Cerita di Lombok Elephant Park : Liburan Sambil Belajar


Sekarang sudah gak usah jauh-jauh lagi liburan ke kebun binatang di luar pulau. Di Pulau Lombok sudah ada kebun binatang yang baru dibuka awal Maret lalu. Namanya Lombok Elephant Park atau bahasa gaulnya " Kebun Gajah ". Kebun binatang yang memiliki luas sekitar 3 hektar ini denger-denger milik salah satu pengusaha dari Bali. Lombok Elephant Park berada di Desa Sigar Penjalin, Lombok Utara. Hanya memerlukan waktu tempuh satu jam dari Kota Mataram via Pusuk atau Senggigi. Untuk yang habis liburan ke Gili Trawangan, hanya butuh lima belas menit saja menuju lokasi kebun binatang dari Pelabuhan Bangsal.

Jangan khawatir bila bingung untuk sampai di lokasi. Di pinggir jalan raya Tanjung - Kota Mataram sudah ada petunjuk lokasinya kok. Masalah transportasi, bisa menggunakan motor atau mobil. Untuk angkutan umum sendiri, bisa menggunakan angkutan umum jurusan Kota Mataram - Tanjung. Nanti turunnya tepat di perempatan antara Pantai Sire dan Lombok Elephant Park. Selanjutnya bisa menggunakan ojek untuk sampai di lokasi. 



Kondisi jalur menuju Lombok Elephant Park saat ini sudah beraspal. Meskipun lebar jalan masih tergolong sempit. Jadi untuk bus pariwisata yang besar belum bisa masuk. Harapan saya, kedepannya jalan menuju Lombok Elephant Park bisa dilebarkan, sehingga akses menuju lokasi bisa untuk semua jenis kendaraan.

Melewati perumahan penduduk desa, kebun milik warga,dan kecenya kita melewati kebun dengan ribuan pohon kelapa. Kurang dari sepuluh menit saya sudah sampai di lokasi. Awalnya sempat bingung kok parkirannya seperti ini. Ternyata ada dua parkiran di lokasi. Parkiran bawah adalah parkiran buatan warga setempat, sedangkan bagian atas adalah parkiran resmi milik Lombok Elephant Park. Kami pun memilih untuk parkir di bagian atas saja, tujuannya biar aman dan gak ngos-ngosan jalan menanjak.



Waktu sudah menunjukkan siang hari. Ternyata gak seperti yang saya pikirkan. Suasana ramai sekali dan parkiran kendaraan hampir penuh. Maklum hari itu hari libur, jadi banyak dari luar kota datang kesini bersama keluarga dan kekasih pastinya. Banyak spot kece yang bisa kita manfaatkan untuk berselfie. Salah satunya seperti foto di atas.

Setelah membeli tiket masuk yang masih harga promo yaitu 50 ribu per orang dewasa. sedangkan untuk anak di bawah 12 tahun dikenakan biaya 30 ribu. Updatetan harga tiket saat ini yaitu 75 ribu untuk orang dewasa dan 50 ribu untuk anak-anak. Untuk jam buka dan tutupnya, Lombok Elephant Park mulai buka untuk umum jam 9 pagi sampai 6 sore ( hari libur maupun hari biasa ).

Ohya saya datang kesini bersama om yang sedang ada tugas di Mataram dan adek sepupu yang masih di bawah 12 tahun. Jadi kami membayar dua tiket dewasa dan satu tiket anak-anak.







Spot pertama yang kami jumpai yaitu area berbagai jenis burung. Ada burung kakak tua, rangkong, burung hantu, burung nuri dan ada beberapa jenis burung yang katanya mau didatangkan. Harapan saya, semua jenis burung bisa kita jumpai di Lombok Elephant Park. Namun kalo semua jenis burung ada disini, kesan Lombok Elephant Park bisa terancam donk. Bisa-bisa berubah nama jadi Bird Park Lombok hehehe.. ( hanya becanda saja ). Kita tunggu saja jenis burung lainnya yang akan didatangkan.

