Thursday, 29 March 2018

Narmada Botanic Garden : Taman Bunga Instagrammable


Narmada Botanic Garden !

Kalian pernah mendengar nama tempat ini sebelumnya ?. Dua minggu yang lalu, sebuah botanic garden yang berlokasi di daerah Narmada, Lombok Barat telah resmi dibuka untuk umum. Bertemakan education garden (taman pendidikan), tempat ini sudah mampu menarik perhatian para Kids Jaman Now yang hobi berburu foto eksis sejak hari pertama dibuka. Bisa dilihat dari akun instagram resminya (@narmadabotanicgarden) yang sudah memposting puluhan foto-foto yang instagrammable banget. 

Awal saya mengetahui tempat ini dari mbak saya sendiri dan akun resmi instagramnya. Kebetulan mbak saya tau kalau saya lagi nyari bahan tulisan, dia langsung mengajak saya ke lokasi sehabis pulang kerja. Emang baik bener mbak saya satu ini (ada modus dibalik kebaikanya). Modusnya lagi-lagi ya pengen difoto ala-ala model tahun 45 eh salah, tahun 90an biar gak terlalu jadul gitu.hehehe..peace mbak.

Apa saja sih yang menarik di Narmada Botanic Garden ? Dilihat dari foto-foto instagramnya sih kece-kece. Dan saya ingin membuktikan tempat ini gak hanya kece di foto saja tapi kece aslinya juga.











Kami berdua menuju Narmada Botanic Garden sekitar jam empat sore, sehabis shalat ashar. Sengaja mengambil sore biar agak adem saja. Kurang lebih lima belas menit menggunakan sepeda motor, kami berdua sudah sampai di lokasi parkiran taman ini. Jarak dari Kota Mataram ke Narmada Botanic Garden hanya dua belas kilometer saja. Gak terlalu jauh dan sangat dekat dengan jalan raya yang menghubungkan Kota Mataram dengan Kota Selong, Lombok Timur. 

Untuk lebih jelasnya, Narmada Botanic Garden berada di sebelah timur dari Taman Narmada yang sudah terkenal namanya di antara para travelers yang berlibur ke Pulau Lombok. Jalurnya pun mudah, sudah ada juga di google maps. Tinggal buka aplikasi google maps di smartphone kalian masing-masing dan tinggal ketik nama "Narmada Botanic Garden". Nanti ada operatornya yang membimbing kalian, "Jalan terus, belok kiri, jangan belok kanan soalnya belok kanan rumahnya mantan loe !". Beres kan hehehe.

Masuk ke tamannya murah meriah lhoo. Hanya membayar 5 ribu rupiah per orangnya, itupun sudah termasuk biaya parkir. Asyiknya, sore itu gak banyak pengunjung yang datang alias masih jam kerja juga, kecuali Kids Jaman Now yang sudah tersebar di setiap sudut taman ini. Menurut informasi, tempat ini akan ramai disaat hari libur. Gak kebayang sudah kalau ramai, susah dapat foto bagus pastinya.

Gak hanya sekedar taman yang dipenuhi dengan bunga dan tanaman hias saja, tapi disini juga terdapat beberapa spot foto jaman now yang keren-keren. Pasti kalian yang penggila eksis, sangat suka dengan tempat ini. Disini ada tulisan-tulisan lucu dan menarik. Saya gak sempat mengambil gambarnya. Ada juga tersedia beberapa hanmock yang sudah terpasang, Selain  itu ada rumah pohon dan ayunan yang sangat menggoda untuk dicoba. 

Kalau capek hunting-hunting foto dan berkeliling taman, disini juga disediakan mini cafe yang untuk saat ini hanya tersedia beberapa minuman ringan dan snack saja. Kedepannya akan dibangun sebuah cafe kece dan ruang pertemuan di tempat ini. Keren kan ?.

Selain cafe, akan dibuat juga sebuah labirin sederhana untuk arena bermain anak-anak kecil sehingga orang tua merasa nyaman dan betah berlama-lama bermain bersama anak-anak mereka. Saat kami berdua datang, labirinnya sedang proses pembuatannya. Kalau gak ada halangan, beberapa hari kedepan, labirinnya sudah selesai dibuat. 






Ohya, jadi lupa saya memperkenalkan pengelola sekaligus yang punya taman ini. Namanya Mas Bayu, beliau masih muda dan sangat ramah kepada pengunjung. Anak seorang dokter dari tujuh bersaudara ini, sukses menciptakan taman botani yang gak hanya sekedar taman, tapi sebuah taman edukasi yang sangat bermanfaat buat kita semua, dari anak-anak sampai orang tua. Di taman ini kita bisa belajar betapa pentingnya menjaga tanaman dengan baik dan bijak. Bukannya merusak demi kepentingan tertentu. Untuk menjaga tempat ini, disetiap area tanaman dipasang papan kayu yang bertuliskan "Jagalah Aku, Jangan Merusak Aku". Dari kalimat tersebut, kita diberi peringatan untuk jangan merusak atau memetik dan menginjak tanaman yang ada. Inga-inga tinggg !.

