Monday, 28 August 2017

Mencari Jalan Keluar di Labirin : Coban Rondo


Si doi : "Yank, jalan keluarnya mana nih ?. Kok kita gak nemu-nemu pintu masuk yang tadi sih ?"
Saya : "Udah, jalan terus aj, palingan nanti ketemu juga yank"

Dalam hati saya juga bingung dicampur penasaran, mana nih jalan yang bener. Kok jadi beneran tersesat. Lewat sini jalan buntu, lewat sana gak ada jalan lagi. Kemana ? Muter-muter jalan yang tadi nih. 

Si doi : " Kita fotoan aja yuuk, mumpung disini "
Saya : " Ya udah, sambil nyari jalan keluar, kita cari spot yang bagus buat fotoan " ( masih dengan rasa penasaran sama jalan keluar ).

Saya sama si doi lagi berada di sebuah labirin yang gak terlalu besar, tapi ngejengkelin. Jengkelinnya, kami kebingungan nyari jalan keluar. Ujung-ujungnya nyari orang yang sama-sama masuk labirin juga buat numpang nanya. Bukannya dapat pencerahan, malah sama-sama bingung juga.hahahaha, seru juga ternyata. Nengok sana, nengok sini mengendap-ngendap. 

photo : PhotoMalang.com



Labirin ini bernama Coban Rondo. Untuk masyarakat Batu, Malang dan sekitarnya sudah gak asing lagi dengan daerah ini. Wisatawan dari luar Malang bahkan luar Pulau Jawa sudah banyak yang berkunjung kesini. Dan saya sendiri, termasuk orang luar Jawa yang beruntung bisa datang ke tempat yang lagi ngehits di sosial media, salah satunya Instagram. 

Masih dalam satu ngetrip ke daerah Batu yang sebelumnya saya sudah tulis tentang Omah Kayu yang jaraknya dengan Coban Rondo gak terlalu jauh. Hanya sekitar 10 menit waktu tempuh menggunakan kendaraan pribadi. 

Dulunya Coban Rondo ini hanya memiliki air terjun yang bernama Air Terjun Coban Rondo. Seiring berjalannya waktu, tempat ini berubah menjadi lebih kece dengan menawarkan beberapa wahana hiburan yang menarik dan menjadi magnet buat wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu tempat yang lagi ngehits di kalangan anak muda yaitu Taman Labirin, Coban Rondo.

Saya pun rela datang jauh-jauh dari Pulau Lombok demi ke tempat yang gak ada di daerah asal saya ini. Mungkin kalian masih ingat dengan Film Hollywood berjudul " The Maze Runner " yang sangat sukses di pasaran beberapa tahun yang lalu. Saya mengenal labirin setelah menonton film yang bagi saya sangat menegangkan dari awal sampai akhir film. Kece pokoknya !!!.


Masih ditemani dengan si doi yang baru pertama kali ikut ngetrip ala saya dan masih semangat untuk mengexplore alam Kota Batu, Malang. "Tetap semangat yank sampai pulang ke Surabaya nanti!!!" ( senyuman manis buat si doi ).

Taman Labirin Coban Rondo dibuat dengan memanfaatkan tanaman hijau ( tetelan ) yang memiliki ketinggian sekitar 2 meter menjadi sebuah lorong berbentuk labirin ( info dari penjaga taman ). Menarik buat saya pribadi. Meskipun terik matahari menyengat, kita yang berada di dalam labirin tetap merasakan kesejukan. Udara yang sejuk, banyak tanaman hijau membuat kami berdua sangat betah berlama-lama di dalam labirin. Mencari jalan keluar sambil bersenda gurau dan mencari spot yang bagus buat berselfie alay ala Syahrono. 

Bagi yang ingin mengambil foto-foto kece, bisa langsung di dalam lorong-lorong labirin atau bisa juga melalui menara yang berada tepat di depan pintu masuk labirin, sehingga akan terlihat full view pemandangan Labirin Coban Rondo.





Masih dalam kondisi tersesat, kami berdua gak mau ambil pusing. Langkah demi langkah, belok kanan belok kiri mengikuti kata hati sambil menikmati permainan yang kami buat sendiri. Awalnya saya meremehkan tempat ini karena labirinnya gak terlalu besar dan terlihat mudah. Ternyata, gak semudah yang saya bayangkan. 

