Thursday 17 November 2022

HokBen Sudah Hadir di Kota Mataram : Lombok Epicentrum Mall


Siapa yang gak kenal dengan Pulau Lombok. Pulau dengan beragam budaya dan memiliki beragam destinasi wisata alam yang kece-kece. Apalagi di Lombok sudah berjamuran tempat makan dan cafe yang kece. Salah satunya yang sudah ditunggu-tunggu hadir di Lombok. Sebut saja, HokBen yang membuka cabang perdananya di Kota Mataram, Lombok. Gerai cepat saji ini katanya menjadi tempat favorit di Indonesia lhoo !.


Berawal dari pesan whatsapp dari salah satu blogger kece asal Makassar yang sudah lama menetap di Lombok, sebut saja Mbak Andi. Isi pesan whatsappnya, ada undangan untuk hadir dan tugas memposting jalannya kegiatan di medsos dan blog. Kaget dong ya, kalau undangannya dari HokBen. Dan baru tahu kalau HokBen akan buka gerai di Kota Mataram.Tanpa berpikir dua kali, saya langsung mengiyakan.


Pada saat hari H, saya pun menghubungi Mbak Andi untuk konfirmasi kehadiran. Kebetulan kegiatannya di hotel yang sama dengan pertemuan yang saya ikuti. Sambil menyelam minum air dong pastinya. Jadilah saya bisa hadir di hari bersejarah (assssyik) dimana HokBen akan hadir di Lombok. Otomatis kebayang chicken teriyakinya nih yang katanya enak, hehehe. 


Sejarah HokBen Hadir di Hati Kita Semua 


Gak diragukan lagi HokBen sendiri memang sudah memiliki tempat tersendiri di hati kita semua. Di Indonesia sendiri HokBen sudah memiliki lebih dari 300 gerai yang tersebar di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Berdiri pada tahun 1985 HokBen sukses membuka jaringan makanan siap saji ala Jepang.


Informasinya, pendiri HokBen ternyata orang Indonesia asli bernama Hendra Arifin. Jadi bukan orang Jepang lhoo ya. Hanya saja dulu Hendra Arifin mempelajari dan membeli langsung sistem dan izin penggunaan merk Hoka Hoka Bento dari Jepang. Namun sekarang gerai tersebut sudah gak ada lagi. Artinya HokBen hanya ada di Indonesia saja.  


Menariknya lagi, maskot logo Hoka Hoka Bento menggambarkan anak laki-laki dan perempuan. Anak laki-laki bernama Taro, sedangkan anak perempuan bernama Hanako. Menggunakan karakter manga (komik atau novel grafik menggunakan Bahasa Jepang) maskot HokBen terlihat begitu keren. 


Ada pertanyaan, "Apakah HokBen halal ?".


Berhubung menggunakan Bahasa Jepang masyarakat berpikir gerai siap saji ini non halal dikarenakan negara-negara di Asia Timur memiliki tingkat konsumsi daging babi cukup tinggi termasuk di antaranya negeri Sakura. Perlu kalian ketahui, arti Hoka Hoka Bento sendiri merupakan makanan hangat dalam kotak. Kebiasaan orang kantoran di Jepang yang senang menyantap makan siang dalam bentuk nasi kotak yang disebut Bento. 




Sesi Talkshow


Di tahun 2017 HokBen meraih sertifikat Sistem Jaminan Halal dari LPPOM MUI No. HC574/LPPOMMUI/X/2017. Diperolehnya Jaminan Sertifikat Halal ini, so masyarakat gak perlu ragu mengkonsumsi produk HokBen. Tedy Setiadi, Area Manager HokBen dan Ibu Irma, Head of Marcom Hokben, menjelaskan dari status halal HokBen di saat acara talkshow ringan "Pentingnya Makanan Halal" di Sky Lounge Lt.11, Golden Palace Hotel, Kota Mataram (16/11/2022). 


