Tuesday, 14 November 2017

Kemeriahan di Hari Kesehatan Nasional ke-53


Tahun ini merupakan kado termanis buat saya pribadi. Kenapa demikian ?, karena di tahun ini saya bersama teman-teman tim Humas dan Hari Kesehatan Nasional dari Balai Kesehatan Mata Masyarakat Provinsi NTB mendapat juara dari beberapa perlombaan memeriahkan HKN ke-53 yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Moment Ikut Lomba

Dari lomba senam peregangan, kami keluar sebagai juara ketiga. Memang gak mendapatkan juara satu atau dua, namun kami meraih juara untuk pertama kalinya di ajang perlombaan paling bergengsi ini, cieeeee. Selanjutnya, kami mendapatkan juara ketiga di lomba outbond. Lagi-lagi kami gak mendapat juara satu atau dua, tapi ini adalah untuk pertama kalinya kami mendapat posisi tiga besar di bagian ini. Nah, yang paling kece lagi kami mendapat juara satu di perlombaan balap karung. Keren kan, generasi baru langsung mendapat juara. Seperti tim sepakbola, pemain muda plus berbakat yang diturunkan dan langsung mendapatkan prestasi yang cemerlang. Borong juara ceritanya hehehe.

Keberhasilan kami mendapat hasil yang memuaskan gak lepas dari semangat, kekompakan tim dan doa yang selalu terjaga. Untuk mendapatkan ini gaklah mudah. Panjang perjalanan kami hingga mendapatkan hasil yang baik. Meskipun sederhana, tapi kami bisa dan pasti bisa membawa nama instansi tempat kami bertugas.


Dari latihan senam setiap hari setelah jam istirahat, sampai berpusing ria mengganti lagu dan gerakan dikarenakan sehari sebelum dimulainya lomba, para panitia mengumumkan bahwa persyaratan lomba harus menggunakan lagu daerah NTB disaat technical meeting. So, kami harus lembur untuk menentukan lagu dan gerak buat lomba esok harinya (Sistem Kebut Semalam). Di hidup ini gak ada yang gak mungkin. Semuanya akan tercapai bila kita selalu yakin dan terus berusaha. Latihan hanya satu hari, bisa membuat kita menemukan kekompakan.

Pada saat hari perlombaan, kami gak nyangka bisa mulus dalam melakukan senam dengan formasi 2-1-2. Diiringi oleh lagu dari Sumbawa dengan judul Losong. Musiknya keren habis, bener-bener kami terbawa oleh suasana lagu. Seperti tersihir oleh alunan musiknya. Tadinya khawatir gerakan salah, tapi pikiran itu lenyap seketika setelah kami sudah ada di arena pertandingan dan melaksanakan tugas hampir mulus.Kami yakin masuk tiga besar saat itu. Kami adalah tim terakhir yang berkesempatan untuk tampil diantara dua belas tim senam dari instansi lainnya.



Saat semua tim sudah tampil, saatnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba. Para juri mengumumkan siapa saja yang mendapat juara satu, dua, dan tiga. Tim kami yang pertama kali disebut dan mendapatkan juara tiga. Teriakan penuh semangat pecah saat itu. Saya lega dan teman lainnya pun ikut lega dan bahagia. Kami bersyukur bisa memberikan penampilan yang membuat juri terpukau. Terimakasi atas semuanya.

Di hari yang sama, salah satu teman kami mendapatkan juara satu lomba balap karung. Pertandingan tradisional yang menjadi langganan di setiap event-event besar seperti HKN. Dua kemenangan kece di hari yang sama.




Keesokan harinya, kami mengikuti lomba outbond. Anggota tim ditambah saat itu. Kami tim pertama yang sudah siap buat tampil. Menyiapkan yel-yel, lagu dan logo yang berhubungan dengan kesehatan dan instansi kami, semuanya berjalan dengan lancar. Setelah itu ada dua lomba yang berhasil kami menangi, yaitu masukan pensil ke dalam botol dan trompa. Kekompakan, kerjasama, dan semangat membuat kami dapat meraih target sejak awal. Kami memborong juara di tiga lomba sekaligus dan menunjukkan bahwa tim kami kompak dan solid.

Moment Senam Masal dan Pemeriksaan Mata Gratis : Car Free Day Udayana

Tepat di hari Minggu tanggal 12 November 2017, puncak acara Hari Kesehatan Nasional ke-53 digelar di Jalan Udayana, Kota Mataram. Setiap hari Minggu di Udayana diselenggarakan Car Free Day dari jam 6 pagi sampai jam 9 pagi.

