Saturday 18 November 2023

Sensasi Nyobain Kopi Susu Rum di Kopihyang Kopi Lombok


Sore-sore sehabis hujan gene enaknya ngapain ya ?. Paling enak ya nongkrong sambil ngopi. Sepulang kerja pas lagi pengen ngopi, saya mencari tempat ngopi yang asyik di sekitaran Kota Mataram. 

Akhirnya setelah muter-muter kota, saya menemukan kedai kopi yang belum pernah saya datangi yaitu Kopihyang Lombok. Lokasinya sangat strategis sekali. Mungkin kalian masih ingat dengan tulisan saya tentang Kopityang Kopi. Nah, lokasinya gak jauh dari kedai kopi tersebut.

Tapi jangan salah tempat ya !. Meskipun kedengarannya sama tapi ini kedua kedai yang berbeda. Saya juga kurang tau apakah kedua kedai ini memiliki hubungan yang sama karena penamaannya hampir mirip, seperti Upin Ipin. Letaknya juga sangat berdekatan. Atau mungkin persaingan kali ya seperti Alfa dan Indom itu lhoo !. Mungkin teman-teman yang tau, bisa tulis di kolom komentar atau japri ke whatsapp saja juga boleh (khusus cewek) hehehe !.




Kopihyang Kopi Lombok beralamatkan di Jalan Selaparang no.78, Mayura, Kota Mataram. Lebih tepatnya berada di area Selaparang Square. Persis di sebelah Karouke Inul Vista dan gak jauh juga dari Taman Wisata Mayura.

Destinasi wisata yang berada di tengah Kota Mataram ini menjadi salah satu tempat tujuan untuk beribadah bagi umat Hindu, berwisata, berolahraga dan tempat santai di Kota Mataram. Tempat ini juga memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui. 

Di seberang jalan dari Taman Mayura, berdiri sebuah pura suci Umat Hindu bernama Pura Meru. Baik Taman Mayura maupun Pura Meru merupakan cagar budaya yang menjadi saksi sejarah kejayaan Kerajaan Karangasem Lombok dahulu kala. 

Next time,  saya ajak jalan-jalan ke Taman Mayura dan Putra Meru lewat tulisan saya selanjutnya ya !. 




Kembali ke laptop !.

Setelah memarkirkan motor, saya memilih duduk di luar saja biar bisa melihat arus lalu lintas sore hari. Penampakan kedai kopinya gak begitu besar. Terletak di deretan pertokoan dan hanya satu lokal ruko saja. Area parkirnya jangan ditanya. Luas banget sampai bus saja bisa parkir disini.

Cat tembok dominan putih dengan warna hijau di pinggirannya. Ada ornamen-ornamen Tionghoa gitu. Bisa dilihat dari lampu hias berwarna merah yang digantung di depan kedai. Di dinding dalam kedai juga terpasang beberapa foto dan lukisan. 

Meskipun area dalam kedai gak begitu luas, pengelola kedai menambah area meja kursi di depan kedainya dengan diberi tenda biar gak panas dan kehujanan. 

Viewnya kalau duduk di meja luar yaitu kalian bisa melihat kepadatan kendaraan daerah Cakranegara di sore hari, kesibukan toko-toko grosiran yang buka dan di seberangnya, kita bisa melihat penampakan Pura Meru yang bisa kalian kunjungi bila berlibur ke Pulau Lombok. 



Semakin sore semakin ramai yang datang. Apalagi kalau sudah menjelang malam hingga larut malam, banyak anak-anak muda menghabiskan waktu mereka untuk kumpul sambil nongkrong disini. Ditambah lagi ditemani dengan alunan musik dan lagu, jadi tambah betah nongki disini. 

Untuk menunya lumayan bervariasi ya. Ada menu beratnya juga seperti nasi telur, mie yamin, dan lain-lain. Tapi kali ini saya gak nyobain menu beratnya karena sudah makan siang. Kapan-kapan deh, kalau bawa anak istri dan keluarga, bisa nyobain menu beratnya. 



Roti Bakar 2 Slice (Selai Serikaya) 8K

Awalnya mau pesen roti serikayanya yang sempat viral yaitu roti selai serikaya 1 pack 15K. Tapi berhubung lagi kosong, yasudah saya pesan roti bakar 2 slice isi selai srikaya juga akhirnya. Karena sudah makan berat, jadinya saya gak pesan yang aneh-aneh. Hanya pesan cemilan menemani bersantai sambil buka-buka draft tulisan yang belum selesai. 

Untuk rasa roti bakarnya cukup gurih ya. Gak terlalu keras tapi juga gak terlalu lembek. Digigit masih gurih dan isi selainya yang bikin ketagihan. Enak banget, ada rasa manis dari selai serikayanya. Gak terlalu banyak juga diberi selai serikaya. So, aman lah ya buat gula darah, hehehe. 

Harga seporsi roti bakarnya hanya 8 ribu saja. Worth it gak ya ? Sangat worth it lah. Apalagi ada dua potong roti bakar ditambah selai serikaya. Hmmmm, rekommended banget. 

Selain rasa serikaya, ada dua pilihan rasa lagi yaitu cokelat dan tiramisu. Kembali lagi ke selera temen-temen ya. 


