Saturday 16 September 2017

Berburu Kuliner di Festival Kuliner Lombok Sumbawa 2017 : Islamic Center Lombok


Berbicara tentang kuliner, Hari Jumat kemarin bertepatan tanggal 15 September 2017, telah diselenggarakan event Festinal Kuliner Lombok Sumbawa bertempat di halaman parkir depan Islamic Center Lombok (Masjid Hubbul Wathan). 

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian sebulan penuh Bulan Pesona Lombok Sumbawa yang dimulai dari tanggal 18 Agustus - 16 September 2017. Hari demi hari, di berbagai tempat baik di Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa telah dilaksanakan berbagai macam kegiatan di bidang pariwisata. Salah satunya dipenghujung kegiatan ini yaitu Festival Kuliner Lombok Sumbawa 2017.

Apa saja keseruan dari event ini ? Yuuk, baca terus sampai selesai !


Kebetulan saya dan para blogger lainnya diundang oleh temen-temen Genpi Lombok Sumbawa untuk menghadiri event satu tahun sekali ini. Namanya kalau sudah berkaitan dengan kuliner, saya gak mikir dua kali untuk menolaknya,hehehehe. 

Acara ini dimulai dari pagi hari dan bukan hari libur, jadi saya datangnya sepulang kerja, sore hari. Sedikit curhat, selama acara Bulan Pesona Lombok Sumbawa, baru kali ini saya ikut berpartisipasi langsung. Kesibukan sama profesi kerjaan yang membuat saya gak pernah ikut, dimaafkan yaa, hehehe. 

Untuk kali ini saya gak menolak undangan dari temen-temen Genpi Lombok Sumbawa. Berhubung sudah mengenal dekat sama mereka meskipun kebanyakan lewat medsos, jadi gak sabar rasanya bertemu dengan mereka sambil berburu kuliner. Apa saja kuliner yang ada di acara ini ? 





Ada puluhan stand yang terdapat di halaman parkir depan Islamic Center Lombok. Setiap stand menjajakan jenis-jenis kuliner khas dari Lombok dan Sumbawa. Makanan ini bukannya dijual tapi para pengunjung bisa menikmatinya dengan gratis. Untuk membuat suasana menjadi tertib, setiap pengunjung bisa mengambil kupon yang bertuliskan nama makanan dan minuman yang ada di stand Genpi Lombok Sumbawa.

Jadi para pengunjung yang sudah mendapatkan kupon jajanan gratis, bisa menukarnya di stand yang sesuai dengan nama jajanan di kertas kupon. Antusias pengunjung yang luar biasa, membuat kupon yang tersedia cepat habis. Antrian yang panjang membuat saya enggan untuk mengantri juga. Syukurnya karena undangan, saya mendapat kupon yang sudah disediakan oleh temen-temen Genpi. Asyiik.. bisa milih mau makan apa. 

Sebenarnya saya lagi pengen makan Singang yang merupakan masakan khas Sumbawa Besar. Singang itu mirip dengan ikan kuah bumbu kuning. Setiap saya ke Sumbawa Besar, pasti mencari rumah makan yang ada menyediakan Singang, enak banget. Berhubung sudah habis dan menunggu malam hari untuk mendapatkan yang namanya Singang, jadi saya mencari jajanan yang lainnya saja. 



foto Banteng Ngangak : berbagifun.com 

foto Nasi Puyung : berbagifun.com 

 foto Sate Bulayak : berbagifun.com


Berhubung kesempatan makan Singang sudah hilang, saya mencari menu kuliner lainnya yang gak kalah lezat dari si Singang. Muter sana, muter sini akhirnya saya menemukan menu favorit juga, namanya Sate Bulayak. Gak mikir dua kali, saya langsung menukarkan kupon Sate Bulayak ke pedagang. Akhirnya, menu pertama dapat juga. Lanjut berburu ke menu selanjutnya.

Kali ini saya bertemu dengan salah satu blogger kece juga yang hobi jalan dan kuliner, namanya Mas Irwan (seorang pegawai pajak). Mas Irwan atau disapa Mas Ir ini penulis blog berbagifun.com yang isinya jalan-jalan dan makan-makan bareng istri dan anaknya, begitu kan mas ? hehehehe. 

Kalo saya dapat Sate Bulayak, sedangkan Mas Ir dapat Banteng Ngangak dan Nasi Puyung. Lhaa, jenis makanan apaan tuh Banteng Ngangak ? Kami berdua ngebahas tentang Banteng Ngangak ini. Dari penjelasan Mas Ir yang dijelaskan sama si pedagang, Banteng Ngangak ini adalah sebuah masakan khas dari Lombok Timur yang rasanya pedas sekali. Bila kita makan, mulut kita langsung ngangak (membuka lebar-lebar). Sayur kuah santan isi terong dan cabai hijau kecil. Masakan yang asing di telinga dan baru saya temuin disini. 




Sambil menikmati makanan yang sudah didapat, di panggung utama lagi ada demo masak dari Chef Sisca Soewitomo. Kalo gak salah Ibu Sisca ini sejak kecil pernah tinggal di Kota Mataram karena bapak beliau bertugas di Bea Cukai Kota Mataram. Jadi beliau gak asing dengan Pulau Lombok dan di acara demo masak, ada beberapa teman sekolah beliau yang ikut hadir sambil reunian gitu, hehehehe.

Sejak kecil saya sering melihat beliau hadir di layar televisi saat mengisi acara masak-masak saat itu di salah satu stasiun televisi swasta. Di tahun 90an, beliau eksis di dunia televisi dan kuliner sampai sekarang. Selain jenis kue-kue, beliau juga memasak menu utama yaitu bebalung. Sempat nonton sebentar demo masaknya, tapi gak sampai habis karena asyik menikmati makanan dan ngobrol-ngobrol bareng Mas Ir. 

Selain membuat perut kenyang, event ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan berbagai macam jenis kuliner yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini ke seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Maju Terus Kuliner Khas Nusa Tenggara Barat ! Amiiin. 

Buat temen-temen Genpi Lombok Sumbawa, Terimakasi atas undangannya ! hehehe.

Ingaattt... Dimanapun Kita Berada, Habis Makan, Jangan Lupa Sampahnya Dibuang di Tempat Sampah yang Sudah Disediakan !!!

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

5 comments:

  1. Huhu keren. Saya juga hadir, tapi kita ngak sempat ketemu ya bang. Ah, mudahan bisa ketemu lain kesempatan

    ReplyDelete
  2. Rame soalny kmarin n sibuk dgn kameranya masing2..hehehehe Oke, nanti qta foto2 bareng d event lainnya hehehehe

    ReplyDelete
  3. wah ada akuuuuu, heuheuheu
    sayang sekali sampai sana, makanan udah ludessss

    ReplyDelete