Pada acara talkshow yang diikuti para undangan yang terdiri dari para Blogger Lombok dan tamu undangan lainnya. Talkshow berlangsung selama dua jam. Ibu Ferry Dzulaika mewakili LPPOM MUI NTB, menyampaikan materi terkait pentingnya makanan halal dan regulasi yang mengaturnya. Sebagian dari materi yang diuraikan salah satunya, pembaruan masa berlakunya. Saat ini sertifikat halal berlaku selama 4 tahun. 


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di acara sesi talkshow ini menghadirkan tiga narasumber utama yakni Bapak Tedy Setiadi selaku manager area Kota Mataram, Ibu Ferry Zulaikha selaku perwakilan LPPPOM MUI Mataram dan Head Manager Area HokBen, Ibu Irma Wulansari. Ketiga narasumber terlihat santai sambil memaparkan materi kepada peserta yang hadir.


Materi pertama disampaikan oleh Ibu Ferry Zulaikha. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan makna halal dalam Islam hingga tugas dan fungsi Lembaga Pengkajian Pangan dan Obat-obatan MUI. Dalam power pointnya beliau menjelaskan secara detail hukum halal haram dari perbuatan maupun benda hingga jenis makanan dan minuman yang masuk kategori non halal. 


Yang saya tangkap point-pointnya antara lain, bangkai darah daging babi, hewan disembelih tanpa menyebut nama Allah SWT, binatang buas dan khamr termasuk haram. Produk olahan teknologi pangan babi adalah syubhat mulai dari tulang, enzim, paru-paru, darah, kulit, lemak, gelatin, usus, jeroan dan lain sebagainya. 


Materi selanjutnya, disampaikan oleh Bapak Tedy Setiadi. Di sela-sela pemaparannya, beliau mengisahkan pelanggan HokBen di Jakarta atau Bali sering mempertanyakan kapan Hokben hadir di Lombok. Ternyata, mereka sering membeli paket HokBen sebagai oleh-oleh spesial bagi keluarga. Salah satu alasan yang menggerakkan dibukanya gerai di Kota Mataram, Lombok. Pastinya juga telah melakukan kalkulasi bisnis yang sesuai. Dimana, saat ini Lombok mulai sering dilirik karena setiap tahunnya menjadi tuan rumah dari even-event bertaraf dunia diantaranya MotoGP dan WorldSuperBike. 


Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Ibu Irma. Di sela talkshow, beliau menyebutkan banyak macam promo opening HokBen Mataram. Grand Opening yang akan berlangsung Jumat, 18 November 2022, menyediakan banyak sekali hadiah. Untuk 100 pembeli pertama dengan pembelanjaan minimal 80 ribu rupiah akan berkesempatan mendapatkan merchandise seperti payung atau tumbler. Ada pula kesempatan memperoleh voucher makan setahun, dimana salah satunya, kita belanja minimal 150K idr  nett. Voucher makannya sama 800K idr nett lhoo. Pastinya memuaskan dong ya !.


Selain itu, ada pula lucky dip (weekdays only), khusus Dine In, Senin sampai Jumat di tanggal 28 November sampai 23 Desember 2022. Jangan lupa dicatat semua program hadiah ini di book note kalian atau di smartphone masing-masing. 




Pra Grand Opening


Sehari sebelum hari Grand Opening yang jatuh pada Hari Jumat, 18 November 2022, panitia mengundang saya dan tamu undangan lagi untuk mencicipi salah satu paket HokBen. Saya pun berkesempatan hadir yang acaranya dimulai jam 11 siang di Lt.LG Lombok Epicentrum Mall. 


Jujur, saya belum pernah sama sekali mencoba menu-menu yang ada di HokBen. Kata banyak orang sih menu-menunya enak. Jadi penasaran, mari kita mencoba menu yang sudah disiapkan. Seenak apa sih ?.


