Monday 16 October 2023

Mencicipi Chicken Spaghetti Aglio O lio di Ayam Square Resto Lombok


Kebetulan bisa kumpul bareng, istri dan adek ipar merencanakan sedikit surprise buat ibu mertua yang ulang tahun. Kali ini acara ulang tahun ibu mertua agak berbeda dari sebelumnya. Biasanya tiap tahun masak besar di rumah. Buka kado dan makan bareng. 

Spesial di tahun ini, kami merencanakan untuk merayakan hari lahir ibu di luar rumah. Jauh-jauh hari istri dan adek ipar sudah mencari tempat buat kami kumpul. Saya pun ditanya enaknya mau makan dimana ?. Saya yang sudah jarang banget buat nongki di cafe atau resto akhir-akhir ini kebingungan jg. 

"Dimana ya?, terserah dimana, yang penting tempatnya nyaman buat anak-anak dan makanannya enak-enak". Saran saya sih gitu bilang ke istri waktu itu. Ada waktu seminggu untuk memutuskan mau buat
surprise dimana. Itupun sempat bingung mau pilih lokasi dimana karena begitu banyaknya pilihan, hahaha.

Akhirnya pilihan jatuh ke Ayam Square yang lokasinya di Lantai 2 Epicentrum Mall Lombok. Seneng banget dong, ternyata tempatnya di dalam mall. Sudah lama juga gak main ke mall (katrok).

Begitu tau mau ke Ayam Square, saya pun langsung hunting-hunting menu di akun instagramnya @ayam_square. Disana banyak sekali menu baik Nusantara maupun western gitu. 

Namanya juga Ayam Square yaak ?. Pastinya menu utama disini yaitu berbahan utama daging ayam. Namanya ayam, saya paling doyan. Apapun olahan ayam saya suka. Terutama ayam panggang. Tapi disini bukan ayam panggang yang saya bahas. Melainkan menu yang berbeda. 



Kembali ke cerita awal !.

Di hari yang ditunggu-tunggu pun telah tiba. Kami sepakat akan buat surprise di sore hari. Istri dan anak-anak sudah duluan ke lokasi bersama bapak, ibu dan adek-adek. Sedangkan saya sehabis bertugas, nyusul ke lokasi. 

Surprise sih sederhana tapi sangat berkesan. Ibu yang sangat jarang mau diajak makan di luar, kali ini harus mau makan dan kumpul di luar rumah. Apalagi bareng keluarga besar. 

Awalnya ibu gak tau mau diajak makan di luar. Rencana kita ternyata berhasil. Ibu kaget ternyata di lokasi sudah tiba duluan adek ipar dan suaminya. Setelah itu saya pun tiba paling akhir. 

Melihat wajah ibu yang sangat terharu dan berkaca-kaca, kami pun bahagia sudah buat beliau tersenyum di hari lahirnya. 



Kami pun memilih tempat duduk yang cukup untuk berdelapan orang. Pelayannya pun sangat ramah kepada kami. Kebetulan juga di sore itu belum ramai pengunjung yang datang. Setelah duduk di kursi masing-masing, salah satu pelayan menghampiri kami sambil membawa daftar menu. Kami pun disibukkan untuk membaca daftar menu yang akan dipesan.

Btw, dari penampakan outletnya, Ayam Square Mataram ini sangat nyaman buat keluarga. Terdiri dari beberapa pilihan tempat duduk meskipun ruangannya gak begitu luas. Dari tempat duduk kami, saya pun bisa melihat para chef memasak untuk pelanggan. 

Saat itu ada beberapa menu yang sudah sold out alias habis. So, kami memesan yang masih tersedia saja. Pilihan saya jatuh kepada Chiken Spaghetti Aglio O lio (ribet banget nyebutnya). Sedangkan lainnya ada yang memesan Nasi Goreng Kambing,  Nasi Black Squid, Kwetiaw Goreng Ayam dan lain-lain. Sedangkan minumannya saya memilih Es Jeruk Nipis. 

Yuuk, kita review menunya satu per satu !.


Chicken Spaghetti Aglio O Lio 

Menu satu ini berhasil membuat saya penasaran saat melihatnya terpampang di daftar menu. Berhubung lagi mengurangi nasi, sebagai pengganti karbohidrat yang memilih spaghetti saja. 

Untuk porsi Chicken Spaghetti nya lumayan besar. Terdiri dari spaghetti yang dimasak matang atau al dente dan gurih di lidah. Ditambah dengan potongan ayam dengan bumbu rahasia membuat masakan ini sangat lezat. 

