Monday 24 April 2023

Kedai Cuan Lombok : Menikmati Kuliner Ala Mahasiswa



Bulan Ramadhan sudah berlalu. Sedih juga, rasanya masih belum maksimal melaksanakan ibadah puasa di tahun ini. Semoga masih bisa bertemu Bulan Ramadhan di tahun depan. Amin


Lupakan dulu sedih-sedihnya !. Kita bahas yang asyik nan kece dulu. Habis melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh, pasti kita akan merencanakan mau liburan dan kulineran dimana saat libur lebaran.


Nah buat yang tinggal di Kota Mataram dan gak mudik kemana-mana, ada salah satu kedai rekommended buat kalian coba. Ramah perut dan gak buat dompet bolong pastinya. 




Lokasi di tengah Kota Mataram, sebut saja Kedai Cuman Lombok. Tepatnya di Jalan Swaharmadika no. 25 Mataram. Bertetangga dengan Kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTB. 


Saya sudah datang berkunjung kesini untuk mencicipi beberapa menu yang ada di Kedai Cuan Lombok ini. Nah berhubung kantor saya di Dinkes Prov.NTB, tinggal jalan kaki beberapa meter saja dan sampai di lokasi.


Nama yang unik menurut saya dan bikin penasaran jika sepintas lewat di depan kedai. Kedai yang gak begitu besar dan berada di area perumahan warga gitu. 




Lokasi kedainya gak sulit ditemukan. Kalian bisa pilih lewat Jalan Amir Hamzah atau Jalan Caturwarga, Mataram. Nanti bisa belok ke Jalan Swaharmadika atau tepatnya di belokan Kantor Laboratorium dan Kalibrasi Provinsi NTB. 


Nanti di pinggir jalan ada plak berbentuk lingkaran bertuliskan Kedai Cuan Lombok. Penampakan kedainya gak terlalu besar. Tersedia meja kursi dari kayu. Konsepnya natural atau tropis gitu. Banyak tanaman hias disini. Buat pecinta tanaman bisa datang kesini sambil melihat-lihat tanaman disini. Lantainya saja dari krikil-krikil kecil berwarna hitam. 


Disini hanya ada ruang semi outdoor saja beratapkan kanopi. Jumlah tempat duduknya juga terbatas. Biasanya di jam-jam istirahat kantor seperti siang, pasti sangat ramai sekali. Begitu juga kalau malam. 


Beberapa menu yang bisa kita pilih. Dari cemilan, menu berat dan minuman. Salah satu menu yang wajib dicoba yaitu Pizza Mie dan Singkong Huha.




Pizza Mie


Biasanya yang namanya pizza itu ada keju mozzarella, beberapa toping seperti potongan sosis, tomat, paprika, parutan keju yang ditaburkan di atas loyang roti. Dinikmati selagi panas dengan dicocol saus tomat dan sambal. 


Nah di Kedai Cuan ada menu pizza mie. Begitu melihat difoto di daftar menunya, saya langsung tergoda buat nyobain pizza ini. Pizza Mie yang dibuat dengan campuran antara mie dengan telur dan ditambahkan bumbu rahasia. Kalau pizza ini digoreng di atas minyak. Berbeda dengan pizza pada umumnya yang dipanggang di dalam alat pemanggang. 


Pizza mie ini mengingatkan saya dengan masakan alhm.nenek yang sering banget buat mie yang dicampur dengan adonan telur lalu digoreng. Baru tau ini namanya pizza mie. 


Soal rasa eunak bener. Ini cocok sekali dibuat cemilan atau menu berbuka puasa karena kaya dengan karbohidrat dan protein. 


Untuk seporsi pizza mie diberi harga 15 ribu. Harga terjangkau dan buat perut kenyang. 



Mie Goreng Nyinyir


Bila dibaca dari namanya, sudah pasti mie goreng ini pedas banget. Namanya aja nyinyir alias buat mulut nyinyir saat memakannya. 


Namanya makan mie goreng memang enaknya pas pedas-pedas biar semangat makannya. Apalagi ditambah toping telur mata sapi, tambah nikmat makannya. 


Penyajiannya juga unik, dihidangkan di atas piring terbuat dari besi alias piring besi jaman dulu.


