Tuesday, 10 October 2017


Akhir pekan itu enaknya ngumpul bareng keluarga, sahabat atau kekasih hati. Apalagi yang sedang bete sama kerjaan, gak ada salahnya refreshing sejenak ke sebuah tempat yang bisa membuat hati kembali tenang. Berhubung di bulan ini saya mendapat rezeki yang lebih, saya mengajak teman-teman kantor untuk berburu kuliner. Kali ini giliran saya yang traktir, asyiiikk (nyombong dikit) hehehehe.

Hari Sabtu sehabis bertugas dinas, kami bertujuh pergi ke sebuah resto yang sedang ngehits di Pulau Lombok. Tepatnya di daerah Bengkaung, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat (lokasinya ada di peta di akhir tulisan ini). Saya bersama teman-teman medis lainnya berencana menghabiskan waktu sambil makan siang.

Makan siang sambil bersantai di resto kece, Panyawangan Resto, Bed & Breakfast. Mau tau keseruan kami disana?. Dibaca tulisan saya sampai selesai ! 



Resto kece yang sudah dua tahun eksis ini merupakan resto yang memiliki tema masakan nusantara. Untuk menuju Panyawangan Resto dibutuhkan hanya lima belas menit saja dari Kota Mataram (8 km). Berhubung tempat kerja berada di tengah kota, jadi gak terlalu lama di jalan. Jalurnya pun gak susah aspal mulus, hanya saja sekitar tiga ratus meter sebelum sampai di restonya, jalannya sedikit menanjak karena letak resto ini di atas perbukitan. Kami bertujuh menggunakan mobil ibu bos (mobil pribadi) karena saat itu sedang mendung pertanda hujan akan turun, biar gak kehujanan di jalan hehehe.

Memang di awal bulan Oktober ini hujan sering sekali turun, maklum sudah memasuki musim penghujan. Bahkan sudah dua hari ini hujan terus menerus. Paling enak hujan-hujan gene makan dan minum yang hangat-hangat. 

Bayangan saya di akhir pekan, resto ini ramai dikunjungi apalagi saat jam makan siang. Tetapi setelah sampai dilokasi, gak ada pengunjung lainnya. Asyiik... hanya kami bertujuh saja, seperti tempat privasi rasanya.

Tempatnya kece, berada di atas bukit dan menghadap ke arah barat. Terlihat dari kejauhan pantai Batulayar, Lombok Barat. Ruangan di Panyawangan Resto terbagi menjadi dua bagian. Bila yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan perbukitan Senggigi, bisa mengambil tempat duduk di bagian luar resto. Tempatnya kece abis, sangat cocok buat yang ingin berduaan bareng si doi. Sedangkan untuk ruangan bagian dalam, cocok untuk berkumpul dengan keluarga besar karena tempat duduknya lumayan besar dibandingkan di bagian luar. Bisa juga dijadikan tempat meeting.

Resto ini berukuran gak terlalu besar. Hanya saja bentuknya unik, semua dindingnya dari kaca. Jadi yang berada di dalam ruangan, bisa melihat ke arah luar dengan keindahan perbukitan dan pantai. 

Saat kami tiba, kami disambut dengan ramah oleh para karyawan resto. Hujan sepertinya gak lama lagi turun. Kami segera masuk ke dalam resto sebelum hujan turun. Para karyawan resto mencarikan kami tempat untuk tujuh orang. Awalnya saya ingin di luar saja, tapi berhubung tempatnya gak cukup jadi di dalam saja. 




Tempatnya nyaman sekali baik di bagian luar maupun di dalam, kembali lagi ke selera masing-masing. Setelah mendapat tempat duduk yang pas untuk bertujuh, kami pun segera memesan makanan yang ada di daftar menu. Salah satu karyawan menjelaskan kepada kami menu-menu apa saja yang enak dan spesial pastinya. 

Untuk menu disini sangat beragam dan lumayan banyak pilihan. Kebanyakan masakan nusantara, selain itu ada juga beberapa menu yang dari luar Indonesia tapi sudah disesuaikan dengan lidah kita. Oke, saya pun segera memilih makanan dan minuman, teman lainnya pun segera memilih juga. 

