Friday 16 December 2016

Bar & Restourant Kece : Artati Lombok, Selong Belanak


Hujan !!!

Di Pulau Lombok bahkan hampir seluruh kepulauan Indonesia sedang dilanda musim hujan. Biasa lah di akhir tahun ini hujan gak henti-hentinya membasahi bumi pertiwi, khususnya di pulau saya tercinta ini. Mana mau libur anak sekolah, libur semesteran bagi anak kuliah, hari natal dan tahun baru. Bahkan saat ini banyak yang kawin,eeh nikah maksudnya. Lumayan dingin-dingin bareng pasangan berbulan madu ( ngomong opo toh iki ??? ).

Berbicara soal hujan, saya punya cerita lagi yang lebih kece. Disini bukan ceritanya yang kece tapi tempatnya yang saya datangi bareng temen-temen kantor beberapa minggu yang lalu. Alasannya; tempatnya di daerah pantai, terletak di perbukitan dan suasananya yang bener-bener kece.

Sebut saja namanya, Artati. Seperti nama seorang wanita yang kalo dibayangin wanita yang anggun, dari keluarga sederhana dan baik hati ( kebanyakan nonton film-film Indonesia ). Lupakan dulu yang namanya wanita anggun yoo broo.



Artati adalah sebuah Bar dan Restaurant yang telah dibuka satu tahun yang lalu. Pemiliknya saya lupa namanya, yang jelas beliau berasal dari Kota Mataram. Lokasi tempat ini berada di Desa Mekar Sari, Selong Belanak atau berada dekat dengan Pantai Semeti, Mawi dan Selong Belanak, persis di pinggir jalan raya. Bila masih bingung, silahkan buka google map !.

Butuh satu setengah jam perjalanan dari Kota Mataram atau setengah jam dari Lombok International Airport menggunakan sepeda motor atau mobil. Gak ada angkutan umum yang menuju ke tempat ini. Kita hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Bisa juga menggunakan taksi atau ojek.






Artati Bar & Restourant ini meskipun sudah satu tahun dibuka, tapi baru-baru ini eksis di instagram. Bagian yang saya suka dari tempat ini yaitu cafenya. Bentuk cafe yang sangat sederhana yang hampir seluruhnya berbahan dasar kayu. Dinding bangunan yang berjumlah tiga belas, terbuat dari batang pohon kelapa ( gak ada kerjaan ngitung jumlah dinding !!! )

Bentuk meja dan kursi kayunya yang sangat unik. Keren sekali menurut saya. Sangat nyaman sekali sekedar santai-santai dan berkumpul bareng keluarga dan temen-temen. Bangunan semi indor ini, saya beri nilai 90 dari 100. Suasana perbukitan di daerah pesisir sangat terasa di Artati Bar & Restourant.





Untuk daftar menu sendiri, menurut saya sesuai dengan tempat dan suasana disini. Ada menu yang harganya terjangkau di kantong dan ada juga yang lumayan merogoh kocek. Kembali ke selera masing-masing.

Saya memesan seporsi kentang goreng dengan segelas kopi lombok nescafe panas. Untuk kopi lombok nescafenya, saya rasa sangat enak dilidah. Sedangkan temen-temen yang lain ada memesan minuman yang berbeda. Berhubung hari itu kita-kita dapat teraktiran dari ibu bos, jadinya kita gak terlalu pikirin harganya, hahahaha ( dasar muka traktiran ). Untuk menu disini, saya beri nilai 80 dari 100.





Kita beralih ke kolam renangnya. Artati Bar & Restourant memiliki kolam renang yang super keren. Air kolam yang jernih berwarna biru tua. Kedalaman kolam renang dibagi menjadi dua. Bagian dalam untuk orang dewasa, sedangkan yang dangkal untuk anak-anak. Dari kejauhan kolam renang yang berhadapan langsung dengan Pantai Selong Belanak, menambah cantik dari tempat ini. 

Untuk berenang disini, para tamu atau pengunjung dikenakan tarif 50 ribu per orang dewasa, untuk anak-anak setengah harga orang dewasa kalo gak salah. Itu diluar harga makan dan minum lhoo ya. Awalnya saya kira kita memesan menu disini sudah termasuk berenang. Ternyata tarif renang dibedakan, lumayan berarti hehehe ( senyum penuh arti... ).  






Sayang beribu sayang, karena gak membawa pakaian renang dan ganti, saya dan teman-teman gak jadi mandi. Soalnya acara dadakan dari ibu bos. Next, bila datang kesini lagi, mau gak mau harus berenang, hukumnya wajib. 

Walaupun gak berenang, hari itu dalam suasana gerimis sore kami berenam sangat menikmati moment-moment asyik di Artati Bar & Restourant. Disamping menambah daftar destinasi trip saya sepanjang tahun ini, Artati Bar & Restourant membuat keakraban kami berenam semakin erat dan semoga keakraban ini terpelihara selamanya.Amiiin.

Banyak spot-spot foto yang ada di cafe ini. Saking banyaknya, kami sampai bingung mau jepret di mana lagi. Untuk kolam renangnya saya beri nila 95 dari 100. Untuk nilai keseluruhan dari Artati Bar & Restourant, saya beri nilai 90 dari 100, ditambah dengan dukungan suasana gerimis hujan juga karena saya suka hujan disaat melakukan perjalanan traveling. 

Catatan :
- Berada di jalur antara Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah dan Pantai Selong Belanak.
- Memakan waktu tempuh 1 jam 30 menit dari Kota Mataram, 45 menit dari Lombok International Airport, 30 menit dari Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah. 
- Selain bar dan restourant, di Artati juga tersedia penginapan dengan budget antara 750 - 800 ribu per malam, saat ini sedang dibangun penginapan dengan tarif kamar 300 ribu per malam.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

2 comments:

  1. Wah.. bagian ngambil fotonya sampai berdiri diatas kursi.. ati2 jatuh mas. :)

    Semoga kalau main ke lombok bisa mampir ke resto artati.. namanya mudah diingat ya. Artati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Salam kenal :).. Amiin.. Thanks udh mampir d my blog :)

      Delete