Saturday 8 April 2023

Tempat Ngabuburit Ramah Anak : Taman Sangkareang, Kota Mataram


Kini Bulan Ramadhan tinggal menyisakan beberapa hari lagi. Mana suaranya yang sedang bingung mau bukber dimana ?. Pastinya gak mau dong melewatkan waktu dan kesempatan bisa bukber sama keluarga, teman atau gebetan di tahun ini, Asyiik. 


Btw, meskipun agak terlambat saya menulis tentang suasana Bulan Ramadhan di kota tercinta ini. Gak ada salahnya kita hunting-hunting salah satu lokasi ngabuburit ramah anak versi saya. Pastinya tempatnya super lengkap. Lebih jelasnya, baca terus sampai selesai !.


Ngabuburit yang berkualitas ala bapak-bapak seperti saya ini ya ngajakin anak istri jalan-jalan sambil menunggu waktu berbuka. Kebetulan pas weekends, saya dan keluarga ngabuburit ke salah satu lokasi di tengah kota. Sebut saja Taman Sangkareang yang letaknya di Jalan Pejanggik, Kota Mataram. 


Tepatnya di seberang Hotel Santika Lombok dan bertetangga dengan Kantor Walikota Mataram dan Gubernur Provinsi NTB. Gak jauh juga dari Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center Lombok. 


Bisa baca ini juga : Peresmian Islamic Center Lombok





Taman Sangkareang menjadi ikon dan destinasi wisata kota yang dimiliki oleh Kota Mataram. Setiap harinya dari pagi hingga malam, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh warga setempat. Mulai dari anak-anak hingga orang tua sangat senang datang ke taman yang kece ini. 


Dulunya tempat ini bernama Lapangan Umum Mataram. Setelah adanya renovasi secara bertahap, taman ini menjadi lebih cantik dan instagramable. Dan Pemkot Mataram merubah namanya menjadi Taman Sangkareang. 


Kalau dilihat dari bentuknya, taman ini seperti alun-alun yang ada di beberapa kota di Pulau Jawa. Seperti Alun-Alun Utara Yogyakarta, Alun-Alun Banjarnegara dan sebagainya. Bisa dibilang taman ini tempat warga Kota Mataram menghabiskan waktu untuk berolahraga dan jalan-jalan bareng keluarga dan sahabat. 






Taman Sangkareang dilengkapi dengan beberapa wahana bermain anak-anak di sisi sebelah utara seperti ayunan, perosotan, tangga-tanggaan dan yang membuat tempat ini ramah anak yaitu lantainya terbuat dari rumput sintetis sehingga lebih nyaman dan gak khawatir kotor. 


Selain itu, disini juga ada kolam air mancur yang sekelilingnya terdapat tanaman hijau dan bunga yang cantik. Di sebelah selatan air mancur, sudah dibangun panggung permanen tempat mengadakan event atau konser. Ada juga taman baca dan tempat olahraga seperti lapangan basket dan area jogging atau berjalan kaki. Di tengah taman ini juga terdapat lapangan rumput untuk bermain sepakbola atau sejenisnya. 


Yang terbaru, tepat di sisi sebelah selatan, dibuat semacam gapura berbentuk lumbung dengan tulisan Sangkareang Mataram dilengkapi dengan lampu yang kece disaat malam. Disini pas banget untuk berswafoto. 





Nah pas saya dan anak-anak kemari. Tujuannya ya pengen nyari udara sore sambil jalan-jalan. Ini pertama kalinya saya mengajak anak-anak kesini. Untungnya saja keduanya seneng dan menikmati beberapa permainan sampai gak mau pulang. 


Yang buat tambah gak mau pulang, disini juga ada beberapa permainan anak-anak seperti mancing belut, main pasir warna-warni dan mewarnai gambar yang ada di sebuah papan styrofoam putih. Untuk sekali mewarnai dipatok harga 10 ribu rupiah. Begitu juga mancing ikan dan main pasir, masing-masing 10 ribu rupiah dan dapat hadiah mainan lhoo. Ini mainnya sepuasnya ya alias sampai bosen, hehehe.


Buat bapak-bapak seperti saya juga boleh mencoba ya. Hitung-hitung mengulang kenangan masa kecil dulu. Yang penting jangan lupa nambah bayaran 10 ribu lagi, hehehe. 



Disini juga ada beberapa penyewaan mobil-mobilan dan sepeda listrik lho ya. Saya kurang ingat berapa sewanya. Kalau gak salah sekitar 20 hingga 50 ribu untuk sekali sewa mobil dan sepeda listrik. Koreksi ya kalau salah informasi !. Perlu diingat ini buat anak-anak lhoo ya. Orang dewasa gak boleh naik tapi tetap mengawasi anak-anak saja !. 


Buat kita yang ingin mencari tempat buka puasa tapi masih betah nemenin anak main di Taman Sangkareang, gak perlu khawatir. Di sebelah barat taman ada banyak penjual makanan. Dari makanan ringan sampai makanan berat ada disini. Beberapa yang menjadi makanan khas Pulau Lombok ada juga disini seperti sate bulayak, pelecing kangkung dan masih banyak lainnya. 


Selain menu berat, ada juga beberapa takjil ringan seperti jajanan pasar, cilok, es campur dan lain - lain. Tinggal pesan menu berbuka sambil mencari tempat duduk beralaskan tikar. Hitung-hitung mengulang masa-masa pacaran sama istri dulu, Asyiik.



Bagi kalian yang pengen buka bareng di luar bareng keluarga, teman atau gebetan, bisa banget datang ke Taman Sangkareang. Dijamin murah meriah alias gak buat dompet bolong. 


Sudah dulu ya, kita lanjut dengan tema-tema lainnya di tulisan berikutnya. Jangan bosen mampir di blog ini. Tetap jaga kesehatan biar bisa makan enak dan traveling pastinya !.


Penulis : Lazwardy Perdana Putra


8 comments:

  1. Bener banget Kang... Explore kota sendiri memang lebih enak ya, selain irit juga lebih tenang ...Gak kepikir sampai kesana.. Tulisan luar biasa...inspiratif.. Tengkiu infornya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bang. Masih banyak tempat2 yg nyaman buat qta datangi termasuk belakang rmh qta. Asyiiik

      Delete
  2. sekarang taman sangkareang jadi lebih bagus ya
    ada rumput sintetis dan area bermain anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih nyaman dan ramah anak mas. Ramah kantong jg hehehe

      Delete
  3. Foto yg paling atas, itu lantai conblock nya di lukis 4D ya mas? Cakeeeeep sih, dan jujur pusing mata melihat, seolah kayak beneran, dan kayak ada celah jalannya 👍😄.

    Enaak nih kalo ada taman begini. Yg terpenting ada tempat main anak. Aku sering ajakin anak2 main di taman, yg aku tau ada Playground buat mereka. Sayang di JKT ga banyak. Padahal butuh sih taman begitu supaya anak2 semangat mau main di luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak lukisan 4D. Utk di kota besar apalagi di pusat kota perlu adanya lokasi hijau semacam taman bermain dan ramah anak.

      Kalau gak salah d JKT ada yg baru ya di Taman Tebet klo gak salah ya.?

      Delete
  4. Mudah²an tidak manfaatkan anak2 muda buat mesum ya, kaya di Malang sini alun² semacamnya malah dipakai tindakan mesum, kalau gak di area terbuka ya di mobil.

    Parah emang anak² jaman sekarang, mudah²n di sana tidak begitu, kalau di Malang sudah terkenal, mesum di tempat umum sudah jadi tren, padahal sudah ada yang kena, koq masih pada berani #herman

    ReplyDelete