Dari penjelasan karyawan resto, ada beberapa menu yang menarik perhatian saya antara lain Panyawangan Calzone, Panyawangan Yum, Nasi Goreng Seafood Panyawangan, Karedok, Jengkol Balado, Grill Banana ( Pisang Bakar ), dan Kue Cubit. Untuk minumnya yang menjadi favorit saya yaitu Panyawangan Spesial, Dragon Fruit Juice, dan Es Sarang Burung. 

Kok ada Karedok ya ?. Saya pun penasaran kok ada jenis masakan Sunda disini. Usut punya usut ternyata yang memiliki resto ini adalah orang Jawa Barat alias urang Sunda. Pantesan saja ada masakan Sunda disini. Semakin beragam saja jenis resto yang buka di Pulau Lombok. Sejauh ini pelayanan lumayan memuaskan. 






Setelah memesan beberapa makanan dan minuman, saya pun segera mengambil kamera kesayangan yang selalu dibawa kemana pun saya pergi. Sambil menunggu makanan datang, kami pun segera menuju ke bagian luar resto. Disini nyaman sekali tempatnya, tapi sayang tempatnya terlalu sempit untuk kami bertujuh. Untungnya saat itu gak ada pengunjung, jadi saya bisa jepret sana jepret sini tanpa mengganggu kenyamanan tamu yang lain. Bagi yang gak doyan foto-foto, kalian juga bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan atau main permainan bola-bolaan yang ada di dalam ruang (liat foto di atas).

Hijaunya perbukitan, indahnya garis pantai dari kejauhan dan udara yang sangat sejuk. Gak salah kami memilih untuk makan siang dan menghabiskan waktu disini. Spot-spot untuk berfoto juga sangat kece disini. Perut yang tadinya lapar, agak berkurang seketika karena asyik menikmati pemandangan disini.

Oke..!!! Selanjutnya saya akan menjelaskan makanan dan minuman yang sudah dipesan...Cekidooot 


Grill Bananan

Beberapa menu yang kami pesan diantaranya ada grill banana atau pisang bakar. Pisang bakar dengan taburan cokelat dan keju lebih nikmat dan menyehatkan. Jenis pisang yang digunakan yaitu pisang raja yang ukurannya jumbo. Saya gak ketinggalan mencicipi satu pisang bakar khas dari resto ini. Ternyata bener-bener enak dan gurih. Sangat cocok dinikmatin hangat-hangat disaat hujan turun. Satu porsi pisang bakar diberi harga 25 ribu. 


French Fries

Dimanapun tempat kulineran, pasti kentang goreng menjadi menu wajib buat saya. Makanan cemilan favorit yaitu kentang goreng. French fries khas Panyawangan Resto ukurannya lumayan besar. Gak terlalu banyak minyak dan rasanya gurih. Satu porsi kentang goreng seharga 20 ribu.


Fruid Salad

Bagi yang lagi program diet, kalian bisa memesan salad buah khas resto ini. Buah yang digunakan antara lain buah mangga, naga, dan leci. Ditambah lagi dengan sayur kubis sebagai pelengkap. Saos saladnya asem-asem seger. Cocok sekali dinikmatin sebelum makan makanan berat (eh lupa kalo mau diet) hahahahaha. Satu porsi fruid salah seharga 25 ribu.


Kue Cubit

Namanya kue cubit itu salah satu cemilan favorit saya banget. Pertama kali jenis kue ini disaat saya jalan-jalan ke Kota Bandung, Jawa Barat. Kue cubit saudaraan dengan kue pukis. Hanya bentuknya saja yang berbeda. Bila kue pukis bentuknya pipih dan lonjong, sedangkan kue cubit bentuknya setengah bola dan bulat. Disini kue cubitnya ada dua rasa, rasa coklat dan keju. Satu porsi ada sepuluh buah kue cubit, lumayan buat perut kenyang. Harga satu porsi kue cubit yaitu 20 ribu. 


