Tuesday, 6 August 2019


Hari Sabtu (3/8/2019), Astra Honda Motor (AHM) telah memperkenalkan produk anyarnya yang sudah ditunggu-tunggu pecinta motor 150 cc di Kota Mataram. Sebut saja, Honda ADV 150. Acara launching diselenggarakan di Lombok Epicentrum Mall, mall terkece di Pulau Lombok.

Saya pun sudah menanti-nanti acara ini dan penasaran semeriah apa sih acaranya. Melihat di flyer yang sudah diposting di medsos, ada bintang tamu dari kalangan artis ibukota lhoo yang datang. Siapa dia, yuuk lanjut baca lagi !

Saya datang gak sendirian. Ada istri dan adek-adek juga yang ikut. Launching ini diselenggarakan oleh Astra Honda Motor Lombok. Acaranya dimulai dari jam 10 pagi sampai 10 malam. Ada zumba party, community gathering, service murah, fashion show, reading test berhadiah dan masih banyak lagi acaranya. Hanya saja acara puncaknya dimulai jam 8 malam di Hall Lombok Epicentrum Mall (LEM).






Kami sampai di LEM sekitar jam setengah 8 malam. Area hall sudah dipadati oleh kids jaman now. Maklum ada artis yang datang soalnya. Di atas panggung dua orang host membuka acara launching. Kemudian dilanjut dengan aksi dance modern. Gak lama kemudian, muncullah sosok penyanyi papan atas Indonesia. Sebut saja Jodie Idol. Kalian tau kan Si Jodie? Penyanyi wanita jebolan dari Indonesian Idol.

Kurang lebih ada tiga lagu yang dibawakan oleh Si Jodie. Para kids jaman now yang gak henti-hentinya teriak histeris. Tumben liat artis manggung di Lombok kali yak. Malam itu, LEM sangat ramai sekali oleh para penonton.

Kita tinggalkan dulu Si Jodie dan kids jama now yang alay-alay dulu. Inti dari tulisan saya kali ini bukan kemeriahan konser atau launchingnya malam itu. Tapi yang menjadi perhatian saya yaitu Honda ADV 150. Motor matic pendatang baru di kelasnya. Gak hanya ADV 150 saja yang dilaunching, tapi ada Honda Genio juga. Tapi disini saya fokus membahas tentang ADV 150 dan pesaingnya.

Kalau boleh jujur, ini pertama kalinya saya mereview sebuah motor. Kenapa saya mereview ini ?. Saya penasaran dan tertarik untuk mereview sebuah motor yang dikabarkan memiliki spek dan fitur canggih dan sedikit lebih unggul dari pesaing di kelasnya. Meskipun saya gak ahli dalam mereview tentang otomotiv, tapi saya mencoba membahas sedikit keunggulan dan kekurangan dari ADV 150 dengan salah satu pesaingnya yaitu Yamaha NMAX 155 sebatas apa yang saya tau.

Disini saya tekankan, saya gak bermaksud promosi atau menjelekkan salah satu pabrikan motor. Saya hanya ingin shearing dengan para pembaca setia mengenai keunggulan dan kekurangan kedua motor ini. Berhubung saya suka touring, jadi gak ada salahnya kita tulis apa saja hal yang menarik dari kedua motor ini khususnya Honda ADV 150. 

Kenapa saya membandingkan dengan NMAX 155, karena motor saya saat ini yaitu Yamaha NMAX 150,hehehe. Saya penasaran dengan ADV 150 yang dibilang banyak orang, motor masa depan yang super canggih di kelasnya. Ada godaan untuk mengganti motor dengan ADV 150 ?. Bentar dulu, kita lihat seberapa canggih sih motor keluaran Honda ini.



Dari segi penampilan oke banget. Bagian depan tampak seperti Iron Man, dengan warna merah dan hitam. Ada beberapa varian warna yang ada, sepertin putih, silver, blue, hitam dan lain-lain. 

Kalian tau gak, body dari ADV 150 diadopsi dari pendahulunya yaitu X-ADV yang konon harganya wah banget, yaitu sekitaran 400 jutaan. Beneran gak tuh harganya segitu ?. Buka-buka google, memang bener harganya segitu. Jelas mahal, X-ADV sendiri memiliki mesin 750 cc. Balapan sama motornya Valentino Rossi bisa menang gak tuh ? hahaha. Jadi yang gak kesampaian memiliki X-ADV karena harganya selangit, besar harapannya kalian memiliki ADV 150 yang baru saja dilaunching. #BukanPromosi

Pada bagian tengah sampai ke belakang, body motor ini sangat kokoh dan cocok buat diajak touring. ADV 150 sendiri punya postur panjang 1.950 mm, lebar 763 mm, dan tinggi 1.153 mm. Motor ini juga dibedakan menjadi dua versi yaitu CBS dan ABS.