Khusus di Hari Minggu ini seluruh acara Hari Kesehatan Nasional dipusatkan di Car Free Day. Tujuannya untuk menarik peminat para pengunjung yang berolahraga dan jalan santai untuk bergabung dengan kami tenaga kesehatan untuk bersama-sama memeriahkan acara setahun sekali ini.






Acara dimulai tepat jam 6 pagi yang diawali dengan senam masal. Saya yang sampai lokasi agak terlambat dikarenakan kondisi saat itu habis turun hujan. Gak terlambat amat sih, masih bisa ikut senam masal dan eksis foto-foto dan buat video. Nantinya moment ini akan saya buatkan video, jadi ditunggu saja di chanel youtube saya (Comming Soon).

Para tamu undangan ikut senam masal, dari Wakil Gubernur Provinsi NTB, Sekda Provinsi NTB, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, serta para pejabat dan tamu dari berbagai macam organisasi profesi di bidang kesehatan. Semuanya ikut senam masal dengan seluruh warga. Senam masal disini yaitu Senam Peregangan terbaru dari Kementerian Kesehatan RI. Videonya bisa dicari dan didownload di chanel youtube Kementerian Kesehatan RI.



Setelah senam masal, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan hiburan. Kurang lebih ada sembilan instansi yang ikut berpartisipasi di kegiatan pemeriksaan kesehatan, salah satunya Balai Kesehatan Mata Masyarakat Provinsi NTB. Disini saya selaku koordinator Humas BKMM yang mendapat tugas untuk mengawal teman-teman yang bertugas yaitu Refraksionis Optis dan Penyuluh, serta tim yang ikut membantu hingga akhir kegiatan. Sesuai dengan nama instansi, kami bertugas untuk melayani pemeriksaan mata gratis. Ini kali kedua temen-temen Humas BKMM berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

Antusias warga yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat tinggi, bisa dilihat dari keramaian antrian panjang warga dari anak kecil hingga orang tua di depan stand kami. Para petugas dengan cekatan memberikan pelayanan yang ramah dan maksimal, sehingga semuanya berjalan dengan lancar. Menjaga mata itu sangat penting karena mata adalah jendela dunia dan investasi bangsa.


Kegiatan pemeriksaan kesehatan gak meriah tanpa adanya hiburan dan doorprize. Gak jauh dari stand kami, di panggung utama para pembawa acara atau bahasa kerennya host, sedang bagi-bagi doorprize bagi siapa saja yang bisa menjawab pertanyaan seputaran kesehatan. Hadiahnya gak nanggung-nanggung lhoo, ada hadiah utama sepeda, mesin cuci dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Sponsornya banyak nih, gak seperti kami yang minim dengan sponsor,upppssss..keceplosan hehehe.

Apapun itu, kerja seluruh tim keren. Terimakasi atas kerjasama dan kekompakannya. Thanks juga buat Mbak Luh yang sudah menjadi koordinator utama di Tim HKN buat BKMM. Kegiatan pemeriksaan mata gratis berjalan dengan lancar dan membuat warga yang periksa matanya tersenyum dengan indah. Mata Sehat Hatipun Bahagia.

Moment Bagi-Bagi Hadiah Lomba dan Penutupan 

Sehari setelah kegiatan senam masal dan pemeriksaan kesehatan gratis, kegiatan dilanjutkan dengan upacara Hari Kesehatan Nasional ke-53 yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Acara dimulai jam setengah delapan pagi dan selesai jam delapan pagi. Kemudian acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan bagi-bagi hadiah di halaman belakang kantor Dikes Provinsi NTB. 

Seluruh pegawai dalam lingkup Dikes Provinsi NTB bersama para tamu undangan lainnya berkumpul dalam acara hiburan dan bagi-bagi hadiah. Seluruh hadiah lomba dibagikan hari itu juga, gak lupa beberapa doorprize juga. Acara yang sangat meriah sekali. 





Dengan Tema HKN ke-53 "Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku" , kita sebagai tenaga kesehatan berperan penting untuk melayani masyarakat Indonesia yang membutuhkan pertolongan kita. Sehat itu mahal, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melakukan semuanya. Dari diri kita kemudian keluarga dan bangsa yang besar ini, harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. 



Cintailah diri kita, keluarga, dan Indonesia. 
Berolahraga, Makan Sayur dan Buah, Tidak Merokok, Kelola Stress dengan Tepat, dan Tersenyumlah :)



Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-53
" Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku"

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

7 comments:

  1. seru tuh senam bareng ibu ibu
    heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu2 kece mas broo... Ada yg mbak2 jg tp gak usah diposting hehehe

      Delete
  2. Seperti biasa, foto fotonya keren semua. Selamat yaaa mas timnya dapat juara ^^

    ReplyDelete