Nasi Goreng Seafood Panyawangan

Menu spesial yang dimiliki resto ini salah satunya yaitu Nasi Goreng Panyawangan. Dari keterangan teman yang memesan nasi goreng ini, rasanya gurih dan bumbunya pas. Berhubung saya penasaran dengan rasanya, akhirnya saya pun ikut mencicipi (antara penasaran ato doyan). Rasanya bener-bener gak bohong. Satu porsi nasi goreng ini sudah cukup membuat kita kenyang. Harga satu porsi yaitu 30 ribu.


Panyawangan Calzone

Jenis makanan ini merupakan saudara dari pizza. Calzone adalah makanan khas yang berasal dari Italia. Jadi apa perbedaan pizza dengan calzone ?. Bedanya, kalau pizza itu berbentuk lingkaran dan ditaburi toping di atasnya kemudian dipanggang. Sedangkan, calzone itu rotinya dilipat sehingga topingnya ada di dalam, jadi mirip seperti membuat pastel. Jadi isian pizza dan calzone ini sama tapi bentuknya saja yang berbeda. 

Panyawangan Calzone agak sedikit berbeda dari calzone pada umumnya. Calzone di resto ini digoreng pakai tepung panir atau tepung roti sehingga saat dimakan terasa gurih. Saya baru dua kali makan calzone, memang berbeda calzone saat pertama kali saya makan dengan calzone khas dari Panyawangan Resto. Satu porsi Panyawangan Calzone seharga 25 ribu. Cukup murah bila dibandingkan dengan harga calzone yang pernah saya makan. 


Dragon Fruid Juice

Dragon fruid juice atau bahasa kerennya jus buah naga ini kesegarannya gak perlu diragukan lagi. Buah naga yang digunakan yaitu buah naga yang daging buahnya berwarna ungu atau kemerahan. Dinikmatin sambil makan siang, menikmati pemandangan alam Batu Layar menambah suasana jadi syahdu. Satu gelas jus buah naga seharga 17 ribu.


Penyawangan Spesial

Awalnya saya bertanya minuman spesial yang ada di resto ini kepada karyawangan resto. Si mbaknya menyebut nama Penyawangan spesial. Minuman sejenis jus dengan campuran mango (buah mangga), biji belewa, dan potongan leci yang baunya harum dan rasanya manis. Dicampur menjadi satu dengan air soda. Seger banget dinikmatin disaat rintik-rintik hujan yang turun. Satu porsi penyawangan spesial seharga 20 ribu.



Berhubung di luar lagi turun hujan deras, kami kembali ke tempat duduk yang sudah disediakan. Hidangan yang sudah dipesan sudah datang satu per satu. Menikmati makan siang bersama para sahabat dan orang-orang terdekat sambil duduk menikmati hujan turun, terasa hari itu sangat menyenangkan.

Setelah habis makan, hujan pun berhenti. Kami pun kembali menuju keluar untuk mengambil sesi foto sambil menunggu datangnya senja. Awalnya mau menunggu sunset, tapi cuaca gak bersahabat. Kata karyawan resto, sunset disini keren. Wah, tempat sangat kece untuk menikmati sunset dong. Mantaaap.

Thanks buat para karyawan Panyawangan Resto untuk pelayanannya. Good Job

Gimana ? Tempat rekomended untuk kalian menghabiskan waktu weekend bersama keluarga, sahabat dan kekasih. Selain resto, Panyawangan Resto juga menyediakan penginapan dan tempat sarapan, bisa dilihat dari namanya sekarang yaitu Panyawangan Resto, Bed & Breakfast.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra
google.com

9 comments:

  1. dulu pas kesini , pagi hari, hujan, berkabut... adeem
    suasananya aduhai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas.. Saat kesana mren, lg turun hujan.. Suasanany syahdu :).. Ayook kulineran bareng hehehe

      Delete
  2. Maiq ruen kk, bikin laparrrr.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maiq senoh hehehe... Dtunggu ceritany d Panyawangan Resto :)

      Delete
  3. Baru tau nih tentang calzone. Kapan2 coba juga ah. Bagus tmpatnya, terutama yang foto dari atas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wisata kuliner d Lombok itu asyiik hehehe

      Delete
    2. Wisata kuliner d Lombok itu asyiik hehehe

      Delete
  4. ahh jadi pengen kue cubit, sekarang sudah jarang yang jual..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya buat sendiri kalo tau resepnya hehehe

      Delete