Thursday 27 March 2014

Ekspedisi Pink Beach, Lombok Island

Kalo ngebahas masalah touring, saya punya cerita yang menarik dan bisa dijadikan agenda buat kalian yang ingin liburan ke tempat yang tidak biasanya yaitu ke Pantai Pink. Pantai ini pasirnya berwarna agak pink karena berasal dari pecahan terumbu karang yang berwarna merah yang tersebar di sepanjang pantai ini. Untuk anda ketahui pantai yg berpasirkan pink ini dapat kita temukan di dua tempat di Indonesia yaitu di Pulau Lombok dan Pulau Komodo. Kalo di Pulau Lombok, pantai satu-satunya yang memiliki pasir yang berwarna pink yaitu Pantai Tangsi. Karena pasirnya yang berwarna agak pink inilah maka Pantai Tangsi disebut juga dengan sebutan Pantai Pink. Sehingga bagi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri banyak yang pergi kesini untuk menyaksikan panorama alam yang tidak biasanya dan juga melakukan berbagai macam kegiatan antara lain berenang, berendam, snorkeling, main kano atau berkeliling di sekitar pantai dengan perahu-perahu nelayan yang disewakan. Untuk kalian tahu saja di Pantai Pink ini kita tidak hanya melihat pemandangan berupa pasirnya yang berwarna agak pink, tapi kita juga bisa menikmati keindahan Gunung Rinjani dari kejauhan serta pulau-pulau kecil ( Gili ) yang ada di sekitar pantai.

Kata Tangsi sendiri itu berarti "Barak atau Markas" jadi oleh sebab itu dahulu pantai ini dijadikan barak atau markas penjajah yang bisa dibuktikan dengan adanya bekas meriam dan peninggalan penjajah zaman dulu. Sehingga Pantai Pink atau Tangsi ini sangat menarik buat kita kunjungi, lagipula jalur yang kita tempuh ke pantai ini tidak lumayan sulit akan tetapi sekitar 9 - 10 km sebelum mencapai pantai ini jalannya agak rusak jadi saya sarankan kalo yang gak kuat naik motor ya pake mobil tetapi bagi yang suka sama tantangan, naik motor jauh lebih asyik dan memuaskan. Waktu tempuh dari Kota Mataram sampai Pantai Pink sekitar 2-3 jam waktu normal karena medan yang kita lewatin di sekitar daerah Jerowaru Desa Sekaroh cukup memakan waktu lama dan jalannya yang tidak begitu bagus. Adapaun jalur yang dilewatin untuk mencapai pantai ini yaitu ada dua jalur. Yang pertama, kalo kalian dari Lombok Timur ( Selong ) bisa lewat Tanjung Luar atau lewat Sakra. Nanti kalo sudah sampai di sekitar Kecamatan Jerowaru, kalian akan bertemu dengan pertigaan yang dimana ada pohon besar yang berada di tengah-tengah pertigaan itu, kalian belok kiri. Selanjutnya kalian akan bertemu dengan pasar dan pertigaan juga, kalian belok kanan saja karena disana tidak ada plank. Kemudian bertemu lagi dengan pertigaan, kalian belok kiri. Ikutin saja jalan besarnya. Kemudian kalian akan bertemu pertigaan yang ada planknya tetapi tidak ada tulisan Pantai Pink. Cukup kalian lihat kalo ada tulisan Tanjung Ringgit, kalian ikutin jalur k Tanjung Ringgit. Nanti di pertigaan kelima kalian akan melihat ada tulisan Pink di sebelah kiri jalan. Nah kalian ikutin saja arah dari plank itu.