Masakan yang berasal dari negeri Pisa,Italia ini sangat pas banget dipadukan dengan potongan ayam sebagai toping utama. Apalagi dinikmati dengan siraman saus rahasia. 

Dari rasa dan plating menu satu ini, saya beri nilai 9.5/10. Harganya pun juga sangat terjangkau di dompet semua kalangan. Buat yang ingin bawa si doi untuk ditraktir, menu ini rekommended banget. 


Ayam Gepuk Sambel Mete

Menu satu ini merupakan salah satu menu utama dan favorit di resto ini. Untungnya pas kami datang, menu ini masih tersedia. Padahal beberapa menu lainnya sudah sold out. Masih rezeki namanya, Alhamdulillah. 

Dari segi tampilan, menu ini cukup menarik disantap. Waktu itu yang dipesan, ayam di bagian paha atas. Digoreng setelah itu disajikan di atas piring hitam dan diberi siraman sambel mete di atasnya. 

Mencium aroma bumbunya saja sudah buat perut semakin lapar. Soal rasa dan plating, saya beri nilai 9/10. Cukup rekommended buat dipesan saat datang ke Ayam Square Resto. 


Fried Mushrooms

Nah, ini bisa dibilang kami dapat menu tambahan dan gratis. Semacam makanan pembuka gitu. Salah satu pelayan resto membawa dua porsi jamur goreng ke meja kami.

Saya bertanya, "ini apa?". Mbaknya menjawab ini tester menu mas. Wah, seneng dong pas mbaknya memberikan jamur goreng yang rasanya enak banget dan cocok dimakan sebagai cemilan. 

Ini salah satu menu jamur goreng yang terenak yang pernah saya makan. Sangat gurih dan gak banyak minyak. Jadi sangat aman buat anak-anak. 


Es Jeruk Nipis

Habis makan besar mengandung karbohidrat dan lemak, sebagai penetralnya saya memesan es jeruk nipis. Berhubung cuaca di luar cukup terik, minum yang dingin-dingin dan seger adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kondisi suhu badan biar tetap stabil. 

Soal rasa es jeruk nipis sangat seger, apalagi dihidangkan di gelas yang cukup besar dan ditambahkan beberapa es batu di dalamnya. 

Bisa-bisa ini langsung diminum habis sama saya, hahaha. Untuk rasa dan penampilan saya beri nilai 9,5/10. Dimana untuk rasa sangat berasa perasan jeruk nipis dengan campuran gula sehingga ada kesan manisnya. 

Porsinya juga cukup banyak apalagi ada penambahan es batu biar dinginnya tetap terjaga. 



Over all, dari beberapa menu yang sudah saya review di atas merupakan menu yang sudah saya cicip. Untuk menu lainnya yang dipesan oleh anggota keluarga lainnya rata-rata kesannya cukup puas. Gak ada komentar kurang bagus. Apa yang sudah dipesan, semuanya memuaskan dan mengenyangkan. Terpenting ramah di kantong juga. 

Untuk harga semua menunya, bisa kalian intip di daftar menu di bawah ini ya !. Lebih jelasnya, kalian bisa kepoin akun ignya @ayam_square. Lokasinya di Kota Mataram ada dua outlet lhoo ya ; di Jalan Tambora, Ruko Gomong Square dan Epicentrum Mall Lt.2. Jam bukanya dari 08.00 - 21.30 WITA.

Sebagai sajian penutup, kami beramai-ramai tiup lilin dan mengucapkan selamat ulang tahun buat ibu tercinta. Semoga sehat selalu dan diberi umur yang panjang. Amin.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Daftar Menu Ayam Square Resto ;



6 comments:

  1. penasaran ama rasa Ayam Gepuk Sambel Mete

    ReplyDelete
  2. Ada juga mall epicentrum di sana yaa 😄. Namanya sama kayak mall di Jakarta. Jangan2 under 1 developer😁.

    Paling seneeeng kalo niat mau ngebahagiain ibu bisa terwujud, dan ibu juga senang.

    Makanannya juga enak, dan bisa dapat free tester pula. 👍

    Oh iya, happy birthday untuk ibunya mas, semoga panjang umur, ibu selalu sehat ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga qta sehat semuanya biar bisa kuliner dan traveling selalu. Amin

      Delete
  3. Jadi kangen mall epicentrum, tempat makan ini berarti udah lama ya?
    Dulu aku ga perhatian sama nama restonya
    Bisa dicoba nih kalau ke Lombok lagi

    ReplyDelete