Menyemarakkan Kemerdekaan RI ke-77 dengan Senam Pagi dan Aksi Bergizi Bersama

Sudah dua tahun lamanya kita gak merasakan moment indah dalam perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Semenjak Covid-19 melanda di awal tahun 2020 lalu, kebebasan kita terusik. Dilarang berkumpul, harus menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitaizer, menjaga jarak dengan orang lain meskipun itu anak istri kita sendiri. Keadaan yang sangat menakutkan bagi saya pribadi dan keluarga di rumah. 

Sampai dalam merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dua tahun sebelumnya dengan online. Menyalakan laptop atau gadget, membuka aplikasi zoom, kemudian stay di depan kamera menggunakan busana nuansa merah putih atau pakaian adat dan memasang masker selama upacara bendera via zoom. Sungguh menyedihkan, tapi mau gimana lagi. Demi keselamatan kita dan keluarga di rumah dari serangan virus Covid-19, segala aturan yang dibuat pemerintah harus kita jalankan sebagai warga negara yang baik. 

Sepertinya hujan badai sudah berlalu. Kasus Covid-19 beberapa bulan belakangan ini sudah menurun meskipun di beberapa daerah masih ada peningkatan kasus tapi itu gak terlalu banyak. Vaksinasi dosis pertama, kedua dan booster tengah digencarkan. Sepertinya cahaya terang sudah menyinari ibu pertiwi dengan senyuman lebar bahwa kita semua dalam kondisi baik-baik saja. 

Aturan sudah dilonggarkan, berkumpul sudah diperbolehkan, masker juga sudah boleh dibuka dan buat emak-emak sudah boleh belanja di mall berjam-jam, hehehe. Meskipun tetap kita sadari bahwa Covid-19 masih ada di sekitar kita. Sewaktu-waktu masih bisa mengetuk pintu rumah tanpa kita sadari. So, kita harus tetap menjaga kesehatan. 


Di tahun ini tepatnya tanggal 17 Agustus 2022, Bangsa Indonesia berulang tahun yang ke-77. Pastinya senang dong iya. Apalagi beberapa hari yang lalu, Pak presiden kita sudah membolehkan merayakan kemerdekan Republik Indonesia dengan normal. Kita juga sudah diperbolehkan melaksanakan upacara bendera di sekolah-sekolah, perkantoran dan di kampung kita sendiri. 

Dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki sejumlah agenda kegiatan yang gak boleh dilewatkan. Pada Hari Jumat tanggal 12 Agustus 2022 berlokasi di simpang empat Kantor Gubernur Provinsi NTB dengan melibatkan seluruh ASN lingkup Pemprov NTB dan Pemkot Mataram melaksanakan senam pagi dengan semarak. Menggunakan pakaian nuansa merah putih dengan bendera merah putih di genggaman, seluruh ASN yang datang pagi itu sangat bersemangat. 

Senam pagi dimulai pukul 07.00 WITA. Para instruktur sudah berdiri di atas panggung untuk memandu jalannya senam. Gak hanya dari kalangan ASN saja, siswa SMA/SMK di Kota Mataram juga ikut memeriahkan kegiatan hari itu. Semuanya berbaur menjadi satu dengan semangat yang sama. 

Suasana semakin semarak dengan kehadiran Ibu Wakil Gubernur NTB Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalilah,M.Pd., dan Sekda NTB Drs.H.Lalu Gita Ariadi,M.Si. Gak berapa lama kemudian bergabung Walikota Mataram H.Mohan Roliskana dan Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah,M.Sc ikut senam bersama dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan. 


Setelah senam, pembawa acara mempersilahkan Gubernur NTB, Wakil Gubernur NTB, Sekda NTB dan Walikota Mataram naik ke atas panggung untuk memberikan sepatah dua patah kata dalam menyampaikan sambutan. 

Dari beberapa isi sambutan yang berhasil saya kutip antara lain; Walikota Mataram mengajak masyarakat di daerah untuk menyemarakkan HUT RI ke-77 dengan melakukan kegiatan yang positif. Sedangkan Wakil Gubernur NTB mengatakan dalam sambutannya, kegiatan senam bersama ini seharusnya gak hanya saat hari ini saja, tapi tetap rajin berolahraga di berbagai kesempatan. 

Beda halnya dengan Pak Gubernur NTB dalam memberikan sambutan. Beliau agak sedikit becanda di awal sambutan dengan mengatakan semua yang ikut senam ini akan mati. Termasuk siapa yang pidato yang ada di atas panggung juga pasti akan mati. Kata-kata beliau mengundang tawa seluruh yang hadir saat itu. Beliau berpesan agar anak-anak muda sekarang harus mau berbaris mengibarkan bendera merah putih seperti para pahlawan yang telah gugur saat melawan para penjajah dulu kala. Di akhir sambutan, semua yang hadir mengibarkan bendera merah putih bersama-sama sambil menyanyikan lagu Kebyar-Kebyar ciptaan Gombloh. 

Setelah senam dan diakhiri sambutan, dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Sebanyak 500 pelajar dari 8 SMA di Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram berkumpul di Lapangan Bumi Gora untuk mengikuti Kegiatan Aksi Bergizi. Selain yang hadir secara langsung, kegiatan ini juga dilakukan secara daring oleh 61 sekolah di Provinsi NTB. 

Dari tim Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengajak peserta untuk melakukan kegiatan fisik, mencuci tangan pakai sabun, sarapan dan minum obat tablet tambah darah bersama-sama dengan serentak pada hari itu. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran tentang gizi remaja dan pencegahan anemia dari hulu pada remaja. 

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Wakil Gubernur NTB. Bersama tim Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Wakil Gubernur memberikan semangat sekaligus mengedukasi semua pelajar yang hadir baik langsung maupun daring untuk menjadi Remaja Gemilang, cerdas, ceria dan bebas anemia. Menjaga asupan gizi dengan sarapan yang terpenting. Sarapan juga harus dengan makanan yang sehat dan bergizi. 

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr.H.Lalu Hamzi Fikri,MM.,MARS menyampaikan bahwa Aksi Bergizi ini diintegrasikan dengan model sekolah sehat dengan harapan kegiatan Aksi Bergizi ini dapat diimplementasikan secara kontinyu di sekolah. 


Kegiatan di Jumat pagi saat itu sangat meriah. Terlihat dari para ASN yang hadir. Kita sudah merindukan moment-moment seperti ini. Sudah lama rasanya gak merayakan HUT RI ke-77 dengan masih menerapkan protokol kesehatan. Mencuci tangan pakai sabun itu penting, memakai masker juga sangatlah penting. Terpenting lagi, selalu menjaga pikiran dan hati agar selalu sehat.

Doa kita bersama, Semoga di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 ini negara ini benar-benar merdeka dari segala macam bahaya yang mengancam. Salah satunya kita merdeka dari Virus Covid-19. Semoga kita dalam keadaan sehat semua. 

Dirgahayu Republik Indonesia ke-77 !. "Pulih lebih Cepat Bangkit lebih Kuat"

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

 


Comments

Post a Comment