Tidak usah senang dulu karena dari pertigaan kelima itu letak Pantai Pink masih jauh, jadi kalian harus tetap semangaat :). Nanti dari pertigaan itu menuju Pantai Pink sekitar 3 km  kondisi jalannya masih mulus, setelah itu tantangan segera dimulai seperti apa yang saya bahas sebelumnya yang jalannya masih rusak. Kenapa Pemda tidak memperbaikinya ya ? atau mungkin saja sengaja biar kalo ke Pantai Pink ada tantangannya dan biar seru. Jadi inilah alasan kenapa saya bilang Pantai Pink itu istimewa dan tidak biasa ya karena tantangan yang kita hadapi dari awal perjalanan sampai ke Pantai Pink itu seru sekali, tidak akan bisa dilupakan pengalaman pertama ke pantai cantik dan manis ini. Okeeh, kembali ke topik awal. Setelah sekian lama menempuh jalan yang masih rusak, nanti kalian akan bertemu dengan pertigaan lagi dan ada pos penjaga dimana di sekitar pos ada plank yang bertuliskan Pink. Akhirnya sudah sampai di Pantai Pink. Eeets, tidak usah senang dulu, mang sih sudah sampai di kawasan pantai yang dituju tapi jalur terakhir untuk mencapai bibir pantai tidak mudah seperti apa yang kita bayangkan. Saya sih jujur saja, saya kira gak ada jalan model kayak beginian tapi setelah saya rasakan ini jalan lebih menjengkelkan daripada jalan sebelumnya. Sama-sama dalam kondisi rusak, tapi jalur terakhir ini kondisinya menurun, sudah berbatu, tanah dan menurun lagi. Jadi saran saya lagi ya sebelum ke pantai ini tolong kalian persiapkan kendaraan yang akan kalian gunakan, jangan sampai kondisi rem kendaraan anda agak ngeblong dan cek kondisi ban kalian, jangan sampai lupa ngisi angin. he..he..he..

Ohya, sampai lupa menjelaskan ke kalian yang dari Kota Mataram atau Lombok Barat dan Lombok Tengah, jalur yang kalian  lewatin sebenarnya sama saja cuman bedanya kalian lewatin Kota Praya dulu terus saja ke timur dan melewati daerah Mujur hingga sampai di daerah Jerowaru yang ada pertigaan yang saya sudah jelaskan sebelumnya yaitu pertigaan pertama tadi di sekitar daerah Jerowaru yang ada pohon besar di tengah-tengah pertigaan. Kalo sudah sampai di pertigaan ini, kalian belok kanan saja yang mengarah ke Jerowaru dan Tanjung Ringgit, jika kalian lurus nanti kalian tembusnya Tanjung Luar dan Selong. Nah itu dia jalur-jalur yang menuju Pantai Pink. Semoga saja bermanfaat tentang penjelasan yang saya tulis di blog ini. Mengenai penjelasan kondisi Pantai Pink lebih jauhnya tidak usah saja saya jelaskan, biar kalian yang belum pernah ke Pantai Pink di Lombok merasakan sendiri jika berlibur ke pantai cantik ini dan biar tambah penasaran. Jujur saja saya sebelum ke Pantai Pink ini dibuat penasaran dan tidak sabar ke tempat ini karena mendengar cerita-cerita dari teman dan melihat foto-foto teman yang buat saya jadi tambah penasaran sebagus apa sih Pantai Pink ini. Kalo lihat foto-fotonya dan membaca blog orang lain mengenai pantai ini rasanya tidak puas. Jadi kalo kebetulan di Lombok ya harus kesini biar gak penasaran lagi. he..he..he.. Sekiaaan.. Ditunggu cerita perjalanan saya selanjutnya... Cekidooottt

Ini salah satu bukti kalo pasir di Pantai Pink berwarna agak pink ke orange karena ada campuran dari pecahan terumbu karang yang berwarna merah yang bercampur dengan pasir yang berwarna putih sehingga dari jauh kelihatan berwarna pink. Dan jika dilihat dari dekat ya begini hasilnya kayak yang ada di foto sebelah kiri ini. Kalo mau dibawa pulang pasirnya juga gak apa-apa sebagai kenang-kenangan kalo udh pernah ke Pantai Pink.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

1 comment:

1. Group admins can invalidate a link to a chat if they want to, but Wildon says he discovered that, in those situations, WhatsApp only generates