So..apa saja perbedaan dan persamaan Honda ADV 150  dengan Yamaha Nmax 155 ?

Dari beberapa artikel otomotiv yang sudah saya baca, ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya untuk ingin lebih tau keunggulan dan kekurangan kedua motor yang digadang-gadang menjadi raja jalanan masa depan ini.

Untuk body, Honda ADV 150 lebih tinggi jaraknya dari tanah dibandingkan dengan Yamaha NMAX karena Honda ADV 150 memiliki shock lebih panjang pada bagian depan dan belakang. Cocok digunakan di jalan tanah yang permukaannya bergelombang. Untuk Yamaha NMAX sendiri, tampak depan lebih elegan, sedangkan Honda ADV 150 tampak lebih sangar. 

Dari para pengamat berpendapat, Honda ADV 150 sangat cocok digunakan untuk menjelajah karena lebih sporty sehingga bodynya penuh dengan garis tajam. Sedangkan Yamaha NMAX  lebih ke arah elegan karena bentuknya yang membulat jadi cocok untuk jalanan aspal yang mulus.

Honda ADV 150 lebih unggul dari segi pencahayaan. Dimana ADV 150 dilengkapi dengan lampu sein yang sudah full LED, sedangkan pesaingnya Yamaha NMAX masih menggunakan bohlam biasa. Lampu sein ini juga akan berkedip khusus untuk ADV ABS, ketika pengguna melakukan pengereman mendadak. Fitur ini diberi nama ESS, nah apa lagi itu ?. ESS adalah Emergency Stop Signal, tanda atau signal yang berkedip saat ada pengereman mendadak. Sebelum digunakan pada ADV 150, ESS sudah ada sejak Honda CBR 150 ABS terbaru.

Ada lagi yang berbeda dari ADV 150 ini yaitu pada windshield. Bagi para penggemar otomotiv sudah gak asing dengan benda ini. Windshield ini selalu dipasang di bagian depan motor. Fungsinya sebagai membelah angin sehingga dapat mengatur kecepatan motor hingga dapat melaju kencang. Fungsi lainnya, biar kita gak masuk angin. Yang saya suka dari windshield ADV 150 ini, dia bersifat adjustable. Bisa distel dua macam ketinggian dengan mudah. Ada buah roda di bagian kanan dan kiri windsheild yang tinggal diatur ketinggiannya. Sedangkan di Yamaha NMAX, apabila mau mengatur windsheildnya, kita bisa bongkar dulu dan diatur ketinggiannya. Untuk windsheild, saya mengakui masih menang ADV 150. 

Lanjut ke bagian panel instrumennya. Honda ADV 150 dan Yamaha NMAX 155 sama-sama memiliki speedometer negatif display. Apa itu speedometer negatid display ?. Setau saya, saat ini banyak penggemar motor yang suka dengan motor yang memiliki speedometer negatif display karena apabila saat berkendara di siang hari dan speedometer terkena sinar matahari, instrumen di dalamnya tetap terlihat jelas. 

Untuk ukuran speedometer, Honda ADV 150 lebih besar dan lebar dibandingkan dengan Yamaha NMAX. Speedometer Honda ADV 150 memiliki indikator suhu udara dan tanggalan lhoo. Jarang sekali di speedometer display ada tanggalan. Bagi yang suka lupa hari ulang tahun gebetannnya, cocok nih beli Honda ADV 150. Pas liat tanggal ulang tahun gebetan pas hari dimana dia dibonceng. Langsung saja kasi hadiahnya Honda ADV 150, hahahhaa (receh kali).

Bedanya lagi, pada sistem kunci kontak. Honda ADV 150 menggunakan Smart Key dengan knop keyles. Sedangkan Yamaha NMAX masih menggunakan kunci mekanikal bertutup magnet. Sama-sama ada plus minusnya. Dalam segi keamanan, masih unggul Honda ADV 150 sedikit. Tapi tetap selalu hati-hati memarkirkan kendaraan kalian. Jaman sekarang maling sudah pintar. Motor di depan mata kita saja bisa hilang, apalagi yang ditinggal begitu saja sama pemiliknya. 