Untuk harga seporsi Mie Goreng Nyinyir diberi harga 12,5 ribu rupiah. Kalau mau nambah telor, cukup membayar tambahan 2,5 ribu rupiah. 




Singkong Huha


Namanya unik ya, singkong huha. Kalau dibaca dari sebutannya, pasti ini singkong sangat pedas. Singkong goreng yang sangat gurih diberi bumbu cabe super pedas. 


Bila memakannya, lidah dan mulut kita bergoyang. Soal rasa, saya menyukai cemilan satu ini. Ini menjadi ciri khas menu cemilan dari Kedai Cuan Lombok.


Porsinya juga sangat banyak buat hitungan kami berempat. Emang enak nih dimakan sambil minum kopi hangat sambil menikmati rintik-rintik hujan turun. Sangat syahdu sekali. 


Seporsi singkong huha diberi harga 15 ribu rupiah saja. Cukup murah dan rasanya enak. Cocok banget buat kalian yang sedang sakit atau males makan nasi. Bisa nih nyobain singkong huha huha (mirip slogan Wakanda yaak) hahaha. 




Es Teh Tarik Menarik 


Nah ini dia minuman yang sedang saya gemari. Selain minum kopi, teh tarik adalah minuman favorit kalau lagi bosen minum kopi. 


Teh tarik adalah sebuah minuman dengan campuran teh hitam dan susu. Enak banget diminum selagi hangat dan dingin. Sesuai selera sih. Kalau saya sih lebih suka minumnya saat dingin. 


Selain rasanya gurih dan manis di mulut, teh tarik juga sangat menyegarkan. Apalagi diminum disaat cuaca sedang panas-panasnya. 


Segelas teh tarik diberi harga 8 ribu rupiah saja. Ini dia teh tarik yang harganya paling murah nan menarik tapi porsinya lumayan besar menurut saya apabila dibandingkan dengan teh tarik yang pernah saya minum di tempat lain. 


Kedai Cuan Lombok buka dari Senin sampai Sabtu ya kecuali Hari Minggu libur. Bukanya dari jam 11 pagi hingga 7 malam. Yuk buruan datang dan diorder pesanan kalian !.



Buat kalian yang doyan nongkrong sendirian atau bareng temen-temen, tempat ini sangat cocok. Ada tapinya, buat para ahli hisap harus banyak-banyak bersabar ya soalnya disini ruangannya kecil dan bercampur dengan pengunjung yang gak ahli hisap. Hehehe. 


Over all, Kedai Cuan Lombok gak buat kecewa. Pelayanannya cukup baik. Karyawannya sangat ramah kepada pengunjung. Kita gak terlalu lama menunggu pesanan yang diorder. Dan terpenting rasa makanan dan minumannya enak. So, gak buat cuan banyak keluar. Asyiik. 


Penulis : Lazwardy Perdana Putra


Lokasi : 

Kedai Cuan Lombok 0819-0748-3473 https://maps.app.goo.gl/ntWzHfZ4kFnhb3tz8

8 comments:

  1. Saya suka dengan menunya
    Super mantap

    ReplyDelete
  2. Seru², kalau dekat dengan kantor pemerintahan, berarti kalau pas siang hari kerja biasa rame dong pegawai² pada nongkrong di sini menghabiskan waktu istirahat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibilang seperti kantin gitu. Sesekali saja temen2 kantor makan siang disini. Kita punya kantin sendiri di dalam kantor

      Delete
  3. Waaaah harganya memang mahasiswa banget ya mas 👍. Aku sukaaa nongkrong di tempat begini, murah, tapi biasanya tempat nyaman, supaya bikin betah anak2 mahasiswa yg DTG.

    Untuk makanannya, yg pizza mie, aku biasa nyebutnya martabak mie 😄. Jadi penasaran rasa pizza mie di sana, apalagi pake bumbu rahasia. Kalo aku kan pake bumbu bawaan si mie nya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak pizza mienya. Perlu dicoba buat di rmh mbak. Sya aja buat pake mie goreng instan. Campur telur hehehe

      Delete
  4. namanya mie nyinyir, pasti pedes banget tuh

    ReplyDelete