Seru-Seruan Mencoba Racikan Kopi dari Kedai Kopi Kulo Lombok


Gak terasa berjumpa dengan Hari Minggu lagi. Saatnya jalan-jalan mencari tempat yang kece, tapi kemana yaak?. Ohya, kebetulan di akhir pekan penghujung Bulan April ini, saya dapat undangan untuk menghadiri acara Family Activity Krida Honda Gajah Mada. Lokasinya di Gedung Krida Honda Jalan Gajah Mada No.88, Jempong Baru, Kota Mataram. Tapi bukan itu topiknya, melainkan sebuah kedai kopi yang pada hari yang sama, tanggal 29 April 2018 untuk pertama kalinya grand opening, Kedai Kopi Kulo namanya.

 "Ngapain loe ngomong tentang acaranya di Krida Honda kalau yang dibahas bukan itu?".
"Gak apa-apa, anggap aje ngiklan dulu sebelum menulis tentang acara di Krida Honda". 

Ceritanya ditunggu di postingan selanjutnya. Ada sesuatu disana soalnya. Apa itu ?, sabar ya,hehehe. (lama-lama ngeselin juga ini orang). 



Hari gini gak doyan minum kopi, RUGI. Kopi itu minuman yang paling nikmat di dunia lhoo. Habis makan "ngopi", ngumpul bareng sahabat "ngopi", nonton film di bioskop "ngopi", kencan sama gebetan baru "ngopi", mau daftar nikah di KUA juga "foto copy KTP" (beda topik itu), maksudnya minum kopi bareng penghulunya,hehehe...ngeles aje loe. Ngopi Ngapa Ngopi !.

Kebetulan ada yang ngajakin ngopi bareng nih. So.. saya bareng temen-temen blogger lainnya datang ke acara grand opening Kedai Kopi Kulo. Biasanya kalau ada kedai baru yang kece, saya datangnya sendirian atau ditemani seseorang wanita (bisa gebetan atau calon gebetan),hehehe. Fokus woiii fokus !!!.

Tapi untuk kali ini, saya datangnya rame-rame buat nyobain minuman racikan yang berbahan dasar kopi. Kedai Kopi Kulo Lombok, merupakan satu-satunya cabang baru yang ada di Pulau Lombok. Kedai ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Menurut informasi yang ada, Kedai Kopi Kulo sudah terkenal di Pulau Jawa. So.. saya jadi penasaran, rasa racikan kopinya gimana sih kok bisa sangat terkenal di pulau sebelah?. 

Saat kami datang, ownernya langsung menyambut kami. Mbak cantik yang bernama Mbak Evelyn. Kalau kalian liat wajahnya, pasti gak asing lagi. Ya bener, Mbak Evelyn salah satu bagian dari Krida Toyota. Pantes saja kita dapat undangan sambil menyelam makan ikan,eh minum air maksudnya. Tapi keduanya gak ada hubungan lhoo alias beda acara,hehehe.

Saya bertanya, "kok namanya Kopi Kulo ?".

Mbak Evelyn menjelaskan kalau Kopi Kulo diambil dari nama bahasa Jawa. Kulo yang artinya saya, sedangkan kopi artinya kopi. Jadi filosofinya Kopi Kulo yaitu ayo mampir untuk minum kopi buatan saya. Bisa dibilang Kopi Kulo adalah kopi yang merakyat, siapapun bisa meminumnya. Yang penting jangan kebanyakan minumnya, inget asam urat dan hipertensinya. Kurang lebih begitu penjelasan dari ownernya yang cantik. 








Datang di hari pertama opening biasanya yang datang ramai dan ngantri. Kebetulan juga ada acara di sebelah, jadi di pagi itu sudah ramai dengan para pelanggan yang berdiri di depan kedai sambil menunggu kopi mereka. Lain lagi bapak-bapak GoJek yang sudah standby di depan kedai sambil mengorder pesanan pelanggan. Kedai Kopi Kulo sudah terdaftar di Go Food lhoo, so...sudah bisa pesan langsung lewat aplikasi GoJek punya. Untuk akun intagram khusus Kedai Kopi Kulo masih menyusul.

