Saturday 25 February 2023

Kopte Tarik : Tempat Ngopi Kece dengan Tampil Beda di Cakranegara, Kota Mataram


Lagi pusing dengan kerjaan, enaknya itu kita ngopi sejenak. Gak jauh dari kantor, ada sebuah kedai kopi yang beberapa bulan ini baru buka. Lokasinya di Jalan A.A Gede Ngurah No.10a, Cakranegara Timur, Kota Mataram. Tepatnya berada di deretan pertokoan Pasar Cakranegara. 

Mengenal lokasinya di Cakranegara, kalian yang belum pernah ke Lombok mungkin belum tau daerah ini. Cakranegara merupakan pusat perbelanjaan yang ada di Kota Mataram. Dulunya kota ini menjadi salah satu pusat perdagangan pada jaman Belanda setelah Kota Tua Ampenan. Dari bangunan juga sangat mirip dengan yang ada di Kota Tua Ampenan. Banyak bangunan bergaya Eropa dan Tiongkok disini. Jadi jangan heran di Cakranegara banyak didiami oleh keturunan Tiongkok selain Suku Sasak dan Bali. 



Sekarang Cakranegara menjadi destinasi wisata sejarah yang dimiliki oleh Pulau Lombok khususnya Kota Mataram. Buat kalian yang sedang berlibur ke Lombok, gak ada salahnya datang berburu oleh-oleh di Cakranegara. Disini banyak sekali tempat belanja dan kuliner pastinya. Beberapa penginapan juga banyak disini dari hotel bintang melati sampai bintang empat. Tinggal pilih mau yang mana. 

Sebut saja Kopte Tarik Cakra !.

Kedai kopi ini merupakan cabang baru yang dimiliki oleh Kopte Tarik. Sudah tersebar beberapa cabang di Indonesia, salah satunya ada di Pulau Lombok. Awal tau ada kedai kopi ini dari akun instagramnya @kopte.id. 

Berada di pusat keramaian, untuk tempat parkirnya gak begitu luas. Benar-benar berada di pinggir jalan dengan kondisi lalu lintas yang sangat padat. Meskipun demikian, kalau kita masuk ke dalam kedai kopinya udara berubah jadi adem, dimana di luar sana udara cukup panas. 




Buat kita-kita yang habis belanja, boleh nih ngadem sejenak di kedai kopi ini. Jangan lupa beli menu kopi dan cemilannya ya. Gak gratis hanya numpang ngadem saja, hahaha. 

Saya sudah dua kali datang ke kedai kopi ini. Kesan pertama membeli kopi tariknya, langsung dibuat pengen beli lagi. Apalagi cicipin cemilannya berupa roti bakar yang diberi berbagai macam toping, langsung dibuat jatuh cinta. 

Sebelum membahas menu-menunya, saya akan mereview bangunan kedainya terlebih dahulu. Seperti biasa, dimulai dari area parkir yang gak begitu luas. Masih gabung dengan area parkir pertokoan dan pasar. Soal keamanan, dijamin aman ya karena ada bapak parkir yang menjaga kendaraan kita selama kita berbelanja atau nongki. 





Penampakan kedai kopinya dari luar sama seperti beberapa kedai kopi pada umumnya. Gak begitu besar tapi nyaman. Saat masuk ke dalam kedainya, saya disambut hangat oleh karyawannya. Sangat-sangat ramah para karyawannya. Berhubung datangnya di jam-jam gak sibuk, suasana kedainya gak begitu ramai. Syukurlah, karena saya butuh suasana yang sepi untuk bekerja. 

Jadi, gak hanya nongki sambil buka handphone saja. Saya biasanya datang kesini, untuk melanjutkan pekerjaan yang sempat tertunda. Untungnya suasana lagi sepi pengunjung, jadi bisa fokus kerja. Ada beberapa meja dan kursi yang masih terlihat baru. Kita bisa memilih tempat duduk dimana saja. Ada bangku panjang juga dengan meja yang cukup lebar. Untuk kursinya ada bantal yang empuk lhoo, jadi gak khawatir pantat kita kesemutan kalau berlama-lama duduk disini. 

Di dinding ruangan juga terpajang beberapa tulisan dan gambar. Terkesan modern dan vintage ditambah lagi penerangan lampu berwarna kuning. Untuk ruangannya semuanya ber-AC, jadi dijamin adem semua. Apalagi ada alunan lagu-lagu santai, membuat betah berlama-lama kerja dan ngerumpi disini. 




