Pesona Air Terjun Ai Kalela, Jereweh, Sumbawa Barat


Keindahan alam Indonesia gak ada habisnya yaa ?. Setiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan bahkan setiap tahun ada saja bermunculan destinasi-destinasi baru. Saya saja sangat bangga menjadi warga Indonesia, bisa menikmati keindahan alam negeri ini dengan banyak pilihan yang ada. Mau daki gunung, tinggal pilih mau gunung yang mana. Atau mau ke pantai, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki jutaan pantai kece-kece. Selain itu, ada juga jutaan air terjun, budaya dan alam lainnya yang gak bisa disebut satu per satu. Banyak pilihan dan siap-siap dibuat bingung mau kemana saja. Siap dibuat bingung sama budget yang dibutuhkan pastinya #Hehehehe. 

Bercerita tentang keindahan alam negeri ini, jangan jauh-jauh deh !. Kali ini cerita saya masih tentang pulau tetangga sebelah yaitu perjalanan ke destinasi terakhir saat ke Pulau Sumbawa beberapa bulan yang lalu. Bersama para "Crew Patrick", kali ini tujuan kami di hari terakhir di Pulau Sumbawa menuju sebuah air terjun yang sudah lama ngehits di Jereweh, Sumbawa Barat. 

Jereweh ?,  Bagi temen-temen Lombok dan Sumbawa pasti udah gak asing lagi dengan nama ini. Buat yang dari luar Sumbawa dan Lombok, mungkin masih bingung Jereweh dimana yaak ?. Kecamatan Jereweh berada di Kabupaten Sumbawa Barat. Kurang lebih 90 menit waktu tempuh dari Pelabuhan Pototano menuju arah Kota Taliwang, kemudian lanjut lagi menuju arah Desa Labuan Lalar dan sampai di Jereweh, Sumbawa Barat.

Masih bingung juga ? Yuuk, dibaca terus cerita saya sampai tuntas yaak !! #Hehehehe





Pagi itu, di hari terakhir kami berlibur di Sumbawa Barat, cuaca sedang bersahabat dengan kami. Kami bersembilan menginap di salah satu rumah sahabat yang kebetulan di malam sebelumnya melangsungkan acara resepsi pernikahan. Selain pergi traveling, kami ke Sumbawa Barat juga dalam rangka menghadiri acara pernikahan mereka berdua di Kota Taliwang. Sambil Menyelam Minum Air. Ibaratnya begitulah #Hehehehe

Next... !!!

Sekitar jam enam pagi, kami sudah bersiap-siap menuju Air Terjun Ai Kalela, Jereweh. Tapi sayang, dua sahabat kami gak bisa ikut rombongan karena harus balik ke Lombok karena ada acara keluarga. So..sisanya hanya kami bertujuh saja yang melanjutkan perjalanan. 

Kurang lebih tiga puluh menit waktu tempuh menuju air terjun ini. Perlu diketahui kondisi jalan dari Kota Taliwang menuju Jereweh aspalnya sangat mulus. Melewati deretan perbukitan dan desa nelayan (Desa Labuan Lalar). Kemudian melewati persawahan Jereweh dan sekitar satu kilometer sebelum sampai di Air Terjun Ai Kalela, kami melewati jalan yang belum tersentuh oleh aspal alias masih tanah berbatu dan agak sempit. Harus berhati-hati dalam berkendara saat melalui jalur ini.

Tepat sekali... Hanya tiga puluh menit lebih dikit lah, kami sampai juga di lokasi air terjun. Awalnya bingung, mana air terjunnya yaa ?. Di lokasi parkir juga masih belum ada pengunjung satu pun. Hanya seorang bapak dan anak remajanya yang sedang sibuk membangun sebuah toilet umum. Saya pun langsung bertanya dengan si bapak lokasi Air Terjun Ai Kalela. Si bapak yang sangat ramah kepada kami langsung memberi petunjuk menuju air terjun. Ternyata kami harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri hutan liar Jereweh yang hanya lima puluh meter saja dari lokasi parkir.





Ternyata benar apa kata si bapak tadi, lokasinya gak jauh dari parkiran. Dari kejauhan sudah terlihat pesona Air Terjun Ai Kalela yang ngehits di dunia instagram. Jaman sekarang apa-apa instagram soalnya. Saya saja mengenal air terjun kece ini dari instagram #Hehehe. Dari tadi perasaan saya banyak senyum gak jelas yaa, sampai-sampai lagi nulis cerita ini saja saya senyum-senyum mulu. Maklum sedang kasmaran sama si dia. Eeeeh, kasmaran sama Air Terjun Ai Kalela maksudnya #TampangNgeles.

Lanjut .... Kembali ke laptop !!! "Jangan banyak curhat Diiii".

Tentang Air Terjun Ai Kalela, kalian bisa liat kan pesona air terjun dari foto-foto di tulisan saya ini. Bingung kan ngejelasinnya dengan kata-kata ?, saya saja sempat bingung mau ngomong apa saat berada langsung di lokasi. Bentuk dari air terjun ini sangat unik. Mirip dengan Air Terjun Mata Jitu yang berada di Pulau Moyo, Sumbawa.

Air yang mengalir ke dalam kolam alami seakan keluar dari akar pohon besar yang memang tumbuh di bebatuan dari tebing air terjun ini. Keunikan lainnya, di sekitar air terjun terdapat beberapa gua alami yang menambah keindahan dari tempat ini. Ini namanya kami berada di salah satu surganya dunia. Menyatu dengan alam dan menikmatinya dengan senyuman. Itulah hidup yang harus kita syukuri.

