Pengalaman Terbang Bersama Traveloka App


Setiap orang pasti mendambakan yang namanya liburan. Istirahat sejenak dari kesibukan pekerjaan dan menghabiskan waktu bersama keluarga, kekasih atau sahabat. Namanya liburan, bisa ngumpul di rumah bersama keluarga atau bepergian ke tempat-tempat kece.

Jangan jauh-jauh deh mikirin liburan ke luar negeri, destinasi di Indonesia sangat banyak untuk kita explore. Bagi yang suka dengan alam, ada ratusan tempat kece yang bisa didatangi, sedangkan yang suka jalan-jalan di dalam kota, bisa mengunjungi gedung-gedung bersejarah atau pusat perbelanjaan terhits di masing-masing kota (bagi yang doyan shooping pasti paham). 

Banyak sekali tempat di Indonesia yang bisa kita datangi. Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman traveling saya sendiri dengan menggunakan Traveloka App. Hampir semua orang sudah mengetahui Traveloka. Sudah sering keluar di iklan beberapa chanel tv nasional. Sebuah aplikasi yang menawarkan kita untuk memesan tiket pesawat, kereta api, dan hotel melalui online. Traveloka juga saat ini lagi melebarkan sayapnya menjadi sponsor kompetesi tertinggi sepakbola kita yaitu Liga 1 Indonesia. Bukan promosi lhoo ya !!!. Sekali lagi, saya ingin berbagi pengalaman saya kepada teman-teman dalam menggunakan aplikasi ini. 


Beberapa hari yang lalu saya memesan tiket pesawat menggunakan Traveloka App. Kebetulan penerbangan dari Lombok menuju beberapa kota saat itu lagi murah. Awalnya sempat ragu memesan tiket melalui aplikasi ini karena belum pernah sama sekali soalnya. Tapi setelah mendownload aplikasinya di Google Play Store. Kemudian saya mendaftar menjadi member (bisa dicek sendiri dengan sign up ke aplikasinya), setelah itu saya mencoba mengecek penerbangan hari keberangkatan saya. Ada beberapa penerbangan yang cukup murah. Saya memesan tiket buat satu orang yaitu saya sendiri. Ternyata gak seribet yang saya pikir sebelumnya.

Lanjut.... !!!

Setelah mengklik tombol pesan, muncul kolom yang harus diisi yaitu nama penumpang. Nama penumpang disini harus lengkap sesuai dengan nama yang tercantum di E-KTP. Selanjutnya setelah identitas ditulis, muncul kolom pilihan jenis pembayaran. Di Traveloka App, ada beberapa jenis pembayaran. Bisa melalui E-Banking, ATM atau Indomaret dan Alfamart. Pilih salah satu jenis pembayaran. Saat itu saya memilih melakukan transaksi pembayaran melalui Indomaret karena jaraknya dekat sama rumah dan gak ada ATM bank yang diminta

Setelah melakukan transaksi pembayaran, kita mendapatkan kiriman email dari Traveloka App. Disana terkirim E-Tiket kita yang sudah siap didownload. E-Tiket ini yang menjadi bukti kita saat melakukan check-in. Sangat mudah bukan ?


Keuntungan yang bisa kita dapat memesan tiket pesawat melalui Traveloka App antara lain lebih mudah, murah dan cepat. Ada lagi keasyikan menjadi member Traveloka App yaitu kita bisa mengumpulkan point demi point setiap kita melakukan pemesanan baik pesawat, kereta api atau hotel. Jumlah point yang didapat tergantung tujuan kita. Pastinya dari informasi yang saya baca, jumlah point saat kita memesan hotel jauh lebih besar dibandingkan memesan penerbangan atau kereta api. Point akan bertambah seminggu setelah kita melakukan transaksi. 

Kenapa gak dari dulu saja saya memesan tiket melalui Traveloka App yaak ?, kan kalau sudah terkumpul point yang diminta, saya kan bisa terbang kemana saja dengan gratis atau menginap gratis.(ada penyesalan sedikit). Perlu diingat, point yang sudah kita kumpulkan hanya berlaku satu tahun saja. Jadi sangat disayangkan bila kita gak menggunakan kesempatan yang ada. Bagi yang sering menggunakan Traveloka App, dicek lagi jumlah point yang sudah terkumpul, siapa tau bisa liburan gratis.hehehehe. 

