Saturday, 30 September 2017


Hari Minggu tanggal 1 Oktober 2017, tempat saya bertugas yaitu Balai Kesehatan Mata Masyarakat Provinsi NTB mendapat undangan sekaligus tugas untuk mengadakan pelayanan pemeriksaan mata gratis kepada masyarakat umum. Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Provinsi NTB yang masih menjadi bagian dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB ini mendapatkan tempat spesial untuk ikut berpartisipasi dalam rangka acara Inspiratif Expo yang diadakan oleh Diskominfo Provinsi NTB. Acara ini diadakan tepat di depan kantor Diskominfo Provinsi NTB dan Gedung DPRD Provinsi NTB, Jalan Udayana, Kota Mataram. Tepatnya di hari Minggu, saat Car Free Day (CFD) Udayana berlangsung.






Car Free Day Udayana, Kota Mataram sudah menjadi tempat wisata sekaligus tempat cuci mata yang paling kece di Pulau Lombok. Sama seperti di kota-kota besar lainnya, CFD hanya berlangsung seminggu sekali, tepatnya hanya di Hari Minggu saja. Bagi yang ingin berolahraga, sudah ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan disini antara lain Senam SKJ, lintasan untuk lari, sepedaan dan lainnya. Sedangkan bagi yang ingin wisata kuliner, disini tempat untuk mencari makanan ringan sampai berat. Nah, ini yang paling ngenes. Bagi yang masih jomblo, bisa cuci mata sambil olahraga (niat sih cuci mata, tapi modusnya olahraga...hahahahaha)

Saya yang bertugas menjadi koordinator sementara buat temen-temen BKMM yang bertugas di kegiatan pemeriksaan mata gratis. Berhubung ketua Tim Humas BKMM lagi cuti melahirkan, jadi saya ditunjuk oleh Kepala BKMM untuk mengkoordinir segala macam persiapan dari tenaga yang ditugaskan sampai acara selesai, berpusing ria nih..hehehehe. Sekali lagi saya gak sendirian, kita tim Humas BKMM semuanya berperan aktif untuk mempersiapkan semuanya sampai acara selesai. 

Tenaga Kesehatan yang bertugas dari BKMM Provinsi NTB ada tiga orang yang sudah berkompeten di bidangnya masing-masing dan semuanya dari Tim Humas BKMM Provinsi NTB. Acara pemeriksaan mata gratis sendiri dimulai dari pukul 06.00 - 09.00 pagi. Sebelum kegiatan pemeriksaan mata gratis dimulai, kami senam SKJ dulu biar tambah semangat dan sehat pastinya.







Antusias masyarakat yang datang ke stand kami (BKMM) dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB sangat tinggi. Bisa dilihat dari panjang antrian dan semangat masyarakat untuk memeriksakan kesehatan mereka, khususnya kesehatan mata. 

Untuk pemeriksaan mata sendiri kita hanya melayani pemeriksaan min plus atau ukuran lensa mata saja, sedangkan bagi yang ingin menanyakan tentang penyakit mata lainnya seperti katarak, glaucoma dan lainnya, kami punya tempat untuk berkonsultasi. Ada juga yang menanyakan tentang apa saja yang kita konsumsi biar mata kita tetap sehat dan pola hidup yang bagaimana yang bisa dikatakan sehat untuk mata. Kita sebagai tenaga kesehatan yang memiliki keahlian untuk menjawab, dengan ramah dan penuh senyum menjelaskan sampai masyarakat bisa mengerti dan paham apa yang sudah kami sampaikan. 




Dari anak kecil sampai orang tua rela mengantri untuk mendapat giliran diperiksa baik kesehatan mata maupun kesehatan yang lainnya. Disamping periksa mata gratis yang dilayani oleh temen-temen BKMM Provinsi NTB, ada juga pemeriksaan tekanan darah, berat badan, dan konsultasi mengenai seputaran kesehatan gratis yang dilakukan oleh temen-temen medis dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Saya senang melihat masyarakat yang datang di Car Free Day karena sadar akan kesehatan mereka sendiri.

Selain dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan BKMM Provinsi NTB, hadir juga beberapa instansi lainnya yang turut memeriahkan acara Inspiratif Expo ini. Ada pula beberapa hiburan seperti musik dan beberapa kuis yang hadiahnya sangat menggiurkan. Hadir pula beberapa pejabat yang terkait, salah satunya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, "dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A" yang sekalian melihat para stafnya melakukan pelayanan kesehatan dengan ramah, senyum dan maksimal kepada masyarakat umum. 




Betapa pentingnya kita memeriksakan kesehatan agar tubuh ini tetap sehat, minimal sebulan sekali. Event seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kesehatan kita sendiri baik kesehatan mata, jantung, lambung, kulit dan sebagainya. Harapan saya event-event seperti ini lebih sering lagi diadakan untuk mendorong masyarakat agar selalu hidup sehat. Amiin.

Waktu sudah menunjukkan pukul 09.00 pagi, saatnya pelayanan pemeriksaan mata gratis dengan berat hati kami tutup. Masih banyak sebenarnya masyarakat yang ingin memeriksakan mata mereka tapi berhubung diberikan waktu sampai pukul 09.00 oleh panitia acara, kami ajak mereka untuk periksa mata ke klinik dokter mata, rumah sakit dan di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Provinsi NTB yang terpenting, karena kami disana sudah memiliki para tenaga kesehatan yang sudah terampil di bagian seputaran kesehatan mata, hehehehe (promosi colongan).

"Mata adalah Jendela Dunia". Jadi tanpa adanya mata, kita gak bisa melihat keindahan alam yang sangat indah dan kece ini. Apalagi bila tanpa mata yang sehat, saya gak dapat melihat senyumanmu yang selalu membuat saya terpesona, kamu ya kamu.... ( mulai alaaayy ).

Catatan : Mohon Maaf Bila Terdapat Kesalahan Dalam Penulisan Nama atau Tempat :)

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

0 comments:

Post a Comment