Tuesday 31 October 2023

Lauching Jumat Salam Sambil Sarapan Pagi di Kebun Ayu, Lombok Barat


Mengawali cerita ini, saya terlebih dahulu mengucapkan "Selamat Hari Blogger Nasional" yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2023. Semoga para blogger dimanapun berada selalu tetap semangat dalam mengeluarkan ide-ide kreatif untuk menciptakan tulisan yang menarik dan kece.


"Jadilah blogger yang cerdas dan bijak bukan menjadi blogger yang julit. Asyiiik !".


Ditunjuk menjadi salah satu peserta dalam kegiatan Lauching Jumat Salam, saya pun bersemangat untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Jumat pagi (27/10/2023). 


Berhubung telah dilantiknya Pj.Gubernur NTB beberapa saat yang lalu yaitu Bapak Lalu Gita atau lebih akrab disapa "Miq Gita", ada beberapa program baru yang dicanangkan. Salah satunya Jumat Salam yang merupakan kepanjangan dari Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat.


Program ini digagas langsung oleh Miq Gita sendiri dimana bila memungkinkan akan diagendakan pada Hari Jumat tiap minggunya di daerah yang berbeda. Di minggu pertama, dituju ke desa-desa yang ada di Kab.Lombok Barat. Selanjutnya akan dijadwalkan untuk mendatangi desa-desa yang tersebar dari Pulau Lombok hingga Pulau Sumbawa.

 



Lauching Jumat Salam berlokasi di Desa Wisata Agro Kebun Ayu, Gerung, Kab. Lombok Barat. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk bersama-sama mencari solusi dalam permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. 


Acara dijadwalkan dimulai pukul 06.30 WITA. Kebetulan lokasi acara cukup dekat dengan tempat tinggal. Jadinya saya langsung berangkat ke lokasi. Sedangkan teman-teman lainnya ada yang kumpul di rumah sakit untuk barengan berangkat ke lokasi. 


Udara di Kebun Ayu pagi itu sejuk sekali. Saya sengaja berangkat agak pagian dari jadwal biar bisa melihat kabut karena biasanya di daerah sini sering sekali ada kabut di pagi hari. 


Wisata Agro Kebun Ayu merupakan salah satu wisata agro yang cukup dikenal dengan produk golden melonnya. Produksi golden melonnya cukup terbilang berlimpah. Setiap bulan sekali panen golden melon. Rasanya pun sangat manis dan renyah. Saya beberapa kali sudah mencobanya.


Selain itu, tempat ini terkenal dengan wisata kulinernya. Berbagai macam aneka makanan tradisional dijual disini seperti pelecing kangkung, urap, sate pusut, lupis serabi dan lainnya. 





Urusan perut ditunda dulu. Kita senam pagi biar tubuh sehat. Kegiatan pagi diawali dengan senam bersama. Para peserta satu per satu sudah berdatangan. Jalanan di depan lokasi sudah padat sekali dengan kendaraan baik mobil maupun motor hingga terjadi kemacetan karena saking padatnya. Untungnya petugas keamanan dan warga setempat bisa mengatur arus lalu linta pagi itu dengan baik.


Yang turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Pj Gubernur NTB, Miq Gita. Para kepala OPD Provinsi NTB, direktur rumah sakit pemerintah, seluruh ASN, anak-anak sekolah dan warga setempat. 


Selesai senam biar tubuh hangat, kegiatan dilanjutkan dengan sarapan pagi menikmati berbagai kuliner khas setempat. Disini ada beberapa tenant tradisional dimana penjualnya berasal dari warga setempat. 







Bisa baca disini : Kuliner Wisata Agro Desa Kebun Ayu


Saya pun mencoba mencicipi Nasi Ebatan dan Pelecing Urap Rumput Laut. Yang jadi perhatian saya yaitu menu Pelecing Urap Rumput Lautnya. Rasanya enak banget apalagi bumbu khas Pelecing orang Lombok. Gak terlalu pedas seperti pelecing kangkung pada umumnya. Rumput lautnya enak banget, gak amis dan sangat gurih.


