Saturday, 6 January 2018

Sate Tanjung Pojokan Inaq Meno, Lombok Utara


Kota Tanjung.

Kalian pernah mendengar nama kota tersebut ?. Yaa bener, Kota Tanjung adalah kota yang berada di Kabupaten Lombok Utara dan menjadi pusat pemerintahan kabupaten saat ini. Kota yang berjarak 21 km dari Kota Mataram ini memiliki wisata kuliner yang sudah terkenal sampai keluar Pulau Lombok.

Sate Tanjung, kuliner asli dari Kota Tanjung. Dulu hanya beberapa saja yang menjual sate ini, tapi sekarang sudah banyak menjamur di sepanjang jalan Kota Tanjung. Setiap saya habis jalan-jalan ke daerah Lombok Utara, pasti selalu mampir di salah satu penjual Sate Tanjung, baik jadi menu makan siang atau oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Dulunya keberadaan Sate Tanjung hanya ada di sekitaran wilayah Kota Tanjung dan sekitarnya saja. Tapi saat ini sudah ada beberapa penjual Sate Tanjung yang ada di tempat lainnya sebagai contoh di Kota Mataram. Rasanya pun gak jauh berbeda, sama-sama enak. 

Nah kali ini saya mau memberikan sedikit rekommendasi dimana sih membeli Sate Tanjung yang enak ?. Bukan berarti di tempat yang lain gak enak lhoo ya, tapi ini hanya salah satunya saja. Ini menurut versi saya sendiri, hehehe.

Namanya Sate Tanjung Pojokan Inaq Meno. Lokasinya di Jalan Karang Bayan dan Lading-Lading, Kota Tanjung. Gak susah menemukan warung sate ini. Dari arah utara, setelah kantor Bupati Lombok Utara, belok ke kiri ke Jalan Lading-Lading. Bertemu dengan pertigaan, pas di pojokan pertigaan Warung Sate Tanjung Pojokan Inaq Meno berada. Bukanya dari jam 3 sore sampai 6 sore.




Sekilas tentang Sate Tanjung.

Pulau Lombok gak hanya terkenal dengan wisata pantai, Gili Trawangan atau Gunung Rinjaninya saja. Tapi ada beberapa kuliner yang sangat terkenal di pulau ini. Salah satunya Sate Tanjung. Saya salah satu penyuka sate ini karena bumbunya yang pas dilidah. Selain harganya yang terjangkau, sate ini juga memiliki aroma yang sangat khas yaitu aroma ikan yang masih segar.

Sate Tanjung terbuat dari daging ikan (ikan cakalang, ikan langoan atau ikan marlin). Potongan daging ikan yang sudah siap kemudian dilumuri dengan bumbu-bumbu rahasia, selanjutnya ditusuk dengan tusuk sate. kemudian dijejerkan di sebuah pembakar sate pada umumnya dengan menggunakan arang yang sudah dibakar terlebih dahulu. Dibakar sambil dikipas-kipas sampai matang.

Saya melihat secara langsung proses pembuatan Sate Tajung Pojokan Inaq Meno sambil mengajak ngobrol salah satu pegawainya. Bertanya ngalor ngidul tentang Sate Tanjung, sampai saya dikasitau apa saja bumbu yang dipakai dalam pembuatan sate ikan yang enak ini. 

Jadi sekilas info yang saya peroleh, bumbu yang dipakai antara lain cabe merah, cabe merah kering, lengkuas, kemiri, bawah putih, kulit jeruk purut, jeruk limau, kecap manis, garam dan santan. Sedangkan ikan yang dipakai yaitu cakalang dan langoan, tapi lebih banyak sih pakai ikan cakalang.

Satu porsi Sate Tanjung seharga 20 ribu ( dapet 18 tusuk ). Lumayan banyak, bisa dilihat dari ukuran satu tusuknya itu potongan daging ikannya besar-besar. Makan 8 tusuk saja sudah kenyang rasanya. Warung Sate Tanjung Pojokan Inaq Meno juga memiliki tempat duduk bagi yang ingin makan sate disana. Tempatnya juga nyaman dan bersih. Pegawainya juga ramah-ramah dan gak pelit ilmu tentang Sate Tajung,hehehe.



Selain menjual sate, Sate Tanjung Pojokan Inaq Meno juga menjual Pepes Ikan. Rasa Pepesnya enak banget, susah dijelaskan dengan kata-kata. Pokoknya dicoba sendiri bila sempat mampir ke Kota Tanjung. 

Saya, Ocha dan Eza habis dari mengexplore Air Terjun Frendo, Gangga, Lombok Utara, mampir di Sate Tanjung Pojokan Inaq Meno membeli satu porsi sate buat dibawa pulang ke rumah untuk menemani santap malam sambil menunggu pergantian tahun baru,hehehe. Paling enak dimakan saat hangat, jadi kalau sudah dingin, bisa dihangatkan sebentar saja di rumah.

Jangan lupa mampir untuk membeli Sate Tanjung di beberapa warung Sate Tanjung yang ada di Kota Tanjung, Lombok Utara. Salah satunya di Sate Tanjung Pojokan Inaq Meno, rekommended, hehehhee

Buat kalian, Warung Sate Tanjung mana yang terenak menurut versi kalian ? :)

Catatan :
- Obyek wisata terdekat : Gili Trawangan, Meno, Air, Elephant Park Lombok, Pantai Sire, Air Terjun Gangga, Tiu Pituq, Rumah Pohon Gangga Murmas.
- Satu porsi 20 ribu ( 18 tusuk )
- Buka dari jam 3 sore sampe 6 sore

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

2 comments: