Friday, 15 September 2017

Menikmati Menu Makan Siang Super Lezat : D'Cost Seafood, Surabaya


Bagi pecinta kuliner apalagi food blogger, pasti mempunyai tempat-tempat kuliner favorit masing-masing. Entah di kota tempat tinggal atau di luar kota, pasti punya pilihan tempat makan yang menunya lezat-lezat dan harga mendukung.

Memang enak menjadi pecinta kuliner apalagi dapat undangan dari sebuah resto atau cafe untuk mencicipi masakan mereka sambil ngereview, saya banget tuh hehehe. Sedikit curhat, saya selama jadi blogger sudah beberapa kali menghadiri undangan makan di sebuah resto atau cafe. Sejauh ini semua tempatnya kece-kece. Tapi untuk menjadi seorang food blogger, saya masih belajar. Disamping hobi makan, menjadi food blogger harus punya keahlian menilai masakan dan harus punya ilmu di bidang kuliner ( minimal ).

Kebetulan cewek saya seorang chef masa depan, saya bisa belajar banyak dengan dia di bidang kuliner. Kebetulan sebulan yang lalu saya ke Surabaya, si doi mengajak saya kulineran ke salah satu mall terbesar di Surabaya, Royal Plaza yang kebetulan mall paling dekat dengan penginapan tempat saya menginap.




Tujuan kuliner kami adalah ke sebuah resto seafood yang sudah terkenal di Surabaya yaitu D'Cost Seafood. Resto ini berlokasi di Lantai UG Royal Plaza Surabaya, Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Seperti kalimat di bawah nama restonya ; "Mutu Bintang Lima dan Harga Kaki Lima". Itu sebuah kalimat yang artinya mutu masakan dan minuman disini berkelas bintang lima dengan harga terjangkau alias kaki lima. Memang benar disini kelezatan masakannya gak perlu diragukan lagi, sedangkan untuk harga setiap menunya bisa dibilang murah meriah, terjangkau untuk semua kalangan.

Datang disaat jam makan siang. Disaat perut sudah mulai lapar. Awalnya resto seafood ini tempat favorit si doi dan sekarang tempat favorit saya juga. Dia mengajak saya makan siang disini karena saya gak terlalu mengenal tempat-tempat makan di Surabaya, harap maklum saja hehehehe.

Tempatnya asyik banget, sudah adem dan banyak tempat pilihan meja makannya pula. Kami berdua memilih mojok saja biar lebih romantis dan asyik buat ngobrol-ngobrol. Berhubung kami suka ngobrol ngalor ngidul sambil ngegosipin Hamish dan Raisa yang membuat satu orang Indonesia patah hati di medsos ( anak cabe-cabean dan alay pasti taulah ).



Keunikan dari tempat makan ini yaitu saat kita ingin memesan makanan dan minuman, bukan daftar menu seperti biasanya, melainkan kartu-kartu yang isinya gambar menu lengkap dengan harganya. Kita tinggal mengambil kartu menu yang isinya foto masakan dan minuman yang dipesan. Selanjutnya menyerahkan ke kasir sekaligus membayar sesuai pesanan. Sistem yang kece menurut saya dan di Lombok belum ada tempat makan yang mempunyai cara seperti ini.

Setelah memilih menu dan membayar, saatnya menunggu hidangan yang sudah dipesan sambil ngegosip bareng si doi ( masih ngegosipin Hamish dan Raisa ). Waktu untuk menunggu hidangan yang dipesan gak terlalu lama. Si doi menjelaskan satu per satu hidangan yang dipesan, sedangkan saya asyik mengunyah masakan yang ada di depan saya sambil terus menyimak penjelasan si dia.



Gurami Goreng Asam Manis

Dari sekian jenis masakan berbahan dasar ikan, Ikan Gurami salah satu ikan favorit saya. Beruntung di D'Cost Seafood menu Gurami ada tersedia, Asyiikkk... !!!. Langsung saja kami memilih Gurami Goreng Asam Manis menjadi menu utama makan siang saat itu. Kelezatan gak perlu diragukan lagi. Cara penyajiannya pun sangat cantik menurut saya. Jadi menambah selera makan kami. Untuk harga gak jauh beda dengan harga di rumah makan sederhana. Namanya juga Mutu Bintang Lima, Harga Kaki Lima.


Kailan Tiram

Nah, menu masakan ini sangat asing bagi saya sebelumnya. Setelah mendengar penjelasan si doi, saya jadi penasaran sama rasanya. Jadi Kailan itu sejenis sayuran sawi. Kalian pernah makan sawi dong ya ?. Bagi pecinta sayuran pasti pernah makan sawi. Kailan itu sayuran berdaun serta batang yang datar dan tebal, mengkilap, berwarna hijau, dan mempunyai sejumlah kecil kepala bunga berukuran kecil. Biasanya ditemukan di pasar tradisional atau supermarket tapi sudah gak ada bunganya. Kailan sering digunakan untuk masakan oriental. 

Jadi setelah dijelaskan, saya jadi tahu bahwa ini sayuran yang pertama kali saya makan ini salah satu jenis sayuran Sawi. Rasanya enak apalagi olahan sayuran ini lezat sekali. Bumbunya juga menggunakan bumbu pilihan. Enak..enaak, perlu kalian coba bila datang kesini. 


Sambal Terasi dan Mangga

Mungkin kedua jenis sambal ini sudah gak asing di telinga saya. Sambal terasi kalian pasti sudah sering mencoba, bahkan mungkin setiap hari yang gak bisa makan tanpa ada sambal terasi. Mungkin disini yang buat saya penasaran yaitu Sambal Mangganya. Ini sambal enak sekali, mangga yang digunakan bukan mangga yang mentah, tapi mangga yang setengah matang dan berwarna kuning. Sangat cocok dipadukan dengan Gurami Goreng Asam Manis. 


Es Jeruk Kelapa Muda

Melengkapi makan siang, gak lengkap rasanya bila gak memesan menu minuman favorit kami berdua yaitu Es Jeruk Kelapa Muda. Saat pertama liat ada menu minuman Es Jeruk Kelapa Muda, langsung saya mengambil kartu menu minuman seger tersebut. Habis makan Gurami Goreng Asam Manis dan Kilain Tiram, selanjutnya menikmati kesegaran Es Jeruk Kelapa Muda, Segeerrr !!!


Masih banyak menu-menu yang ada di D'Cost Seafood  yang belum kami coba. Tapi apa mau dikata, perut dan dompet gak bisa menampung lebih banyak lagi. Hehehe.. #Ngeles

Gimana ? Saya tunggu cerita di D'Cost Seafood lainnya menurut pengalaman kalian kulineran di Surabaya. :) 



Penulis : Lazwardy Perdana Putra
google.com

0 comments:

Post a Comment