Luas taman ini sekitar satu setengah hektar. Luas juga ya ternyata. Kerennya taman ini berada di tengah-tengah perkampungan warga Narmada. Udara sejuk dan suasana alam pedesaan sangat terasa di lokasi ini. Kami berdua pun sangat betah berlama-lama disini. Sejauh ini gak mengecewakan. 

Untuk saat ini ada beberapa jenis bunga yang ada. Salah satunya Bunga Matahari atau bahasa kerennya Sun Flower. Jenis bunga ini sangat jarang saya temukan di Kota Mataram. Dan akhirnya saya bisa menemukannya disini. Ratusan Bunga Matahari menghiasi taman ini dengan indahnya. Spot foto yang paling kece dan favorit, ya bersama ratusan Bunga Matahari ini. Gak hanya Bunga Matahari saja, ada juga Bunga Lavender dan tanaman-tanaman lainnya yang gak boleh dilewatkan. 








Meskipun emak-emak anak tiga, mbak saya gak mau kalah dengan Kids Jaman Now yang sedang eksis juga di tempat ini. Habis fotoan, lalu dipamerin di instagram, itulah kelakuan mereka. Saya pun langsung mengambil kesempatan. Beberapa cewek disini saya fotoin. 

Awalnya sengaja sih, tapi mereka akhirnya menawarkan diri untuk difoto sama fotografer kece kayak saya gitu (mulai dah). Dengan berbagai macam gaya. Dari gaya malu-malu, pegang rambut melihat ke arah lain, sampai monyongin bibir ke salah satu Bunga Matahari. Untung saja gak monyongin bibir ke arah saya, bisa-bisa ...... hehehe, gak perlu dilanjutkan.

Habis difoto, langkah selanjutnya saya meminta akun instagramnya. Tujuannya untuk mengirimkan foto-foto mereka. Anehnya bukannya akun instagram, mereka memberikan nomor whatsappnya langsung. Ada udang di balik kamera nih,hehehe. Mbak saya geleng-geleng kepala liat tingkah laku mereka, eh salah. Maksudnya geleng-geleng kepala liat kelakuan saya sih. Antara seneng dan cemas bisa-bisanya saya dapat langsung nomor whatsapp cewek manis gitu. "Mana manisan sama gebetan loe ?". Hmmmm....manisan emak saya di rumah lah (jawaban diplomatis),hehehe. 




Ada yang bertanya, kenapa di postingan wajah saya yang kece ini gak ada ?. Alasannya karena saya gak pede fotoan bareng bunga-bunga, itu saja. Lebih baik jadi fotografer modus saja disini.hehehe.

Suasana yang alami, udara yang sejuk, bunga-bunga yang bermekaran, tanaman padi yang hijau, serta langit sore yang cukup indah. Cukup membuat saya merasa senang dan puas. Kedepannya Narmada Botanic Garden akan kedatangan beberapa jenis tanaman bunga lainnya yang gak kalah indahnya. Kita tunggu saja !. Berhubung matahari sudah tenggelam dan langit sudah mulai gelap, kami berdua pulang ke rumah.

Gimana, kalian tertarik mengunjungi Narmada Botanic Garden ?. Buruan datang kesini. Bukanya dari jam delapan pagi sampai pengunjung pulang (informasi dari Mas Bayu, pengelola taman ini). 

Happy Weekend Guys !!! 

***

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

26 comments:

  1. Nah ini taman yang saya cari2 lokasinya. Keren banget ya..
    bagus nih ajak anak istri kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok ksana mas broo..sebelum smakin ramai hehehe

      Delete
  2. Replies
    1. Itu dadakan soalny.. Awalny k rmh kluarga dkat sana.. Eh diajakin ksana dah hehehe

      Delete
  3. Iya keren abiz ...tks y bt foto2x keren cm satu kurangx ...sy g dpt metik timunx dik hik hik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Bilang aj sama Mas Bayu mw metik timunnya hehehehe

      Delete
  4. keren tempat n tulisannya kak 😄

    Gasssssss

    ReplyDelete
  5. Kerenn kak 😆😆😆
    Kalimat.aa juga 😂😂😂

    ReplyDelete
  6. Kereeeeen, asek nambah lagi dah daftar list ane, asli ente sakti mas broo, tau aja tempat2 keren. Tengkiuuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu aj ane dikasitau ada tmpat baru. Kebetulan yg kelola kenalan jg hehehe

      Delete
  7. Wuih keren ya... Sy blm pernah k sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru dua minggu buka mas broo.. buruan sebelum bunga mataharinya mati dan digantikan dgn yang baru hehehe

      Delete
  8. Wah deket rumah tapi belum pernah kesana

    ReplyDelete
  9. Ikut senang ngelihat taman wisata seperti ini sekarang juga ada di Lombok.
    Wisata seperti ini memang lagi booming.
    Bagus untuk lebih mengenal tanaman dan pertanian.


    ReplyDelete
  10. wuah keren nih fotoan di bunga matahari...

    kesana ah

    ReplyDelete
  11. Wah kalau cewek cewek pasti demen banget kalau diajak ke tempat kayak ginian :D

    ReplyDelete
  12. liat-liat google lagi cari materi tentang wisata lombok, nemu blog ini pas scroll ke bawah, eh ada poto bareng temen2, wkwkwkwkwk

    ReplyDelete