Harga makanan disini dari harga 5 ribu hingga 20 ribuan saja. Cukup murah kan dengan rasa yang gak murahan. Habis sarapan, gak lupa mencoba minum yang segar-segar. Pesan satu gelas es kelapa muda pakai sirup kokopandan. Seger bener, pas banget diminum selagi panas gini. 




Btw, sayangnya disini jumlah tenantnya gak sebanyak dari biasanya. Hanya beberapa saja yang berjualan pada saat itu. Padahal kan lagi ada acara besar ya?. Beberapa tenant lainnya terlihat masih tutup. 


Selain tenant kuliner, ada beberapa stand UMKM yang menjual berbagai macam sembako dan asesoris khas desa setempat. Disini juga lagi ada pasar murah. Beberapa sembako seperti telur, beras dan minyak goreng menjadi barang yang laris manis saat itu. 




Selesai menikmati kuliner setempat, saya dan lainnya berjalan ke arah tenda dimana sedang berlangsungnya Launching Jumat Salam. Beberapa pejabat penting sudah duduk manis di kursi yang sudah disiapkan sambil mendengar sambutan dari tokoh-tokoh penting yang hadir, salah satunya Pj.Gubernur Prov.NTB, Miq Gita. 


Dalam sambutannya, beliau berharap dengan adanya kegiatan Jumat Salam, semoga permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat saat ini bisa diselesaikan lebih cepat dan dicarikan solusi terbaik.



Sarung/Belondong tenun khas NTB


Selain Jumat Salam ada lagi satu program yang cukup penting juga yaitu Jumat Belondong dimana seluruh ASN Pemprov.NTB dari Pulau Lombok hingga Pulau Sumbawa dianjurkan menggunakan londong atau sarung tenun buatan warga lokal untuk mendongkrak UMKM kita.


Kedua program tersebut diharapkan mampu menggerakkan perekonomian desa yang sesuai dengan tagline Pemprov NTB terbaru yaitu NTB Maju Melaju untuk meneruskan tagline yang terdahulu. Kalian masih pada ingat kan?. "NTB Gemilang". Untuk menutup kegiatan pagi itu, diakhiri dengan memanen golden melon bersama-sama. 


Buat kalian yang lagi berlibur di Pulau Lombok, bosen dengan tempat yang mainstream. Boleh nih coba datang ke Desa Wisata Agro Kebun Ayu yang letaknya gak jauh dari pusat pemerintahan Gerung, Kab.Lombok Barat. Apalagi datangnya bertepatan dengan musim golden melon, wah beruntung banget. 


Lebih jelasnya kalian bisa lihat di google maps yang saya cantumkan di akhir tulisan.


Penutup : Lazwardy Perdana Putra

8 comments:

  1. mantap, senam lanjut kulineran

    ReplyDelete
  2. Mantap dapat belajar banyak dri lazwardy 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasi sudah berkunjung. Jangan kapok sama isi postingannya hehe

      Delete
  3. Waaah aku catet dulu musim panennya golden melon, biar pas panen dan bisa icipin buahnya mas 😄. Enaaak nih memang, di sini lumayan jarang buahnya.

    Bagus juga acara begini yaaa, jadi bisa tahu permasalahan para warganya.

    Trus ada banyak jualan dari Ara UMKM pula. Aku pengen banget cobain urap rumput lautnya... Keliatan enaaak 🤤. Ga nyangka itu rumput laut sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ada program terbaru utk menyapa warga desa setiap minggunya.

      Ayok k Lombok mbak utk icip2 masakan khas Lombok !

      Delete
  4. Urap rumput laut belum pernah coba tuh, sepertinya nambah lagi daftar kulineran kalau pulang ke Mataram :D

    ReplyDelete