Monday 24 February 2014

Pantai Selong Belanak

Jika mendengar Pulau Lombok, mungkin yang kalian pikirkan yaitu Pantai Senggigi, Pantai Kuta Mandalika, Gili Trawangan dan Gunung Rinjani atau pantai yang sangat terkenal sekarang ini yaitu Pantai Pink yang letaknya di Daerah Jerowaru, Lombok Timur. Saking banyaknya pantai di Lombok yang sangat indah dan gili-gilinya yang setiap wisatawan lokal maupun asing pasti gatal jika tidak menginjak kakinya disana. Makanya oleh sebab itu, sungguh beruntung para wisatawan lokal maupun asing tersebut bisa menginjakkan kakinya di tempat yang indah-indah di Lombok karena belum tentu penduduk yang asli tinggal di Lombok pernah kesana karena masalah rute yang sangat jauh, butuh niat dan nekat yang besar kalau mau benar-benar kesana. he..he..he..

Untuk kali ini saya ingin berbagi cerita dan sedikit informasi kepada teman-teman yang tinggal di Lombok dan yang di luar Lombok tentang jalan-jalan saya ke Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah lewat blog saya ini. Mungkin asing di telinga kalian tentang pantai yang saya sebutkan di atas karena saya sendiri pun dulu sangat asing mendengarnya. Beda dengan teman-teman yang sudah pernah kesana jadi tolong dibenarkan informasi saya jika ada kurang tepat mengenai Pantai Selong Belanak. Jujur saja saya baru pertama kali pergi ke Pantai Selong Belanak, itupun saya memanfaatkan waktu libur saya untuk pergi kesana karena saya sangat penasaran dengan pantai yang pasirnya itu halus sekali seperti lumpur dan berwarna putih tersebut. Sebelumnya saya diceritakan oleh teman yang kebetulan sudah kesana. Selanjutnya saya mencari informasi tentang pantai tersebut di internet. Sungguh panorama pantai yang jauh berbeda dari pantai-pantai yang pernah saya kunjungi sebelumnya ( menurut saya ). Kenapa demikian, karena jalur yang saya lewati hingga sampai di pantai tersebut memiliki kesan yang sangat unik bagi saya. Lewatin jalan yang kecil dan cukup bagus, lewati bukit-bukit dan lewati beberapa pantai tetangga dengan Pantai Selong Belanak.

Perlu diketahui Pantai Selong Belanak terletak di Lombok Tengah yaitu tepatnya di sebelah barat Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah. Ada dua rute yang bisa kalian pilih tergantung posisi tempat kalian berada. Jika kalian dari Bandara Internasional Lombok kalian bisa memilih dua jalur yaitu jalur menuju Pantai Kuta dan jalur menuju arah Penujak. Jika kalian memilih jalur ke arah Pantai Kuta, kalian akan melewati Pasar Pujut dan Obyek Wisata Desa Sade yang letaknya tidak jauh dari Bandara ( BIL ), selanjutnya bertemu kalian akan bertemu dengan pertigaan yang ke arah Pantai Seger, Grupuk dan ke arah Pantai Kuta. Kalian belok kanan ke arah Pantai Kuta. Kemudian kalian akan bertemu dengan perempatan, jika kalian ke kiri kalian ke Pantai Kuta dan jika kalian ke kanan kalian ke Pantai Mawun, Tampah dan Selong Belanak, jadi kalian belok kanan yang ke arah Pantai Selong Belanak. Nanti kalian akan bertemu dengan Pantai Mawun dan Tampah, kira-kira 9 km lagi baru sampai di Pantai Selong Belanak. Sepanjang perjalanan kalian akan dimanjakan sengan pemandangan dari atas bukit melihat dua pantai yang terkenal yaitu Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Aan. Tidak cukup itu saja, kalian nanti akan melewati bukit-bukit yang sangat indah. Itu jika melewati jalur ke arah Pantai Kuta dari Bandara ( BIL ). Jika kalian yang dari Kota Mataram atau Bandara ( BIL ) juga bisa melewati jalur yang lebih dekat daripada melewati Pantai Kuta  yaitu melewati jalur yang ada di daerah Penujak. Tepatnya jika dari arah Mataram sebelum Bandara ( BIL ) kalian akan bertemu dengan perempatan atau kata org sekarang namanya bundaran Penujak. Kalian akan bertemu dengan masjid besar di seberang jalan dan di samping masjid ada jalan raya yang cukup ramai, kalian belok ke jalan tersebut dan kurang lebih 1 kilo kalian akan bertemu dengan pertigaan, kalian belok kanan dan lurus saja tidak usah belok-belok lagi ( jika ada pertigaan atau perempatan lagi ) nanti kalian akan sampai di Pantai Selong Belanak. Jika kalian baru keluar dari Bandara ( BIL ) kalian belok kanan ( mengambil arah ke Mataram ) nanti tidak jauh dari Bandara kalian akan bertemu dengan masjid besar di sebelah kiri jalan sama seperti yang saya katakan sebelumnya.

Nah itu dia sedikit infomasi mengenai Pantai Selong Belanak beserta dua jalur yang saya tawari buat teman-teman semua. Biar teman-teman penasaran makanya saya kasi sedikit informasi saja. he..he..he... Terserah teman-teman mau lewat jalur yang mana. Yang paling penting "Hati-hati di jalan dan Taat Lalu Linta saja". Selamat Berlibur..... :)

"Beberapa foto di Pantai Selong Belanak yang sempat saya dokumentasikan"

" Selong Belanak Beach "

Perahu Nelayan yang lagi nonggkrong di pinggiran pantai

Perahu Nelayan dan wisatawan yang lagi main air

Nelayan yang baru pulang memancing

Anak kecil yang melompat saat hemburan ombak datang

Para wisatawan yang mengabadikan foto mereka

Anak-anak yang lagi asyik berenang di pantai

Pemandangan pagi hari di Selong Belanak

Pasir putih dan lembut

Selong Belanak dengan air pantai yang berwarna hijau,biru dengan hiasan bukit-bukit

Para bule-bule yang menyewa perahu nelayan untuk diantar ke tempat surfing
Nyewanya berapa duit Mr. ? he..he..he..