Genpi LS Berbuka Puasa Bersama Sekda Provinsi NTB


Senin, tanggal 4 Juni 2018 bertempat di rumah dinas Sekda Provinsi NTB Jalan Pendidikan (depan SMK 4 Mataram), Genpi LS mengadakan buka puasa bersama (bukber). Acara bukber sekaligus meet and greet ini dihadiri oleh sekitar lima puluhan peserta dari gabungan Genpi dan admin media sosial di Lombok antara lain Suara NTB, Inside Lombok, Kuliner Mataram, Lombok Friendly, dan Wonderful Lombok. Selain itu hadir juga perwakilan dari Pramuka, perwakilan dari instansi Dikpora dan Polda NTB.

Adapaun rangkaian acara yaitu sambutan dari ketua Genpi LS, sosialisasi program-program Genpi kedepan, kemudian ada sambutan dari Bapak Sekda Provinsi NTB, Ir.H.Rosiady Husaenie. Selanjutnya sesi tanya jawab dan curhat dari beberapa admin media online yang memiliki jumlah followers (pengikut) yang lumayan wah seperti Inside(N)Lombok (ig :@insidelombok) dan Kuliner Lombok (ig :@kuliner_mataram).




video call dengan Genpi LS di Sumbawa Besar

Dalam sambutan dari Bapak Sekda Provinsi NTB, banyak hal yang dipaparkan oleh beliau. Salah satu hal yang menarik bagi saya pribadi yaitu mengenai tantangan dunia pariwisata di Lombok Sumbawa itu ada dua ; promosi dan kerusuhan. Untuk promosi sendiri gak boleh berhenti, sedangkan kerusuhan gak boleh terjadi. Akan ada dampak negatif apabila dua point tersebut gak bisa kita kendalikan mulai saat ini. Apabila promosi berhenti disertai kerusuhan yang gak terkendali, maka bisa kemungkinan kita akan disalip oleh daerah lain dengan destinasi-destinasi kece yang mereka miliki.

Adanya ide-ide segar dalam mempromosikan wisata Lombok Sumbawa, keaktifan Genpi yang sangat luar biasa dan sangat dibutuhkan saat ini. Fungsi Genpi yang sistematis dan viralisasi yang dilakukan terbukti mempercepat citra pariwisata Lombok Sumbawa di dunia digital. Kak Ros (sapaan beliau) juga berterimakasi atas keaktifan dan kreatifitas anak-anak Genpi LS. Harapan beliau Genpi LS semakin semangat dalam mempromosikan destinasi-destinasi kece di Pulau Lombok dan Sumbawa yaitu melalui media online maupun offline.

Selain di rumah dinas Sekda Provinsi NTB, acara bukber juga diadakan di Sumbawa Besar buat teman-teman Genpi LS yang berada di Sumbawa Besar. Saat bertegur sapa, kami pun menggunakan media video call. 

Dari tadi ngebahas tentang Genpi, tapi kalian sudah tau belum Genpi itu apa ?

Genpi (Generasi Pesona Indonesia) merupakan komunitas netizen yang aktif di media sosial, mempromosikan potensi wisata baik alam, budaya maupun man made. Kalau bahasa kerennya di Jaman Now ini, mampu memviralkan berbagai macam hal tentang wisata di seluruh Indonesia. Sampai sekarang ini sudah ada 23 Provinsi di Indonesia yang memiliki Genpi dan ditargetkan akhir tahun ini 34 Provinsi sudah ada Genpinya. Keren kan ?

Sudah paham kan apa itu Genpi ?

Lanjut ke Genpi LS, apa itu Genpi LS ?. Genpi LS memiliki kepanjangan yaitu Genpi Lombok Sumbawa. Genpi LS sudah eksis lebih dari dua tahun. Istimewanya lagi, Genpi LS dilaunching langsung oleh Bapak Menteri Pariwisata RI yaitu Dr.Arief Yahya pada tanggal 3 Oktober 2016. Tahun 2018 merupakan tahun ketiga bagi Genpi LS. Genpi LS pun membuktikan perannya dalam menaikkan reputasi wisata Lombok melalui World Halal Tourism Award 2016.

Menurut informasi yang ada, Genpi LS memiliki lebih dari 250 anggota aktif. Komunitas ini banyak bergerak di media online dan offline seperti event dan trip. Anggota Genpi LS sendiri dari berbagai macam profesi. Ada netizen, blogger, fotografer, youtuber dan jurnalis. Mereka semua juga ada dari lintas sektor seperti bidang kesehatan, pendidikan, para akademisi, dan pembisnis. Semuanya bergabung dengan satu tujuan yaitu mempromosikan wisata Lombok Sumbawa.

Genpi LS sudah mengadakan meet and greet dua kali, dan ini kali pertamanya saya mengikuti acara besar Genpi LS selama saya menjadi anggota Genpi LS. Saya sendiri lebih aktif di media online dan blogg. Meskipun berangkat dari orang kesehatan, tapi kecintaan saya dengan wisata Indonesia membuat saya senang sekali bergabung dengan Genpi.





Setelah acara sambutan dan curhat-curhat selesai, ada satu sesi lagi yang sangat penting yaitu Lombok saat ini mengikuti ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018 (API 2018). Gak nanggung-nanggung, Lombok masuk   empat nominasi lhoo. Untuk kategori Festival Populer nominasinya Bau Nyale Festival, Lombok Tengah. Kategori Wisata Halal Populer nominasinya Kampung Halal Karang Jangkong, Mataram. Kategori Adat Populer nominasinya Desa Limbungan, Lombok Timur dan kategori Wisata Kreatif Populer yaitu Pasar Pancingan, Desa Bilebante.

Untuk memenangkan Lombok dalam ajang API 2018, kalian harus vote. Voting sendiri dimulai dari tanggal 5 Juni sampai 31 Oktober 2018, bisa baca di  http://anugerahpesonaindonesia.com/ .

Gimana caranya ngevotenya ?

Caranya gampang, Ketik API (spasi) 12E kirim SMS ke 99386. Untuk informasi jelasnya, kalian bisa berkunjung ke webnya atau akun instagram Genpi LS  ig : @genpilomboksumbawa). Ingat, vote yang banyak yaak biar Lombok menang ! Amin.

Waktu adzan magrib sudah tiba, kami pun bersiap-siap untuk berbuka puasa. beberapa takjil dan buah-buahan sudah tersedia. Suasana berbuka puasa bersama Genpi dan Pak Sekda Provinsi NTB berjalan dengan lancar. Saya pun sangat senang bisa berjumpa dengan sesama teman blogger dan youtuber yang berkecimpung langsung dalam mempromosikan wisata Lombok Sumbawa bahkan Indonesia. 

Berkenalan langsung dengan para admin akun instagram @kuliner_mataram dan @insidelombok. Ternyata para adminnya merupakan seorang wanita yang eksis. Keren kan ? hehehe. Dan masih banyak lagi teman-teman yang sebelumnya belum pernah berjumpa dan di dalam forum ini, kita semua dapat dipertemukan. Luar biasa Genpi.

Bagi kalian yang punya hobi traveling dan foto-foto, bisa gabung bersama Genpi dengan cara daftar di web Genpi.co . Dijamin bakalan gak nyesel dah (bukan promosi),hehehe. 

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Comments

Post a Comment