Nah buat kita-kita yang ingin nongkrong sambil minum kopi, Kedai Kopi Kulo menyiapkan ruangan lengkap dengan meja dan kursi meskipun gak begitu luas. Hanya ada tiga meja dengan empat kursi di setiap mejanya. Rencananya ruangan akan diperluas kedepannya, kita tunggu saja. Untuk jam  bukanya, Untuk saat ini Kedai Kopi Kulo buka dari jam sembilan pagi sampai jam lima sore. Kedepannya, akan buka sampai malam #TahapTransisi.

Bagian yang menjadi perhatian saya yaitu dapur minimalisnya. Saking penasarannya, saya meminta ijin untuk masuk ke dalam ruangan yang berukuran empat kali empat meter ini. Disana sudah ada tiga karyawan alias barista didampingi oleh owner saat melakukan transaksi dan pembuatan minuman. Si mas-masnya sangat cekatan dan sudah ahli rupanya saat meracik minuman yang berbahan dasar kopi ini. Untungnya mereka gak terganggu dengan kehadiran saya disana, banyak nanya dan foto-foto,hehehe (nasib jadi blogger). 



Menu Racikan Kopinya

Soal rasa, disini ada beberapa pilihan rasa dari racikan kopinya. Diantaranya ada Es Kopi Kulo, Avocatto, Coffeenade, Es Kopi Hitam, Es Kopi Keju dan Cookies & Cream. Semuanya serba dingin dan gak ada yang Hot. Jadi yang lagi pengen minum yang seger-seger gak bikin ngantuk, bisa mencoba Kopi Kulo.

Untuk pilihan rasa, saya sudah punya rasa yang rekommended buat kalian yang belum nyoba. Ada tiga rasa yaitu Coffeenade, Avocatto dan Es Kopi Kulo. Saya memesan segelas Coffenade, kombinasi Espresso dengan Tonic Water dan Lemon. Pertama kali nyoba, rasanya sangat aneh. Ada pahit dan asemnya, tapi mata langsung melek. Gila ini kopi, makin lama makin enak dan buat ketagihan. Sekali sedot langsung habis,alaah lebay loe. Memang bener ini kopi rekommended banget. Racikan kopi yang baru  dan aneh buat saya. 

Ada lagi Es Kopi Kulo, kebetulan salah satu teman blogger yang pesan. Katanya sih enak banget, saya pun penasaran pengen nyobain. Ternyata bener, enak banget. Rasanya perpaduan espresso dengan susu dan gula kelapa. Dan yang terakhir, ada Avocatto. Rasa racikan kopi ini sudah laris di lidah kita orang Indonesia. Alpukat, siapa yang gak kenal buah ini. Buah yang sangat enak dinikmatin saat dibuat jus. Tapi kali ini saya baru melihat ada alpukat yang diracik menjadi minuman kopi, kece pasti rasanya. 

Soal harga, kalian bisa lihat di daftar menu foto di atas. Disana sudah lengkap sama promonya,hehehe. Untuk kopinya sendiri, memakai kopi dari pusatnya di Jakarta. Tujuannya biar kualitas rasa tetap sama dari semua cabang yang ada. 


Gimana, kalian pengen coba racikan kopi yang berbeda seperti kami ?. Buruan datang ke Kedai Kopi Kulo di Jalan Gajah Mada, samping kantor Krida Honda Gajah Mada. Mumpung masih promo lhooo !!!

Thanks Mbak Evelyn sudah mengundang kami untuk icip-icip racikan kopinya. Sukses Selalu dan Salam Kopi Indonesia !

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Comments

  1. jadi penasaran nih ama Coffeenade, pahit pahit asem

    ReplyDelete
  2. jadi makin penasaran gara-gara baca ini
    "Pertama kali nyoba, rasanya sangat aneh. Ada pahit dan asemnya, tapi mata langsung melek"
    ahahaha..... ntar coba ah

    ReplyDelete

Post a Comment