Esany Gallery : Gallery Nuansa Etnik Lombok


Di awal tahun ini, cuaca lagi kurang bersahabat. Berangkat kerja (hujan), pulang kerja (macet dan hujan), pergi kencan (hujan meneh), putus sama pacar (dapet hujan buatan) itu mah beda, kagak penting. Mau kemana-mana kita berpikir seribu kali buat jalan-jalan atau makan di luar bareng gebetan atau keluarga karena langit selalu mendung. Ada pepatah "Mendung Tak Berarti Hujan". Tapi buat akhir-akhir ini mendung selalu hujan bahkan sepanjang hari hujan terus. Sabar Mas Sabar, hehehe.

Berhubung bulan ini banyak sekali ajakan makan-makan, saya ditugaskan untuk nyari tempat nongkrong sekaligus makan-makan yang asyik. Kebetulan juga ada yang lagi ulang tahun, tau siapa ?. Hari lahirnya Mbak Luh ke dunia ini, hehehe. 

Yang namanya orang ulang tahun, pasti ada acara traktiran yakni makan-makan. "Enaknya kemana nih ?", tanya Mbak Luh ke saya. Buka-buka Google Maps. Cari tempat nongkrong yang aman dari hujan dan gak jauh-jauh amat. Ada dua tempat yang jadi pilihan, tapi kami memilih tempat nongkrong yang agak berbeda dari tempat lain yang sudah kami datangi. So.. kami memilih Esany Gallery. 

Esany Gallery, ini tempat makan atau sebuah gallery ?. Nah, kebetulan ada pertanyaan itu dari salah satu teman. Saya langsung nyari informasi di google. Ternyata tempatnya oke punya. Dibilang kece, ini kece habis. 








Esany Gallery merupakan sebuah gallery pusat mutiara dan restaurant. Terlihat dari tampak luar bangunan, tempatnya elit. Halaman yang sangat luas sekali dan dikelilingi oleh beberapa bangunan etnik Pulau Lombok. Kenapa saya ambil judul "Gallery Nuansa Etnik Lombok" karena dari bentuk bangunannya mengadopsi dari arsitektur bangunan etnik khas Pulau Lombok yaitu berbentuk lumbung. 

Berlokasi di Jalan Pariwisata No.8, Montong Buwuh, Senggigi dan sudah empat tahun buka. Dari salah satu karyawan gallery ini yang berhasil saya tanya-tanya. Gallery ini banyak sekali didatangi oleh para tamu domestik dan mancanegara yang memakai jasa travel agent. Biasanya mereka menggunakan bus-bus pariwisata. Biasanya juga ada kerjasama antara pemilik gallery dan travel agent bersangkutan. 

Gimana kalau yang gak pakai jasa travel agent, boleh masuk gak?. Boleh sekali, seperti kami kan bisa masuk untuk makan-makan di restaurantnya. Jadi ini gallery dibuka untuk umum, siapa saja boleh berkunjung. Asalkan datang makan, beli mutiara atau berbelanja.

Berbicara soal restaurantnya, kami datang bertiga. Biasa tiga serangkai yang lagi kena Food Travelers Jaman Now Syndrome yaitu demam jalan sambil makan-makan,hehehe. Di sebelah timur area gallery, ada sebuah restaurant yang menjadi perhatian kami. Awalnya lihat di google, tempatnya menarik sekali. Informasi ini juga saya dapat dari Mbak Luh sendiri. 

Memiliki banyak sekali pilihan tempat duduk. Ada di indoor dan outdoor. Ada juga tempat lesehan berupa berugaq (semi rumah khas Pulau Lombok). Untuk spot fotoan ala model jaman now atau old juga ada. Tinggal pilih mau difoto di posisi dimana. Tempatnya sangat nyaman dan bernuansa tradisional. Lebih jelasnya bisa kalian lihat foto-foto di atas. 




Selain resturant, di sisi sebelah barat juga ada sebuah pusat oleh-oleh yaitu pakaiaan. Saya melihat beberapa kain khas Pulau Lombok ada dijual disini, kain songket, rangrang, dan kain tenun. Harganya bervariasi, dari yang sedang sampai yang mahal. Selain kain ada juga baju-baju kaos Lombok bertuliskan Esany Gallery di bagian punggung. Topi, kain pantai dan asessoris khas Pulau Lombok lainnya juga ada disini. Cukup lengkap yang saya lihat.

Sedangkan disisi sebelah utara, ada gallery mutiara. Sayang sekali, saya gak sempat masuk ke dalam gallerynya karena makanan yang kami pesan sudah datang. Lain kali kalau datang kesini lagi, pasti saya masuk ke gallery mutiaranya. Siapa tau nanti ada bawa tamu,hehehehe #Ngarep.

Bisa dibilang fasilitas Esany Gallery cukup lengkap, ada juga ruang pertemuan yang bisa disewakan untuk yang ingin mengadakan sebuah acara atau event. Soal harga, bisa tanyakan langsung ke bagian marketingnya,hehehe. Bagi yang punya anak, ada beberapa mainan yang bisa digunakan biar anak kalian gak rewel dan gak cepet minta pulang (biasanya sih anak-anak gitu kelakuannya). 





Bahas restaurantnya, pasti gak lengkap kalau gak membahas menu-menu apa saja yang kami pesan. Berhubung belum makan siang, kami memesan makanan berat semua yaitu Nasi Goreng Ayam dan SeaFood. Jauh-jauh datang kesini, eh nyarinya nasi goreng. Namanya kita orang Indonesia, gak makan namanya kalau gak makan nasi. Bener kan ?.

Saya ingin mencoba cita rasa dari nasi goreng disini. Penasaran gimana rasanya ?, saya juga penasaran. Nasi goreng yang saya pesan yaitu Nasi Goreng Seafood. Penampilannya sih sederhana, tapi saat disuapan pertama,nyaam nyaaam nyaaam. Nasi gorengnya lumayan enak. Perpaduan bumbunya pas dilidah, gak kurang dan gak lebaay. Porsinya juga lumayan banyak untuk kapasitas perut saya. 

Untuk minumannya saya memesan Smothis Strauberry. Ada sodanya, sirup strauberry yang asem manis. Seger banget. Rekommended buat dicoba. Untuk cemilannya, kami memesan Salad Buah khusus buat yang ulang tahun, lagi diet katanya,hehehe.

Soal harga sangat terjangkau, apalagi ditraktir lebih terjangkau lagi. Makasi Mbak Luh sudah traktir kami berdua, saya and Mas Junk. Selamat Ulang Tahun ke-4?. Semoga sehat selalu, murah rezeki, sukses karirnya, bahagia, dan selalu kompak dengan kita-kita. Amiiin. 

Ditunggu traktirannya selanjutnya... #TungguGajian hehehehe



Penulis : Lazwardy Perdana Putra
google.com

Comments

  1. Salad buahnya seger banget kayaknya.. Happy birthday buat yg traktir mas didit. Saya kapan ditraktir, syukuran domain barunya mas wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhe.. Tunggu google adsense sya balik dulu.. Insyaallah nanti. Amiin hehehe

      Delete
  2. Tempatnya bagus yaa dan bakal bikin tamu lebih betah di sana, menu yang dijual juga ada yang paketan, jadi lebih murah kalau makan ramai-ramai

    ReplyDelete

Post a Comment