Friday 30 June 2023

Suasana Pemancingan Ikan di Azil Garden, Lingsar, Lombok Barat


Sebulan sudah pindah tempat tugas dengan suasana yang baru. Bertemu dengan teman-teman yang asyik dan rame. Bisa dibilang bertemu dengan teman sejawat (apoteker) sudah dikenal, tapi ada juga yang belum dikenal sebelumnya.

Kebetulan salah satu teman kerja, sebut saja namanya Mas Erwin ngajakin makan siang di luar alias dalam rangka traktiran nih. Lokasinya gak nanggung-nanggung. Bukan cafe, resto atau lesehan seperti biasanya saya datangi. Melainkan tempat pemancingan milik pribadi alias ekslusif lah ya. 

Tempat pemancingan ini pemiliknya temannya Mas Erwin sendiri. Orangnya sangat ramah dan murah senyum. Janjian datangnya sehabis Shalat Jumat. Pas banget nih datang pada waktu jam makan siang. 

Sayangnya personel yang ikut gak lengkap. Ada beberapa yang gak bisa ikut dengan alasan yang bervariasi. Kami bertujuh orang , berangkat dari tempat kerja menggunakan mobil salah satu teman. Jaraknya kurang lebih memakan waktu lima belas menit saja.



Nama tempatnya Azil Garden. Lokasinya sendiri di Desa Batu Kumbung, Kec.Lingsar, Kab. Lombok Barat. Untuk jalurnya, kita melewati Jalan Raya Kota Mataram - Narmada, lalu belok kiri ke Jalan Gegelang Gerimak,Lombok Barat. 

Melalui jalan pedesaan yang kondisi aspalnya bagus. Menuju lokasi kita harus berbelok ke kanan melalui jalanan sempit. Agak sedikit masuk ke dalam memang melewati jalan setengah aspal. Tapi sepanjang perjalanan, kami disuguhi pemandangan persawahan yang cukup asri. Kiri kanan melewati pohon durian yang belum berbuah (sayang banget). 

Tempat pemancingan yang kami tuju gak terlihat dari pinggir jalan. Emang gak ada papan petunjuk yang bertuliskan Azil Garden. Btw, sebuah gerbang tinggi dari seng terlihat tertutup rapat. Mas Erwin yang kebetulan menyetir mobil, turun untuk membuka gerbang. Ternyata kita sudah sampai di lokasi.

Kebetulan pemilik pemancingan sudah menunggu di dalam. Setelah turun semua dari mobil, kami berjalan kaki menuruni anak tangga. Ternyata lokasi pemancingannya berada di bawah. Dari atas terlihat kolam pemancingan ikan yang cukup besar. Di kelilingi oleh deretan pepohonan yang sangat rindang. 



Menyeberangi jembatan kecil dengan aliran air yang jernih sekali. Udaranya juga sangat sejuk. Terdengar suara aliran air yang menyejukkan telinga. 

Di kolam pemancingan sendiri terdapat sebuah berugaq (gazebo) yang terdiri dari enam tiang. Ada juga sebuah rumah panggung kecil untuk beristirahat. Fasilitas lainnya ada dua bilik kamar mandi yang cukup bersih. 

Sesampainya di lokasi, jamuan makan siang sudah siap. Menu yang dihidangkan yaitu masakan khas Lombok. Ada pepes ikan (gurami, nila, kakap), pelecing kangkung, sambel terong bakar, tahu tempe goreng, ikan nila goreng dan nasi putih. 


Pepes Ikan Nila 

Yang menarik perhatian yaitu Pepes Ikannya. Penyajian dengan dibungkus daun pisang, saat membukanya aroma ikan dengan bumbu pilihan tercium sedap. Saat itu saya dapat Pepes Ikan Nila.  

Untuk rasa gak perlu diragukan lagi. Daging ikannya sangat lembut dan gak amis. Perpaduan bumbu dengan ikannya pas dilidah. Gak terlalu pedas dan bumbunya kuat banget. Pengen rasanya nambah nasi satu porsi lagi, hehehe. 


