Sunday, 6 September 2020

Suasana Bersantai di Hawai : Kenza Cafe Lombok


Akhir-akhir ini di Pulau Lombok sedang hangatnya proyek pembangunan Sirkuit Motogp Mandalika. Sudah gak sabar lihat Valentino Rossi dan kawan-kawan ngaspal di lintasan sirkuit jalan raya yang rencananya akan rampung di tahun depan. Semoga gak molor dari waktu yang sudah ditentukan.

Ngebahas tentang Sirkuit Motogp Mandalika, kalian sudah tau kan lokasi sirkuit ini ?. Bagi kita orang Lombok dan sekitarnya pasti sudah tau lokasinya. Yes bener, lokasinya di KEK Mandalika. Tepatnya berdekatan dengan Pantai Seger dan Pantai Kuta Mandalika. Gak kebayang puluhan ribu orang akan datang ke Pulau Lombok untuk menyaksikan balapan Motogp. Pasti sangat ramai. Hotel-hotel akan terisi penuh dan cafe-cafe akan mendapatkan banyak keuntungan. 

Ngomong-ngomong soal cafe, kali ini saya akan ngebahas sebuah cafe yang dekat banget dengan Sirkuit Mandalika, sebut saja namanya Kenza Cafe Lombok. Beberapa hari yang lalu, saya diundang dalam acara KRNK Chef Challenge di KRNK Restaurant. Nah si pemilik KRNK inilah yang punya Kenza Cafe Lombok juga. 

Ceritanya tinggal kalian klik ---> KRNK Chef Challenge

Berawal dari undangan untuk mereview event KRNK Chef Challenge, saya dan seorang teman blogger diajak menikmati makan siang di Kenza Cafe Lombok satu jam sebelum acara dimulai. Lokasi cafenya persis di seberang KRNK Restaurant tempat acara berlangsung.









Salah satu teman blogger juga pernah mereview cafe ini beberapa tahun yang lalu. Infonya gak jauh berbeda dengan apa yang saya lihat ketika datang kesana. Kenza Cafe Lombok mulai dibuka sekitar tahun 2017 lalu. Sempat ngehits dengan penampilan yang cukup unik dari cafe pada umumnya yang ada di sekitar Pantai Kuta Mandalika.\

Berada di pinggir jalan besar menuju Pantai Kuta Mandalika dan Pantai Mawun, cafe ini gak sulit ditemukan. Dari penampakan bangunannya didominasi dengan warna putih dan biru tosca. Dimana cat dinding berwarna putih. Kusen-kusen pintu, jendela dan atap genteng diberi warna biru tosca. Cafe ini sangat eksotik sekali. Saat memasukinya kita dibawa dalam suasana di Hawai, meskipun saya belum pernah ke Hawai langsung. 

Menurut saya meskipun tampilan cafenya cukup sederhana, tapi sangat instagramable banget. Tampilan cafe ini terinspirasi dari warna laut dan langit. Buat kalian yang datang kesini, jangan lupa bawa kamera dan pakai pakaian yang cocok dengan warna cafenya,hehehe. 

Disini saya dan Mbak Bunsal (blogger senior), ngobrol-ngobrol dengan pemilik cafenya yaitu Mrs.Milou dan Mr.Larbi. Tapi berhubung Mr.Larbinya lagi sibuk persiapan KRNK Chef Challenge, so ngobrol sama Mrs.Milou saja. Tanya-tanya tentang Kenza Cafe Lombok di masa pandemi Covid-19. Jadi, cafe ini sempat tutup beberapa bulan akibat wabah pandemi Covid-19. Buka lagi tiga bulan yang lalu sampai sekarang.  

Ngobrol santai bersama Mrs. Milou, gak lupa saya jepret-jepret cafenya. Jujur, saya sangat suka dengan konsep yang diambil. Meja kursi semuanya terbuat dari kayu. Begitu juga dengan tiang-tiang kayu di dalam cafenya. Ada tempat duduk berbentuk sofa tapi dibuat dari batu bata dan semen, kemudian dicat warna putih dan di atasnya diberi bantal-bantal. Kecenya di dalam cafe ada pohon pisang dan tanaman hias lainnya. Semua ruang disini non AC ya. Tapi jangan kecewa dulu, ruangan cafenya adem karena angin pantai masuk ke dalam ruang melalui celah-celah jendela dan pintu yang dibiarkan terbuka. 

Apalagi saat berada di dalam cafe, seperti di luar negeri. Pengunjungnya bule semua kecuali saya dan para karyawannya. Kenza Cafe juga menjual beberapa souvenir lucu-lucu. Ada tas rajutan, boneka penyu, topi pantai bertuliskan "Kenza Cafe", dompet, sabun, aromaterapi dan lain-lain. Soal harga, yang jelas harganya pakai standar bule yaa. 



Untuk daftar menunya, hampir semuanya makanan minuman sehat dan vegan friendly. Bahan-bahan didapat dari produk lokal yang dibeli dari pasar tradisional atau langsung dari petaninya, kemudian dikreasikan oleh para chef profesional menjadi menu yang instagenic dan sehat pastinya. 

Halal gak ?. Setiap saya menulis tentang makanan, pasti ada pertanyaan halal atau gak ?. Menu-menu di Kenza Cafe semuanya halal. Bagi yang suka daging dan makanan nusantara, disini ada Nasi Goreng, Nasi Rendang, Steak, dan Kari Ayam. Soal harga kalau boleh jujur, harganya lagi-lagi standar bule ya. Dibilang mahal atau murah, saya kembalikan ke kalian pembaca setia blog ini. 