Berada dan merasakan keindahan sosok Air Terjun Ai Kalela merupakan kenikmatan dan kebahagiaan tersendiri bagi saya pribadi. Begitu juga dengan para sahabat lainnya, mereka sangat bahagia dan puas bisa melihat dan merasakan keindahan Air Terjun Ai Kalela secara langsung.

Bersantai sejenak sambil memandang Air Terjun Ai Kalela secara langsung dan mempersiapkan kamera dan kostum yang akan dipakai untuk pemotretan bagi temen yang alay sih, seperti Si Odi. Sahabat saya yang paling rempong, heboh, gak ada malunya dan paling ngejengkelin kalo dia minta difotoin. Jangan tanya foto Si Odi mana. Sengaja saya gak posting di blog ini  #Hehehehe.








Setelah bersantai sejenak, rasa lelah terasa hilang seketika. Ingin rasanya cepat-cepat mengambil foto dan loncat ke kolam alaminya yang sangat bersih dan agak kebiruan. Tapi berhubung waktu kami gak cukup untuk berenang karena harus cepat-cepat balik ke Lombok, jadi kami puasin diri untuk berfoto saja. Untuk kamera, saya gak sendirian yang membawanya. Ada Mas Junk yang juga membawa kamera. Selain kamera dslr, saya juga membawa kamera x.... yi #BukanPromosi. 

Mengenal Air Terjun Ai Kalela. Banyak masyarakat setempat yang menamakan air terjun ini dengan sebutan yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya Air Terjun Ai Koa, Air Terjun Jantup dan nama yang tertulis di papan petunjuk, membuat kami kebingungan yaitu Air Terjun Semporon Tangkil. Saya pun menanyakan kepada salah satu warga desa setempat untuk memastikan. Ternyata bener, Semporon Tangkil adalah sebutan lain dari Air Terjun Ai Kalela. Dan nama Ai Kalela lebih dikenal oleh masyarakat baik dari Jereweh mauapun dari luar desa daripada nama-nama yang lainnya. 



Dari segala arah saya mengambil foto, semua hasilnya kece-kece. Didukung dengan cuaca yang cerah, sinar matahari pagi hari yang terlihat dari celah-celah pohon serta air kolam alami yang sangat jernih, bersih kebiru-biruan. Semua sangat terlihat indah. Jangan lupa, bila menjelajah ke tempat seperti ini, sampah kita bawa pulang ya !.

JANGAN MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN !!! NYAMPAH ITU GAK KECE. 

Yang boleh ditinggal yaitu jejak kaki dan kenangan terindah bersama Air Terjun Ai Kalela. Salah satu air terjun terindah di Pulau Sumbawa. Air Terjun kebanggaan masyarakat Sumbawa Barat, khususnya warga Jereweh sendiri.




Meskipun kurang seru gak menyeburkan diri ke kolam alaminya ini. Memang gak seru sih, tapi kami sangat menikmatinya. Pagi yang sangat cerah bersama Air Terjun Ai Kalela, membuat suasana hati kami sangat bahagia. Ingin rasanya saya kembali lagi ke tempat ini dengan cerita-cerita yang lebih seru lagi, antara lain melompat dari air terjun ke kolam alaminya, berenang kece bersama kekasih tercinta...Eeaaaaaa #CurhatColongan.

Kesan-kesan yang saya rasakan saat mengexplore Air Terjun Ai Kalela, yaitu air terjunnya kece / gak bisa dijelaskan dengan kata-kata lagi, jalurnya gak sulit seperti yang saya bayangkan, sudah ada toilet umumnya, destinasinya masih alami / belum tersentuh oleh pihak-pihak yang nakal, dan yang paling membuat saya jatuh cinta dengan tempat kece ini yaitu gak ada sampah sedikitpun yang saya lihat. Salut dengan pengelola tempat ini, saya kasi empat jempol untuk kalian.

Buat pemerintah setempat, saya berharap Air Terjun Ai Kalela selalu dijaga kelestariannya dan kebersihannya. Bila sudah bersih, jauh dari yang namanya sampah, pasti semuanya akan indah. Doa saya semoga Air Terjun Ai Kalela, menjadi lebih dikenal oleh pecinta traveling baik domestik maupun mancanegara. Amiiin. 

Thank's to Air Terjun Ai Kalela atas keramahannya kepada kami. Sampai bertemu di lain kesempatan. Amiin. Wonderful Lombok Sumbawa :) 

Catatan :

- Air Terjun Ai Kalela berada di Desa Jereweh, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat
- Jarak dari Kota Taliwang kurang lebih 18 km
- Jangan lupa membawa makanan dan minuman sendiri, soalnya disana gak ada penjual makanan dan minuman
- Tidak dikenakan biaya masuk ( menurut pengalaman saat kesana )
- Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai dengan kebutuhan masing-masing
- JANGAN MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN !!!

Penulis : Lazwardy Perdana Putra
google.com

Comments

  1. syurga nyata 🙂 kereeenn..
    kapan" ajakin k sini mas didik 🙂 okeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak dyna..hehehe nanti qta berdua saja ksini yaa..menikmati keindahan surga dunia berdua saja :)

      Delete

Post a Comment