satu pegawai wahananya. Setelah semua masuk, kita mencari tempat bersantai. Ada beberapa berugaq (gazebo) yang masih kosong. Pilihannya ke berugaq yang mudah di akses menuju kolam renang.


Anak-anak terlihat sudah gak sabar mau turun ke kolam. Beberapa kolam renang yang ada disini. Dari kolam anak-anak hingga kolam khusus dewasa juga ada disini. Kalau saya hitung kemarin ada empat kolam besar yang memiliki kedalaman yang berbeda-beda.


Kita memilih berugaq yang paling dekat dengan kolam anak-anak karena emang datang kesini untuk mengajak anak-anak mengenal air kolam renang. Ini pertama kalinya saya dan istri mengajak anak kedua ke kolam renang. Kalau si kakak sudah beberapa kali dan itupun masih takut-takut, hehehe. 






Gak lama kemudian, bapak dan ibu mertua bersama adik ipar menyusul datang ke lokasi. Mereka juga ingin menghabiskan akhir pekan bersama-sama. Wah tambah ramai nih isi penghuni kolam renang, hehehe.


Berhubung datangnya ramai-ramai dan anak-anak lagi diajak berenang sama bunda dan anggota keluarga lainnya, saya jalan-jalan dulu mengelilingi wahana ini. Tempat pertama yang saya datangi yaitu mini zoo nya. Disini ada beberapa hewan yang dipelihara, beberapa diantara ada aneka burung, monyet, rusa timor, kuda poni dan lain-lain. Jumlahnya juga gak terlalu banyak. Tapi cukup lah dijadikan bahan edukasi untuk anak-anak sekolah yang ingin belajar dunia hewan. 


Kebetulan juga di hari yang sama, satu bus anak-anak sekolah yang datang untuk belajar dunia hewan disini. Terlihat dari wajah anak-anak tersebut sangat senang sekali saat ibu guru mereka mengajak berkeliling melihat hewan yang ada dengan didampingi oleh salah satu pengelola wahana disini. 





Setelah berkeliling wahana, saya balik ke tempat anak-anak berenang. Liat mereka happy berenang ditemani bunda dan neneknya. Saya pun ikutan turun ke kolam. Ganti pakaian renang dan nyebur dah. 


Kebetulan kami memilih kolam yang berada di sisi sebelah barat karena anak-anak nyaman berenang disini. Kedalamannya bervariasi, dari pinggir hanya sebatas mata kaki orang dewasa, semakin ke tengah kedalamannya sekitar 135 cm. 


Kalau gak salah kolam renang ini diberi nama kolam ombak. Tapi pengelolanya gak menyalakan ombaknya. It's okelah, kami tetap menikmati karena di beberapa sisi kolam terdapat pancuran. 





Di bagian tengah waterpark, terdapat kolam besar dimana disini ada seluncuran yang cukup tinggi. Mirip seperti water boom gitu. Selain itu ada kolam air mancur dan ada beberapa perosotan anak-anak. 


Nah, yang paling saya cari yaitu kolam renang dewasanya yang kedalamannya mencapai 180 cm. Cukup dalam juga dengan tinggi badan saya yang sekitar 165 cm. Enaknya disini, airnya cukup jernih dan adem. Apalagi di sekitaran kolam renang terdapat aneka macam tumbuhan hijau dan pepohonan rindang. 


Fasilitas lainnya yang saya lihat, disini ada mini taman tempat kita bersantai sambil menunggu anak-anak mandi. Bisa juga dijadikan tempat edukasi buat anak-anak sekolah. Selain itu terdapat juga mushola dan tempat wudhu yang bersih. Kamar bilas yang cukup terawat. Dan yang paling penting ada kantin atau warung makan bila ada yang laper sehabis renang. 


Selain waterpark dan mini zoo, ternyata disini juga ada tempat outbond dan arena bermain paint ball. Wah seru nih kalau main ramai-ramai. Kapan-kapan deh kalau kesini lagi bisa nyobain wahana lainnya.




Over all, selama saya dan keluarga berenang sambil bersantai disini, pelayanannya cukup baik. Makanan dan minuman dari luar pun diperbolehkan dibawa asalkan bisa menjaga kebersihan. Disini juga disediakan tempat sampah. Jadi buat kalian yang berkunjung kesini, harus buat sampah pada tempatnya ya !. 


Satu hal mungkin yang harus diperhatikan oleh pengelola wahana disini yaitu mencegah adanya genangan air karena di beberapa titik yang saya ketemukan, ada genangan air yang dibiarkan begitu saja.


Disaat musim penghujan saat ini, penting sekali mencegah pertumbuhan Nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue. Dimana kita harus menerapkan 3M. Menguras, Menutup dan Mengubur/ Mendaur Ulang barang-barang bekas.


Air kolamnya juga cukup bersih dan terjaga. Hanya saja mini zoo nya yang kurang beragam hewan yang ada. Mungkin kedepannya harus diperbanyak lagi jenis hewan yang didatangkan agar anak-anak bersemangat datang belajar kesini. 


Sayangnya, setelah saya sedikit ngobrol dengan salah satu penjual yang berjualan di sekitaran wahana ini bahwa pengunjung akhir-akhir ini sepi yang datang. Kalau sepi ya sepi, ramai ya ramai. Jadi gak bisa diprediksi kapan ramai dan kapan sepi. 


Saya gak bisa menyimpulkan kenapa tempat edukasi sekaligus bersantai ini bisa sepi pengunjung. Mungkin bisa ditingkatkan lagi promo-promonya ke masyarakat atau bisa mengundang para blogger Lombok di beberapa event yang diadakan oleh Studio Alam TV9 (ngarep.com) hehehe.


Menutup tulisan ini, ijinkan saya menutup dengan sebuah pantun !.


Sabtu pagi pergi berenang

Berenang sambil pakai topi

Biar hati selalu senang

Yuuk, kita ngopi 


Penulis : Lazwardy Perdana Putra


4 comments:

  1. wah enak juga kalau pas sepi gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas broo. Gak banyak tercemar pipis anak2. Hahaha

      Delete
  2. aku baru denger nama waterpark ini, padahal udah berkali-kali ke Lombok.
    Enaknya kalau dateng pagi masih sepiii, mau foto-foto gak bakalan bocor sama pengunjung lain
    Seru ya kalau kesana sama keluarga besar gitu, asikk pokoknya

    disini, dalam satu tempat cukup banyak keuntungannya, apalagi kalau ajak anak-anak, bisa berenang sekalian belajar mengenal nama-nama hewan di mini zoo nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada mbak. Waterpark ya masih dalam kawasan kantor stasiun TV9. Salah satu channel tv lokal disini

      Delete