Akhirnya saya bisa fotoan kece bareng salah satu burung kakaktua hitam yang super jinak yang bernama Bagong. Selain Bagong, saya juga foto bareng dengan burung nuri yang warnanya super cerah, secerah model fotonya ( jijaaay ).





Lanjut ke spot selanjutnya, kami menuju area penghuni lain yang masih bagian dari Lombok Elephant Park. Berjalan sekitar seratus meter dari lokasi burung-burung, kami berjumpa dengan orang utan, kuda nil yang katanya didatangkan jauh-jauh dari Afrika ( bisa jadi dari Ethiopia atau Zimbabwe ). Selain itu ada bekantan, beruang madu, siamang, buaya, landak, rusa, kambing gunung, dan menurut rencana sebentar lagi akan didatangkan singa dan komodo. Semoga t-rex atau raptor bisa juga didatangkan ( hahahaha ). Kalo dinosaurus itu didatangkan berarti namanya Jurasic Park Lombok ( hanya khayalan saya saja ).





abaikan gajahnya, fokus ke mbak manisnya...hehehehe 

Nah, spot selanjutnya tokoh utama dari kebun binatang ini yang gak lain adalah empat ekor gajah yang didatangkan langsung dari habitat aslinya yaitu Way Kambas, Lampung. Nama keempat gajah tersebut antara lain Bayu, Rambo, Melati dan Cindy. Masing-masing Gajah memiliki pawang yang langsung didatangkan dari sekolah gajah. Jadi jangan khawatir bila mendekati gajah karena keempat gajahnya sudah jinak dan didampingi oleh pelatih mereka. 

Untuk makanan gajah, pengunjung dilarang memberi makan sembarang. Makanan sudah disediakan oleh pengelola, jadi pengunjung hanya boleh memberikan makanan yang sudah disediakan. Bagi yang ingin menaiki gajah, pengunjung dikenakan tarif 100 ribu orang dewasa, sedangkan anak-anak dikenakan 75 ribu saja. Untungnya pihak pengelola memberikan paket safari dimana 150 ribu untuk orang dewasa dan anak-anak dibawah 12 tahun sebesar 125 ribu ( sudah termasuk tiket masuk + naik gajah ). Cukup murah kan promonya. Itu merupakan updatetan terbaru di Bulan April ini. Mungkin di bulan-bulan selanjutnya ada harga promo lagi. Kita tunggu saja. 




Untuk berkeliling sambil duduk di atas punggung gajah, hanya memerlukan waktu 15 menit saja. Cukup lumayan asyik menikmati pemandangan Lombok Elephant Park sambil bersantai di atas punggung gajah. Sayangnya saya belum sempat naik, saat itu gajahnya butuh istirahat karena kelelahan mengajak pengunjung berkeliling dari pagi hingga siang. Rata-rata pengunjung juga ngantri untuk mencoba wahana baru yang ada di Pulau Lombok ini.

Keliatan sih seru, Next... saat saya datang kesini lagi, saya harus mencoba berkeliling dengan gajah biar tau gimana sih rasanya menunggangi gajah. Sama gak seperti menunggangi kamu dulu...Ettttssss keceplosan, hahahaha ( hanya becanda ). 

Disamping berlibur, di Lombok Elephant Park kita juga bisa belajar mengenai nama jenis binatang dari yang kita jumpai sehari-hari sampai yang langka alias hampir punah. Selain mengenal dan melihat langsung binatang yang ada dsini, saya khususnya bisa mengamati tingkah laku mereka secara langsung walaupun hanya sebentar. Saya harapkan di Pulau Lombok selain Lombok Elephant Park yang baru buka awal Maret lalu, ada tempat baru lainnya yang bisa kita datangi untuk berlibur sambil belajar. Ambil contoh Kebun Bunga Lombok atau tempat yang belum ada di Pulau Lombok. 

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Comments

  1. moga makin lengkap ya koleksi binatang nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aj.. Yg pnting jngn da t-rex n raptor aj hehehe

      Delete

Post a Comment