Setelah menaruh tas yang berisikan laptop di salah satu bangku panjang, saya langsung berjalan ke kasir untuk memesan minuman dan cemilan. Saya memesan segelas Kopi Tarik Kopte dingin dan Kopte Toast Choco Peanut untuk cemilannya. 

Untuk menu-menu lainnya, kalian bisa liat foto di atas ya. Lumayan banyak menu minuman dan cemilannya. Kalau menu berat seperti nasi atau mie, di Kopte Tarik gak menyediakan menu berat. Hanya ada menu kopi, teh tarik dan cemilan berupa roti bakar gitu. 



Mana yang rekommended ?. Menurut saya kalian cobain saja Kopi tarik Kopte. Campuran antara kopi dan susu. Mirip seperti kopi susu gula aren ya. Saat minumnya ada rasa kopi dan susu. Ini pertama kalinya saya minum kopi tarik yang menurut informasinya jenis minuman kopi ini berasal dari Aceh. 

Biasanya kan sering minum teh tarik, dan kali ini kopi tarik gak kalah dengan teh tarik lhoo soal rasanya. Dijamin buat mood kembali lagi dan pikiran menjadi lebih tenang. Cocok sekali buat kita-kita yang sedang mumet sama kerjaan minum kopi tarik. Cara penyajiannya juga cukup simple. Dikemas dalam wadah gelas plastik, jadi bisa dibawa kemana-mana. Segelas Kopi Tarik Kopte seharga 15 ribu. Sangat terjangkau sekali.


Untuk cemilannya, saya memesan Kopte Toast Choco Peanut. Jenis cemilan roti bakar yang diberi toping cokelat dan selai kacang tanah. Seporsinya juga cukup banyak. Disajikan dalam bentuk potongan roti bakar dan dimasukkan ke dalam bungkus roti dari kertas. Jadi cukup simpel buat dibawa kemana-mana. Seporsi Kopte Toast Choco Peanut seharga 17 ribu. 

Buat kalian yang doyan nongkrong sambil kerja, pas sekali datang kesini. Apalagi datangnya pas turun hujan. Tambah syahdu sekali disini sambil cuci mata liat anak-anak alay pada selfiean buat diposting di Instagram mereka (yang biasa pasti sudah paham). 

Kalau kekurangannya sih, ruangannya gak begitu luas. Jadi buat yang ngajakin gebetannya kencan disini, harus bicaranya pelan-pelan. Kalau agak kenceng, orang disamping bisa denger. Pengalaman soalnya duduk disebelah orang yang lagi kencan. Pembahasannya @#$&®©%, hahahha... Pasti kalian sudah paham lah ya. 

Over all, menurut saya meskipun tempatnya kurang luas, cukup nyaman buat nongkrong sambil kerja. Buat blogger seperti saya ini, cocok sekali buat nulis di kedai kopi ini. Bukannya ngendorse lhoo ya. Ini hanya penilaian saja. 

Di sekitar Kopte Tarik banyak terdapat penginapan. Yang paling dekat yaitu Lombok Plaza Hotel, kurang lebih lima puluh meter dengan berjalan kaki saja. Ada juga pusat perbelanjaan yang terdekat, antara lain Mataram Mall, My Style, Heron, MGM dan masih banyak lainnya. 

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

5 comments:

  1. menarik, lokasinya di keramaian cakra, sehabis belanja bisa ngadem sambil ngopi
    heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas broo. Jgn hanya ngopi saja tp sambil cicip cemilannya jg hehee

      Delete
  2. Selalu penasaran dengan yang ada di Lombok. Asyik banget nih ada tempat nongkrong yang nyaman di cafe. Pilihan menunya lumayan beragam, tapi lebih enak lagi kalau ada menu mie pasta gitu. Eh nggak nyambung ya sama kopi?! Mas coba review Kecimol yang ada di Lombok. Saya sering liat di YouTube Kecimol Irama Dopang 😀

    ReplyDelete
  3. Ya ampuuuuun toast nya kliatan enak2 😍😍😍. Udah paling bener temennya kopi itu toast sih 😁. Jadi kalo udh mampir ke cafe kopi gini, pasti cemilan yg aku cari berbau roti2an mas. Malah ga pengen makanan berat.

    Sayang aja jauh, kalo Deket mah udh aku datangin 😄

    ReplyDelete