***
Setelah segala proses pemesanan tiket pesawat sudah selesai dan E-Tiket sudah diterima, saya bersiap-siap untuk berangkat. Tujuan saya kali ini yaitu Kota Surabaya. Menggunakan maskapai penerbangan langganan keluarga yaitu Lion Air. Kemana-mana pasti menggunakan maskapai Lion Air. Disamping banyak rute penerbangannya, harga tiketnya juga murah (disesuaikan dengan hari keberangkatan).




Saya memilih terbang bersama Si Singa Merah (Lion Air) dengan penerbangan sore hari dari Lombok International Airport (LIA) menuju Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Cuaca sore ini cukup cerah berawan. Sesampai di bandara (LIA), saya segera melakukan check-in dulu. Setelah check-in beres, saya segera menuju ruang tunggu penumpang melalui pintu penjagaan yang sangat ketat. Sejauh ini perjalanan cukup lancar. Gak lama menunggu, pesawat yang ditunggu-tunggu sudah tiba dan suara pemberitahuan bagi penumpang yang menuju Surabaya menggunakan maskapai Lion Air segera menuju ke pesawat (boarding time). 

Maskapai yang katanya sering delayed ini, ternyata hari demi hari melakukan perbaikan. Buktinya beberapa kali saya menggunakan maskapai ini, selalu tepat waktu. Gak seperti dulu saat saya masih kuliah, pulang liburan menggunakan maskapai ini. Good Job !!!






Berjalan menuju pintu masuk ke dalam kabin pesawat melalui lorong Gate 1. Melihat para penumpang yang sedang berfoto-foto eksis. Terlihat bahwa mereka adalah tamu yang habis liburan di Pulau Lombok. Saya gak mau kalah dong, segera saya mengeluarkan kamera xiaomi yi kesayangan. Kebetulan juga cuaca di sekitaran Lombok International Airport sangat cerah. Kece pemandangannya. 

Saat memasuki kabin pesawat, gak lupa para pramugari yang berdiri untuk menyapa penumpang, saya senyumin. Itu sudah rutinitas saya bila naik pesawat (hahahhaha...modus). Saya duduk persis di samping jendela yaitu di kursi nomor 2A. Asyiknya lagi, deretan kursi saya gak ada penumpang lainnya, jadi bisa foto eksis alay. Gak lama, pesawat pun segera lepas landas. 







Berada di atas awan, melihat birunya laut serta kokohnya Gunung Agung yang berada di Pulau Bali yang saat ini sedang terbangun dari tidurnya. Kita doakan semoga saudara-saudara kita di Pulau Bali diberi keselamatan, kesehatan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini, Amiin.

Melihat matahari yang akan tenggelam dari jendela pesawat, menambah suasana saat itu menjadi syahdu. Gak sabar rasanya cepat-cepat mendarat di Surabaya untuk bertemu dengan si doi yang cukup lama gak bertemu. Semoga dia sehat-sehat selalu dan selalu tersenyum, Amiin.

Penerbangan Lombok - Surabaya ditempuh dengan waktu satu jam lima menit. Penerbangan yang paling kece menurut saya. Bagi yang belum mencoba menggunakan Traveloka App untuk memesan tiket pesawat, kereta api atau hotel, dicoba saja. Dijamin gak bakalan nyesel, malah pengen sering-sering demi mengumpulkan pointnya biar bisa traveling gratis bersama Traveloka App. Bisa menggunakan handphone android dan IOS biar lebih mudah dan kece lagi. Selamat berlibur bersama Traveloka App.

Ditunggu cerita saya selanjutnya di Kota Surabaya...! 

Catatan : Mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penulisan. Terimakasi :)

Penulis : Lazwardy Perdana Putra
google.com

Comments

  1. Saya ikut berkhayal aja... jangan kan pesawat terbang... kapal laut aja isi perut ludes semua... huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kereta api ato mobil angkot gak dong ya?? Hehehe

      Delete
  2. Mas Lazwardy bisa tau Traveloka dan pengen nyobain karena apa mas? Iklan di Tv atau baca blog orang? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalny liat tmen yg pesen tiket lewat Traveloka, tp pas itu gak brminat.. Stelah liat promo2ny, jd nyoba2 download n akhirnya ketagihan jg hehehehe

      Delete

Post a Comment