Teh Tarik Es 15K

Nah ini dia menu andalan yang bikin saya ketagihan datang kesini yaitu es teh tariknya. Teh yang dipakai berasal dari Sumatera. Apalagi Sumatera terkenal banget dengan produksi tehnya. 

Aroma tehnya nendang banget. Apalagi diminum selagi dingin, seger abis. Harganya juga sangat terjangkau yaitu 15 ribu saja sudah dapet es teh tarik dengan gelas besar dan diberi es batu agar kesegarannya tetap terjaga. 

Ohya, untuk ulasan tentang teh tarik, saya pernah bahas saat mencoba teh tarik di Kopityang Kopi ya. Kalian bisa mampir ke postingan saya sebelumnya. 


Kopi Susu Rum 15K

Pertama kali datang kesini, saya mencoba salah satu kopi yang gak pernah saya coba sebelumnya yaitu Kopi Susu Rum. Biasanya kalau datang nongki gitu, yang saya pesen itu kopi susu gula aren. 

Disini ada juga menu itu, tapi saat itu terpintas melihat minuman kopi ada rumnya. Karena penasaran, saya pesen secangkir kopi susu pake rum.

Tau gak gimana sensasi saat meminum kopi ini ?. Saya langsung kaget dan gak sengaja kehirup di hidung. So, bersin-bersin karena aromanya seperti tape gitu. Maklum saja, tumben minum kopi ini. 

Kalian tau kan rum itu apa. Rum adalah fermentasi dari tetesan tebu. Dimana tetesan tebu difermentasi menggunakan ragi, selanjutnya disuling, lalu dibakar. 

Ada juga yang menggunakan sirup yang menyerupai rum baik dari aroma, rasa dan non alkohol. Akhir-akhir ini banyak kedai kopi yang menggunakan sirup rum non alkohol ini yang dicampurkan ke dalam kopi. 

Haram gak sih, kan ada alkoholnya ?. Meskipun rum ini merupakan produk hasil fermentasi, pasti ada alkoholnya. Dan kalau sudah sampai memabukkan, menurut saya sih bisa dikatakan haram. So, boleh gak?. Kalau belum sampai memabukkan sih boleh-boleh saja. 

Mungkin ada pendapat teman-teman yang membaca review ini, apakah rum itu haram ?. Beberapa orang berpendapat, ada yang membolehkan mengkonsumsi rum, ada juga yang gak membolehkan karena mengarah ke haram. 

Kembali ke diri kita masing-masing ya. No debat disini !.


Karena gak banyak yang bisa saya review tentang menunya. Ada beberapa hal yang saya dapatkan saat nongki disini beberapa kali. Ini bisa dibilang, kesimpulannya ya. 

Over all, pertama yang saya komentarin yaitu teh tariknya enak banget. Kopi susu rum juga sebenarnya enak, tapi saya belum terbiasa dengan rumnya. Dari segi pelayanannya tergolong cepat. Cukup ramah sama pengunjung. Tempat duduknya juga nyaman. Mungkin pas datang kesini enaknya sore sampai malam ya. Kalau siang sepertinya kurang asyik karena cuaca yang panas. 

Kedainya buka setiap hari dari pagi jam 10 sampai jam 12 malam. Buat yang habis berbelanja di Pasar Cakranegara, bisa jalan kaki menuju kedai kopi ini karena jaraknya gak jauh dari Pasar Cakranegara. Buat teman-teman yang sedang menginap di Lombok Plaza hotel atau hotel lainnya di sekitaran Cakra, boleh dicoba minuman kopi dan teh tariknya (gak ngendorse). 

Mungkin kalau lagi hujan turun, pasti tambah asyik dan syahdu. Bisa kebayang kan, duduk santai sambil minum kopi susu rum hot ditambah cicip cemilan roti selai serikaya atau cokelat. Belum lagi sambil pikirin cicilan rumah kapan selesainya ya, hahaha.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra


8 comments:

  1. wah enak itu kopi rum, aromanya khas

    ReplyDelete
  2. Iyaa Skr banyak kedai kopi yg pakai rhum atau aroma baileys . Yg mana 2-2 nya alkohol kalo ORI 😄. Makanya kdg aku tanya dulu mas, rhum atau baileys nya cuma essence atau asli. Kalo essence doang aku mau. Tapi kalo ORI, aku skip 😁.

    Kebayang pasti enak kalo yg rhum . Wanginya aku suka sih 😄. Dan yg esens ga jauh beda lah aromanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua2 belum bisa sya bedakan klo gak bertanya hehehe

      Delete
  3. Kopi susu sih udah biasa tapi kalo kopi susu rhum yg baru tahu. Ada yg rhum halal sih.. biasanya saya agak 'kurangajar' tanya ke penjualnya.. halal gak?. Wkwkwk. Pilihannya ada dua, dijawab dg ramah atau malah diketusin disuruh cari tempat ngopi lain. Wkwwk. Tapi kalo meragukan kehalalannya sih kalo saya mending ngga usah hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sya jg lupa tanya ini rum asli atau essens. Tp karena gak bikin kepala pusing, so yakin aja ini gpp. Positif thingking hehehe....

      Delete