Saturday, 26 October 2019

Ada yang Baru di Narmada Botanic Garden


Alhamdulillah presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang baru sudah dilantik. Ditambah lagi para menteri juga sudah dilantik. Ada wajah baru dan ada wajah lama dalam susunan kabinet yang sudah dipilih oleh Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin. Selamat buat Indonesia !. Semoga negeri ini semakin baik dan kece. Dari masalah BPJS yang belum kelar urusannya. Belum lagi masalah korupsi yang masih merajalela. Tapi baiknya, pariwisata kita semakin maju dan terus terbang tinggi ke angkasa. Semoga para menteri,khususnya menteri pariwisata yang baru semakin kece dan membuat Indonesia semakin dikenal oleh dunia. Ah, jadi ngomongin politik nih. 

Btw, ngomongin pariwisata Indonesia khususnya Pulau Lombok, ada tempat hunting baru gak jauh dari Kota Mataram. Lokasinya di daerah Narmada, persisnya di sekitar Taman Narmada, Lombok Barat. Saya beberapa kali menulis artikel tentang tempat ini, tapi dengan cerita yang berbeda. Bedanya dimana, yuuk simak terus cerita saya bareng istri saat berkunjung ke Narmada Botanic Garden. 

Bisa baca artikel ini sebelum lanjut : Narmada Botanic Garden









Kebun Binatang Mini

Sabtu, dimana hari itu hari bersantai, ngumpul dan jalan-jalan bareng keluarga. Kebetulan saya bareng istri sedang mencari tempat hunting-hunting. Sudah lama gak hunting foto bareng si doi. Berhubung si doi sedang hamil memasuki bulan keenam, saya gak berani ngajakin ke yang terlalu jauh. Kami pilihlah Narmada Botanic Garden tempat yang cocok buat hunting. Alasannya, disana banyak bunga, tanaman dan tempatnya instagramable banget. 

Berangkat dari rumah jam setengah delapan pagi menggunakan si blue (Nmax kesayangan). Sepanjang perjalanan gak terlalu banyak menemukan kemacetan. Namanya Lombok, gak sama seperti di kota-kota besar yang macetnya bikin emosi dan bisa-bisa kita berubah jadi Joker. Hanya saja satu hal yang buat kita cukup bersabar, cuaca panas yang dilanda Pulau Lombok beberapa bulan ini. Gak hanya Lombok saja, tapi hampir seluruh wilayah di Indonesia mengalami kemarau panjang. Yang kita rasakan tiap hari gak lain kepanasan dan kepanasan. 

Sesampainya di lokasi parkiran, lanjut bayar tiket masuk sebesar 5 ribu per orang. Tampak depan, gak ada yang berubah dari tempat ini. Hanya saja saat memasuki area taman, saya melihat ada beberapa torii yang dibangun. Di dalam cerita Taman Jinja Karangasem,Bali , saya pernah membahas tentang torii sendiri. 

Di sebelah timur, sudah dibuka untuk umum kolam renang dan kebun binatang mini gitu. So, gak hanya menikmati udara yang sejuk, berbagai macam tanaman seperti bunga matahari yang menjadi ikon dari taman ini. Tapi kita bisa melakukan aktivitas lainnya seperti berenang dan berkeliling di kebun binatang mininya. Cukup membayar tiket tambahan untuk masuk sebesar 5 ribu untuk anak-anak dan 10 ribu untuk orang dewasa. Biaya itu sudah termasuk berenang dan berkenalan dengan berbagai macam binatang yang ada disana. 

Asyiknya disini, kita bisa melihat kelelawar sedang tidur, musang, berbagai jenis burung salah satunya burung gelatik, love bird, merpati yang gak pernah ingkar janji, pasukan ikan koi, si imut (kelinci) dan masih banyak lagi binatang lainnya. Mohon maaf untuk mencari buaya atau reptil lainnya, gak ada disini. Kalau buaya darat dan ular berbisa mungkin ada disini, hahahahaha. Untuk wahana kolam renang dan kebun binatang mininya, dibuka dari jam delapan pagi sampai jam enam sore (informasi dari petugasnya).










Kolam Renang 

Untuk kolam renangnya menurut saya lumayan bisa dinikmati. Karena ini bukan kolam renang hotel, hanya kolam renang umum saja, jadi gak terlalu banyak ekspektasi berlebih. Kolam renangnya bersih dan buat nyaman. Baru dibuka beberapa bulan yang lalu, jadi belum banyak yang mengetahui kolam renang ini. 

Memiliki tiga kolam renang, dua kolam untuk anak-anak dengan kedalaman sepaha orang dewasa. Sedangkan yang kolam utama memiliki kedalaman 1,2 meter. Jelas ini untuk kolam renang dewasa. Dilengkapi dengan pancuran yang berada di area kolam renang anak-anak. Suasana di area kolam renang sangat nyaman. Dilengkapi dengan tempat bilas dan kamar ganti yang cukup nyaman. Pelayanannya juga cukup memuaskan. 

Kerennya lagi disini area cafenya cukup bersih dan sederhana. Banyak meja dan kursi yang tersedia. Pesan makanan dan minuman, gak perlu nunggu lama. Secara keseluruhan pelayanannya sangat memuaskan. 

