Friday, 12 October 2018


Kembali lagi ke cerita Narmada Botanic Garden.

Sudah pernah baca tulisan saya tentang Narmada Botanic Garden sebelumnya?. Bagi yang belum sempat baca, bisa dilihat di postingan sebelumnya biar gak gagal fokus sama isi cerita saya kali ini. 

Bisa baca disini : Narmada Botanic Garden

Berawal dari chat salah satu komunitas di grup whatsapp yang berisi undangan acara ulang tahun komunitas tersebut, sebut saja namanya Genpi Lombok Sumbawa.

Tempat diadakannya acara ulang tahun Genpi Lombok Sumbawa yaitu di Narmada Botanic Garden (NBG). Pas banget nih acara ngumpul-ngumpulnya di tempat yang kece dan favorit saya banget. Kebetulan juga si doi salah satu panitia acara ulang tahun tersebut. So.. beberapa persiapan seperti nyiapin konsumsi, saya menemani si doi untuk ngurusnya.














Sebelum bercerita jalannya acara ulang tahun, saya akan sedikit membahas apa saja sih yang berbeda dari Narmada Botanic Garden sebelum-sebelumnya. Di tulisan saya yang lalu, saya banyak bercerita tentang jenis tanaman yang ada di kebun bunga ini.  Salah satu yang menjadi ikon kebun bunga ini yaitu Bunga Mataharinya. Sudah banyak kita lihat di medsos,  terutama di instagram. Banyak anak muda penggemar fotografi yang mengabadikan foto-foto mereka bersama Sun Flower. Kece-kece lagi fotonya. 

Saat ini gak hanya Bunga Matahari saja yang menjadi primadona. Beberapa tanaman seperti Bunga Lavender, Gemitir dan Flamboyan juga gak kalah indahnya dari Sun Flower. Narmada Botanic Garden banyak menawarkan berbagai jenis tanaman dan spot-spot foto yang memanjakan pengunjung. Dulu di kebun bunga ini belum ada spot foto berupa papan kayu yang bertuliskan "Narmada Botanic Garden", sekarang sudah ada dan berada di bagian depan pintu masuk kebun bunga. 

Belum lagi spot baru yang gak kalah kecenya, seperti quote-quote yang bertuliskan kalimat yang menggelikan tapi ngena di hati. Buat yang lagi kasmaran atau lagi pedekate dengan gebetan, bisa jadi tersindir kalau bacanya. Quote-quote tersebut berada di bagian belakang kebun bunga. Ada juga kebun buah jambu biji kristal yang rasanya gurih dan segar. Tinggal petik buah yang mateng dan jangan lupa dibayar di kasir yaak,hehehe. 

Hanya membayar tiket masuk 5K saja, kita sudah puas foto-fotoan dimana saja. Yang penting bisa jaga sopan santun dan mengikuti aturan yang ada. Sebagai contoh, boleh dimana saja foto-foto tapi jangan sampai merusak tanaman bunga apalagi memetiknya. Sangat dilarang !. 

Bertemakan taman edukasi, selain tanaman bunga disini juga ada wahana bermainnya seperti ayunan, memanah dan rumah-rumahan. Semuanya wahana baru yang ada di Narmada Botanic Garden. Ada juga kandang kelinci dimana saya melihat ada dua ekor kelinci yang lucu-lucu dan menggemaskan. Gemasnya seperti kamu ya kamu.

Kecenya lagi, sekarang di kebun bunga ini ada cafenya lhoo. Di tulisan saya sebelumnya, saya pernah bilang akan ada cafe kece di Narmada Botanic Garden, ternyata rencana itu terealisasi juga. Konsep cafenya sendiri yaitu outdoor. Desain yang sederhana dan ramah lingkungan pastinya. Semuanya terbuat dari kayu dan bila malam tiba, lampu cafenya keren habis. Disini banyak menjual menu yang lezat dilidah lhoo. Apa saja?. Di tulisan saya berikutnya akan saya bahas tentang kulinernya. Harap bersabar yaak,hehehe. 

Itu dia sekilas tentang Narmada Botanic Garden, masih banyak sebenarnya yang akan saya tulis. Tapi berhubung masih ada satu cerita lagi tentang Narmada Botanic Garden, cerita lainnya saya simpan dulu yaak.  





Kembali ke cerita utama !!!

Tujuan saya bareng si doi ke Narmada Botanic Garden sore itu untuk menghadiri ulang tahun Genpi Lombok Sumbawa. Sudah tau kan Genpi itu apa ?. Genpi singkatan dari Gerakan Pesona Indonesia. Bahasa sederhananya Genpi itu komunitas yang bergerak mempromosikan destinasi-destinasi wisata Indonesia melalui media online maupaun offline. Gak hanya destinasi wisata saja, tapi beberapa event wisata di Indonesia juga dipromosikan melalui media sosial baik twitter, instagram maupun facebook gitu. Sudah ada sekitar dua puluh provinsi atau daerah yang ada Genpinya. Target akhir tahun ini, semua provinsi di Indonesia ,ada Genpinya. Kece kan ? hehehe.

Di tahun 2018, Genpi Lombok Sumbawa sudah berumur dua tahun. Gak terasa memang dengan seiring berjalannnya waktu, siang berganti malam, malam berganti pagi. Status jomblo, sekarang sudah persiapan menikah (gagal fokus),hehehe. 

Untuk merayakan ulang tahun yang kedua, kami keluarga besar Genpi Lombok Sumbawa mengadakan kumpul-kumpul kecil sekalian syukuran atas selamatnya salah satu sahabat kita dari bencana gempa dan tsunami Palu beberapa saat yang lalu.

Yang hadir saat itu ada dari blogger, vlogger, selebgram, dan teman-teman dari Genpi sendiri. Ada juga dua teman kami yang ikut hadir yaitu Bang Ubay dari Genpi Sumatera Selatan dan Mbak Leni dari Genpi Bintan. Keren sekali datang jauh-jauh dari kampung mereka demi menghadiri acara ulang tahun Genpi LS di Narmada Botanic Garden. Mantap !!!.

Acara sore itu sangat meriah. Kami diwajibkan menggunakan pakaian serba merah biar terlihat kompak gitu.  Pembawa acara membuka acara dengan bahasa santai. Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan cerita dari Bang Jack, sahabat kami yang selamat atas bencana gempa dan tsunami Palu disaat bertugas dalam sebuah event disana. 

Malam pun tiba, setelah selesai shalat magrib, acara pun dilanjutkan menonton beberapa video tentang perjalanan Genpi LS selama dua tahun. Setelah itu, acara utama tiba yaitu potong nasi tumpeng sekaligus doa bersama. Doa kami, semoga Genpi LS semakin kompak dan solid. Tetap semangat dalam mempromosikan wisata Indonesia baik di online maupun online. 

"Salam Pesona Indonesia, Wonderfull"

"Salam Genpi. Gasss"

"Bersambung"

Penulis : Lazwardy Perdana Putra



2 comments:

  1. bunga2 nya indah ya,

    foto2 quotenya mana nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disimpan dulu mas buat tulisan selanjutnya 😎😎😎

      Delete