Pelecing Kangkung

Kangkung Lombok terkenal lebih lembut dan manis. Apalagi direbus kemudian dicampur dengan sambal terasi yang terdiri dari cabe, tomat, garam, terasi dan sedikit perasaan jeruk limau. Diulek sampai lembut menjadi Pelecing Kangkung. 

Paling enak lagi ditambahkan kecambah serta kacang tanah goreng dan urap kelapa di atasnya. Dijamin selera makan bertambah lagi. 


Sambel Terong Bakar

Bisa dibilang ini saingannya Pelecing Kangkung. Sama-sama diberi bumbu sambel terasi. Tapi bedanya kalau ini terongnya dibakar dulu. Setelah itu, baru di potong-potong sesuai selera. Disajikan di piring kemudian diberi sambel terasi di atasnya. Enak bener dan seger dimakan siang-siang. 

Over all, untuk masakan siang itu sangat enak dan mengenyangkan. Terimakasi kepada pasangan suami istri yang sudah menjamu kami dengan keramahan. Masakannya enak semua. Kalau diberi nilai 1 sampai 10, saya beri nilai 9,5. Utamanya terimakasi banget buat Mas Erwin yang sudah mengajak kami datang kesini. Tempatnya bener-bener rekommended banget.

Mungkin dari temen-temen yang sempat ikut mencicipi masakan kemarin bisa dikoment dan diberi nilai di kolom komentar ya ! (bila sempat mampir) hehehe. 


Sehabis makan siang dengan masakan yang super duper lezat dan mengenyangkan, kami ditawarkan untuk ngopi. Kopi yang dihidangkan yaitu kopi hitam Sasak. Perpaduan antara rasa pahit, manis dan aroma rempah-rempah. Ngopi sambil nongkrong menikmati suara gemericik aliran air kolam pemancingan sambil berkeliling kolam ikan. 

Kegiatan yang pastinya paling dicari disini yaitu mancing ikan. Peralatan memancing yang tersedia lumayan lengkap. Buat yang doyan mancing ikan, bisa nih menyalurkan hobi terpendam disini. Asalkan gak memancing keributan saja lho ya, hehehe !.

Ikan disini semuanya bisa dipancing asalkan ahli dalam memikat ikan-ikannya lhoo ya. Gak cewek saja yang bisa dipancing, ikan juga harus punya keahlian dalam menangkapnya, asyiik (efek laper tengah malam).




Ikan-ikan ini dipelihara dengan baik. Ada ikan koi, nila, gurami dan kakap. Masing-masing punya kolam tersendiri. Air kolamnya juga dijaga kebersihannya. Setiap tiga puluh menit sekali, ikan diberi makan menggunakan mesin otomatis. Keren bener mesinnya. Pastinya waktu makan ikan sudah terjadwal ya.

Btw, gak terasa waktu sudah beranjak sore hari. Waktunya balik ke tempat kerja. Sebelum pulang kami diberi masing-masing pepes ikan buat dibawa pulang. Wah, pasti istri seneng banget nih dapat mencicipi olahan pepes ikan dari Azil Garden. 


Kapan-kapan pengen balik lagi kesini buat belajar cara beternak ikan dan makan siang dengan masakan olahan ikan yang super duper enak banget. Gak lupa sebelum pulang, kita foto bareng dulu biar terdokumentasi. Kata seorang bos "Apapun itu harus terdokumentasi !". hehehe. 

Buat kalian yang tertarik datang kesini, bisa hubungi si pemilik tempat pemancingan atau bisa melalui saya sendiri. Untuk lokasinya saya share di akhir tulisan ya !.

No kontak pemilik : Azil Garden (087865994425)

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

6 comments:

  1. Recommended 👍, mantul

    ReplyDelete
  2. I have been here Mr. Journailis 👍

    ReplyDelete
  3. wah jadi kangen plecing kangkung. di jawa ada yang jual, tp rasanya beda, heuheuheu

    ReplyDelete