Setelah bayar tiket masuk, kami berdua mencoba untuk menikmati fasilitas yang ada. Melihat-lihat berbagai macam binatang yang ada. Si doi sangat senang diajak ke tempat seperti ini. Dapat cuci mata, maksudnya buka cuci mata liat cewek atau cowok cakep. Tapi cuci mata liat si imut (kelinci), kawanan burung gelatik dan si doi paling suka dengan love bird. 

Setelah berkeliling, saya langsung berganti pakaian untuk berenang. Kebetulan kolam renangnya masih sepi. Belum banyak pengunjung yang datang. Lumayanlah di tengah cuaca panas, bisa berendam dulu disini. Sayangnya si doi gak bisa ikut gabung karena lagi gak enak badan. So, jadi saya sendirian yang renang kesana-kemari, buat gelombang besar. Airnya cukup seger tapi gak dingin-dingin amat. Cukuplah untuk menghilangkan rasa gerah di badan. 

Lucunya, gak berlangsung lama merasa kolam renang milik sendiri. Datanglah serombongan anak-anak tk bareng orang tua masing-masing. Gak menunggu lama, mereka langsung ikut gabung bareng saya berenang disini. Jadilah saya berenang dengan anak-anak tk, hahaha (jangan ikut ketawa). 

Kalian tau sendiri rasanya di kolam renang banyak anak-anak kecilnya. Apalagi diliat sama orang tua masing-masing. Merasa seperti balik ke masa kecil dulu. Tapi setelah sadar, ada yang sedikit aneh. Di kolam yang sama, saya bareng mereka dan ditonton oleh emak-emak eksis. So, gak lama kemudian, saya naik dan berhenti berenang. 



Habis renang, laperpun tiba (kayak judul buku). Disini banyak menu yang bisa kalian pilih. Ada nasi goreng, sate bulayak, mie goreng, roti bakar, aneka cemilan dan minuman dingin hangat. Menu sederhana ala warung kopi. Harganya pun lumayan murah lhoo.

Saya memesan Nasi Goreng saja hargaya hanya 10 ribu. Soal rasa, menurut saya cukup enak dan mengenyangkan. Ada ebi, telur dadar, porsi nasi gorengnya yang banyak dan bumbunya yang pas. Gak menghabiskan waktu yang lama, seporsi nasi goreng ludes termakan semua. 

Si doi memesan Sate Bulayak. Kalian sudah tau kan makanan khas Lombok ini. Sate daging sapi dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Dimakan bersama bulayak, olahan nasi seperti ketupat atau lontong yang dibungkus dengan daun kelapa. Rasanya cukup enak dan harganya 20 ribu per porsi. Relatif murah meriah. 




Keliling area kebun binatang mini sudah, renang dan makan-makan juga sudah. Tapi ada yang kurang. Sebelum pulang, kami berdua menyempatkan foto-foto di area torii. Disini toriinya tergolong masih baru dibuat. Sudah cukup banyak foto-foto keren pengunjung di torii ini lengkap dengan pakaian ala Jepang yang bisa disewa disini.

Sayangnya, kami belum sempat mencoba pakai pakaian khas Jepang dan difoto disini. Jadinya foto-foto sendiri dulu. Kebetulan bawa kamera dslr sendiri juga. Menurut informasi, kalau mau difoto disini menggunakan pakaian khas Jepang, cukup mengeluarkan uang 50 ribu saja. Jadi paling asyik, datang kesini bareng pasangan dan keluarga. Kapan-kapan pengen nyobain difoto disini,hehehe. 

Setelah puas foto-foto, kami berdua pulang dengan membawa rasa senang. Senangnya masih diberi kenikmatan sehat dan rezeki cukup, sehingga bisa datang ke Narmada Botanic Garden bareng pasangan halal. 

Over all, pelayanannya cukup memuaskan. Gak ada yang sempurna, sempurna hanya milik Allah SWT. Pasti ada beberapa point yang perlu diperbaiki lagi dan dikembangin menjadi lebih baik lagi. 

Gimana, kalian tertarik ke Narmada Botanic Garden ?. Waktu paling tepat datang kesini yaitu pagi dan sore hari.  Buka dari jam delapan pagi sampai enam sore.

Happy Weekend !!!

Penulis : Lazwardy Perdana Putra



16 comments:

  1. Waaah udah banyak berubah ya. Terakhir saya kesana kolam renangnya masih under construction

    ReplyDelete
  2. weh lengkap ya ada kolam renang dan kebun binatang nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg kurang, kolam pemancingan dan penangkaran kupu2 hahaha

      Delete
  3. NiceπŸ€— suka bgt kesana kemarin, setidaknya skrg Lombok punya tempat rekreasi yg ckup lengkap dgn harga terjangkau.

    ReplyDelete
  4. Tempatnya asik banget ya Mba untuk liburan bareng keluargaaa.

    ReplyDelete
  5. Tempat ini cocok banget buat rekreasi keluarga yak. Mulai dari edukasi hingga tempat bermain lengkap di sini. Harga makanan mahal nggak di sini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga makanan terjangkau. Harga makanan kantin mas :)

      Delete
  6. Tempatnya baru ya mas?. Btw cara pengambilan fotonya di taman bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempatny sudah setahun dibuka. Ya disini spot2 fotonya keren2

      Delete
  7. Wah Lombok makin seru nih mas. Keren...

    ReplyDelete
  8. Tempat wisata yang sudah pasti disukai anak-anak kalo kaya gini, ada hewannya ada kolam renangnya

    ReplyDelete