Berhubung bahasa Inggris saya agak kurang, saya langsung menanyakan menu yang rekommended dan sering dipesan oleh pengunjung disini. Males banget baca daftar menu full dari atas sampai bawah, depan belakang. Semuanya bahasa Wong Londo, jadi sudah bingung duluan. Ada sih beberapa menu yang familiar dan sering saya temukan, tapi kali ini saya ingin mencoba menu yang berbeda dari biasanya. Mumpung gratis juga hehehe...peace. 


Mermaid Kiss

Untuk makanannya saya ingin mencoba menu yang berbau bule dulu. Saya memesan Mermaid Kiss, ini rekomendasi dari pelayannya. Katanya ini menu enak banget dan seger. Berhubung masih kenyang dan males makan makanan berat, jadi saya memilih menu ini. 

Mermaid Kiss termasuk ke dalam Smoothie Bowls. Kalian tau kan Smoothie Bowls ?. Makanan satu ini merupakan makanan sehat dan cocok bagi kita yang sedang program menurunkan berat badan. Biasanya terbuat dari sayur dan buah-buahan. Mermaid Kiss terdiri dari buah naga yang dicampur dengan potongan buah pisang, buah nanas, semangka, almond, parutan kelapa dan biji selasih. Mirip seperti kita makan bubur buah naga. Enak banget dan seger. 

Saya juga merekomendasikan buat kalian yang lagi diet dan kebetulan datang kesini, wajib dicoba menu satu ini. Soal harga satu porsi Mermaid Kiss dibanderol harga 60K (60 ribu). Lagi-lagi harganya bule banget tapi kalau dilihat dari ukurannya sangat memuaskan. 


Tumeric Scrambled Tofu

Menu satu ini dipesan sama Mbak Bunsal (blogger senior). Saya bilang ini seperti cemilan yang dimana ada roti bakar yang diatasnya ditaburi sayur bayam, jamur, kelapa parut dan minyak sayur. Khas dari menu ini yaitu aroma kunyitnya sangat kental sekali. Perpaduan bumbunya juga pas. Ukuran rasa lumayan cocok di lidah kita orang Indonesia. 

Tumeric Scrambled Tofu merupakan menu baru yang ada di Kenza Cafe Lombok. Dari tampilan juga sangat instagenic banget. Dijamin sehat dan no micin. Untuk harga, satu porsinya diberi harga 40K. Buat kalian doyan makan jamur, bisa memesan menu satu ini. 


Dusty Diamonds

Untuk minumannya saya memesan dua macam menu. Pertama, Dusty Diamonds. Entah kenapa dinamakan nama itu yang jelas rasanya seger. Awalnya saya kira ini jus buah naga, ternyata bukan. Dusty Diamonds terbuat dari campuran buah beet, wortel, jahe, buah berry, flax seeds, dan rosemerry yang dimix menjadi satu. Dihidangkan dalam sebuah gelas berukuran sedang dengan pipet bambu menambah kesan instagenic. Harganya lumayan terjangkau yaitu 30K saja. 


Silver Monkey

Nah ini dia minuman favorit saya. Kebetulan saya suka dengan pisang dan susu kedelai, jadi saya langsung memesan minuman ini. Minuman satu ini mirip seperti jus. Terbuat dari campuran pisang, selai kacang dan susu kedelai. Enak banget guys. Wajib kalian coba. Kalau saya datang kesini lagi, saya akan memesan minuman sehat ini lagi. Satu gelas Silver Monkey diberi harga 40K. 


Masih banyak menu-menu sehat lainnya yang belum sempat saya coba. Bila kalian sedang di kawasan Kuta Mandalika dan mencari menu sehat, bisa datang ke Kenza Cafe Lombok. 

Menikmati makan siang di Kenza Cafe Lombok menambah daftar menu makanan yang pernah saya makan, sehat pula. Sebelum balik ke Kota Mataram, gak lupa fotoan dengan abang tampan satu ini "Bang Adit", seorang foodies dan penulis di beberapa media. Sambilan ngebahas bisnis kecil-kecilan juga, hehehe. 

Terimakasi Kenza Cafe LOmbok atas jamuannya !. Jangan kapok ngundang saya lagi yaa, hehehe.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

10 comments:

  1. Replies
    1. Tgl 13 Sept bsok ada kegiatan bersih2 pantai yg diadakan sama Kenza Cafe

      Delete
  2. mantap nih cafe masih bisa bertahan sampai sekarang... gimana kondisi kuta? bule bulenya masih banyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bule sudah lumayan sedikit,hehe. Masih sepi mas broo.

      Delete
  3. Duuhh jd penasaran sama rasanya 😄 #coleksuami hhahha

    ReplyDelete
  4. Bagus euy kafenya, beberapa kali lewat sana tapi belum sempat mampir icip-icip. Kapan-kapan deh ke sana, setidaknya udah tahu nih ada menu apa aja~

    ReplyDelete
  5. Halo Mas Lazwardy apa kabar? Wah beneran nih restonya sederhana ya tapi bagus desain interiornya. Homey gitu deh jadi betah berlaam2 di sini. Dari foto2nya aja kelihatan enak tuh makanan dan minumannya. Semoga kalau nanti aku ke Lombok lagi bisa mampir ke sini aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, kabar baik Mbak Nurul. Dsana apa kabar jg ?. Mantaap.. Iya mbak, suasana cafenya unik n yg punya jg ramah.

      Delete