Kali ini saya mendapat kesempatan untuk mencicipi Simple Set Chiken Teriyaki. Dala satu paketnya terdiri dari Nasi, Chicken Teriyaki, Edd Chicken Roll dan potongan sayuran. Untuk rasa Chicken Teriyakinya mantap banget. Sausnya yang khas yaitu asin bercampur manis sangat nikmat di lidah. Bumbunya juga kaya akan rempah-rempah. Disajikan dalam satu box yang ukurannya lumayan besar. 



Simple Set Chicken Teriyaki

Bento Spesial


Berhubung mendengar bisik-bisik dari teman sebelah, ada salah satu menu yang sangat enak disini yaitu menu Bento Spesial. Salah satu isian menu ini antara lain; Beef Teriyaki, Tori no Teba, Ebi Furai, Ebi Fried, Nasi dan Salad. Bikin saya jadi penasaran saja. Tapi ditahan dulu, nanti dikunjungan selanjutnya pasti akan memesan menu ini. 


Ada lagi nih Fried Chicken HokBen eksis menjadi menu favorit. Tunggu apalagi, manfaatin promo openingnya. Berlangsung sebulan penuh. Tepatnya mulai dari 18 November sampai 18 Desember. Spesial 42K idr nett untuk 2 potong Hokben Fried Chicken, Nasi dan Minuman. Kenapa dibilang favorit ?.Besok langsung saja datang ke Hokben Lombok Epicentrum Mall Mataram !.


Ternyata banyak juga ya paket promonya. Gak hanya satu menu saja tapi banyak sekali promo di grand opening HokBen Lombok Epicentrum Mall ini. Buat kalian yang penasaran dengan menu-menunya, nih saya kasi daftar menunya yang tersedia di atas. 


Over all, acara pra grand opening kali ini sangat meriah sekali. Para tamu undangan meramaikan jalannya acara yang diantaranya para Blogger Lombok nan kece pastinya. Kami semua bertemu di acara ini sambilan reunian juga. Sudah lama gak ngumpul di event yang sama sejak pandemi Covid-19 melanda dunia dua tahun yang lalu. 


Kegiatan pra grand opening dibuka oleh pembawa acara yang sangat keren. Kemudian ada sesi press conference dari pihak HokBen. Selanjutnya diselingi penampilan dari salah satu band yang membawakan beberapa lagu menambah suasana menjadi lebih meriah. 


Terimakasi HokBen sudah mengundang saya di acara dua hari ini !. Semoga HokBen di Lombok sukses dan gerai-gerai selanjutnya hadir juga di tempat lainnya di Pulau Lombok khusunya di Provinsi NTB kita tercinta ini. Amin. 


Penulis : Lazwardy Perdana Putra


6 comments:

  1. Bang Lazwardy, salam kenal.

    Alhamdulillah dipertemukan di acara kece badai. Meskipun belum sempat ngobrol ngobrol, tapi dari postingan ini saya bisa menilai how resourcefull you are. Informatif tapi tetap ngomong. Enak disimak postingan ini, Bang.

    Semoga bis ketemu di kesempatan baik lainnya ya, Bang.

    Salam kenal sekali lagi dari saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bang. Salam kenal. Iya kemarin belum sempat ngobrol2. Saya bolak balik ruangan soalnya hahaha.. semoga nanti kita bisa ketemu lg. Makasi bang

      Delete
  2. Insyallah semoga event makin rame bang dan rizki semakin banyak. Tetep bisa terus kumpul sembari kita sama-sama terus belajar ngembangin kualitas tulisan. Suka banget tulisannya! 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap lanjutkan. Duh setiap baca tulisan ini jd laper terus. Hahahaha

      Thanks sudah mampir dan gak bosen baca tulisan yg terkadang receh :)

      Delete
  3. Ga pernah bosen makan HokBen 😄. Sukaaa banget dari dulu. Apalagi kalo udh lewat depan counternya mas, beugh itu wanginya udah kayak manggil2 dari jarak jauh hahahahaha.

    Trus salad wortelnya masih yg paling enak! Udah nyobain bbrp salad wortel yg niru2 HokBen, kok ttp enakan HokBen 😍

    ReplyDelete