Bagaimana soal mesin ?. Nah ini yang penting di sebuah motor. Tanpa mesin, motor kita gak akan bisa jalan. Soal mesin, Honda ADV 150 masih mengadopsi mesin dari kakaknya yaitu Honda PCX 150. Dari spek,fitur juga sama, seperti starter seamless ACG dan Idling Stop System. Kalau Yamaha NMAX masih starter dinamo konvensional, meski unggul di sistem klepnya. Disini Yamaha NMAX unggul karena memiliki fitur Variable Valve Actuation, jadi 2 klep dari 4 klepnya akan berganti kecepatan mengikuti putaran mesin. 

Dari beberapa artikel yang sudah saya baca, banyak juga dari pecinta otomotiv yang menyayangkan Honda ADV 150 ini. Body sudah bagus, lebih sanggar, lebih tangguh, lampu full LED, suspensi empuk, ukuran tangki bahan bakar besar tapi apa bisa ngejar kecepatan Yamaha NMAX ?. Dari banyak pengamat juga, masih menjagokan kecepatan dari Yamaha NMAX meskipun soal body dan fitur kalah sedikit dari Honda ADV 150. Kenapa sih Honda ADV 150 gak mampu mengalahkan kecepatan dari Yamaha NMAX ?

Honda ADV 150 menggunakan mesin eSP 149,3 cc SOHC 2-klep pendingin cairan. Sedangkan Yamaha NMAX menggunakan mesin Bluecore 155 cc SOHC 4-klep pendingin cairan dengan Variable Valve Actuation. So, 2 dari 4 klepnya akan bergantian kecepatan mengikuti putaran mesin agar tarikannya lebih maksimal. Gimana soal bahan bakarnya ? Jangan khawatir, tetap efisien kok.

Kalau dibandingkan tenaga mesinnya. Honda ADV 150 memiliki tenaga 14,3 dk / 8.500 rpm, dengan torsi 13,8 Nm / 6.500 rpm. Untuk Yamaha NMAX lebih besar yaitu 14,88 / 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm / 6.000 rpm. Bagi pengguna Yamaha NMAX seperti saya, harus tersenyum karena diatas kertas mesin motor kita tetap unggul. Padahal secara fitur mesin, Honda ADV 150 lebih unggul dengan menggunakan starter seamless ACG dan Idling Stop System.

Sampai juga kita di masalah harga. Berapa sih harga dari Honda ADV 150 ini ? Jadi dalam launching pertamanya, Honda ADV 150 dibanderol seharga 33,5 juta untuk tipe CBS - ISS, sedangkan tipe ABS-ISS dibanderol 35,5 juta. Sedangkan Yamaha NMAX jauh lebih murah, sekitar 27 juta - 31 jutaan, tergantung tipe.


sumber photo : Marlinphoto.net


Over all, saya suka kedua motor ini. Baik Honda ADV 150 atau Yamaha NMAX memiliki keunggulan dan kekurangan. Sekarang tergantung selera kalian, mau menggunakan Honda ADV 150 atau Yamaha NMAX ?. Lagi sekali saya tekankan, disini saya gak bermaksud menjelekkan salah satu pabrikan motor. Saya menulis ini dengan maksud ingin berbagi pendapat saya dan teman-teman pecinta otomotiv dan touring. 

Kalau saya ditanya lebih memilih Honda ADV 150 atau Yamaha NMAX, saya akan memilih Yamaha NMAX 155. Bukan karena saya pengguna Yamaha NMAX, tapi untuk urusan touring ke berbagai daerah di Indonesia, Yamaha NMAX jagoannya. Alasannya, karena mesin, body ringan dan kecepatannya yang buat saya jatuh cinta. Saya sudah membuktikan sendiri saat touring dari Pulau Lombok ke Banyuwangi beberapa bulan yang lalu. Gak ada masalah sedikipun, dari segi mesin dan bahan bakar, semuanya memuaskan. 

Gimana, jadi ganti motor dengan Honda ADV 150 ?. Berhubung baru beberapa hari yang lalu dilauching, mungkin saja suatu saat nanti saya akan mencoba touring menggunakan Honda ADV 150. Tapi saya gak akan beli karena sudah ada Yamaha NMAX 155.

Bagi kalian yang sudah mencoba touring menggunakan Honda ADV 150, bisa sharing bareng pengalaman menarik kalian dengan Honda ADV 150. Bagi pecinta traveling dan touring kedua motor ini sangat cocok buat kalian. Tinggal soal selera saja.

Mungkin itu sekilas dari review saya. Kalau ada yang keliru mengenai informasi dan data, mohon diluruskan via komentar ya. Terimakasi

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

0 comments:

Post a Comment