Masuk lebih dalam lagi, ternyata kami berdua sudah berada di tengah-tengah labirin. Untuk menemukan jalan keluar, harus sabar, pakai kata hati dan berkomunikasi dengan pasangan. Patokan kami menara yang terlihat dari kejauhan, tapi tetap saja masih belum menemukan jalan keluar.

Kami berdua gak menyerah begitu saja, jalan pelan-pelan sambil melihat kanan-kiri sambil memperhatikan arah pengunjung berjalan. Mengikuti jejak mereka, akhirnya sampai juga kami di pintu keluar. Kece... Berhasil Berhasil Oyeee !!! ( Ala Dora ). Ini baru yang namanya petualangan #AgakLebayDikit.

Si Doi : " Tu kan bener, harusnya kita lewat sini tadi yank "
Saya    : " Iya-iya yank, sekarang kita mau kemana lagi ? ( sambil pasang wajah kecapean muter-muter dalam labirin, lumayan olahraga dikit )
Si Doi : " Sekarang kk naik ke menara itu, terus fotoin adeq dari atas menara yaak ! "
Saya    : " Siap tuan putri, apa sih yang gak buat kamu " Eheeemmm... ( memang nasib saya jadi tukang foto, tapi kalo ini yang paling asyik jadi tukang foto calon istri sendiri #Modus ).

Saya langsung naik ke menara dan si doi masuk lagi ke dalam labirin. Tangga demi tangga saya naiki dan ternyata di atas menara sudah banyak para pengunjung yang berdiri. Semoga saja menaranya gak roboh setelah saya naik ( khawatir sejenak )

Si doi dengan senyuman manisnya, minta langsung difotoin. Ke kanan yank dan senyum, 1 2 3 Cekreeeekkk Cekreeek Cekreeeekkk ! ( berulang-ulang kali sampe puas fotoannya ).


Next... Setelah satu jam masuk ke dalam labirin, kami berdua berjalan-jalan mengelilingi taman Coban Rondo. Banyak tempat-tempat menarik yang kami lihat ( seperti dua foto di atas ). Sebenarnya pengen banyak masukin foto si doi di postingan ini, tapi si doi hanya mengijinkan beberapa foto di atas aj, katanya nanti banyak yang naksir. Bener juga sih. hehehehe... 

"Lhooo terus foto loe mana aj Dik ?". Kali ini saya fokus jadi fotografer doi aja mas broo. Jadi foto saya hanya beberapa saja. Hehehehe.

Saya salut dengan pihak pengelola tempat ini. Daerah perbukitan, dengan banyak ditumbuhi hutan pinus serta air terjun dan sungai yang mengalir, bisa disulap menjadi tempat yang lebih kece lagi. perlu dicontoh buat daerah-daerah yang lain dalam hal strategi bisnisnya. Sambil menyelam minum air ! 

Sebenarnya masih ingin berlama-lama di Coban Rondo, menikmati destinasi lainnya yang masih dalam kawasan Coban Rondo seperti Air Terjun Coban Rondo, Cafe Daun Cokelat yang sedang ngehits dan beberapa tempat kece lainnya. Berhubung agenda kami berdua selanjutnya ke sebuah tempat yang gak kalah kece dari Coban Rondo dan Omah Kayu. Apa itu ? Ditunggu saja cerita saya selanjutnya. 

Catatan :

- Ini beberapa wahana yang bisa kalian coba di kawasan Coban Rondo lengkap dengan harga tiket masuknya ( data dari nnoart.com tahun 2016 ), lihat di bawah ini :

nnoart.com

- Alamat Labirin Coban Rondo : Pandesari, Pujon - Malang, Jawa Timur
- Rute menuju Taman Labirin Coban Rondo : Dari Kota Malang - mengarah ke Kota Batu ( melewati Kecamatan Dau ) - lurus terus menuju jalur Kediri - sesampainya di Pujon nanti ada papan petunjuk menuju Coban Rondo. 


Penulis : Lazwardy Perdana Putra
google.com

10 comments:

  1. wahhh seru mba,tempatnya juga syantik.. semoga ada rezeki bisa ke malang, soale malang denger"tempat wisatanya banyak yang asik juga ^_^

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  2. Ayook k Malang mbak..hehehehe.. Thanks udh mampir :)

    ReplyDelete
  3. beberapa kali ke Batu, tp blm pernah kesampaian mampir coban rondo, heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti klo k Malang nanti, wajib kesini mas broo hehehe

      Delete
  4. Nah mudahan bisa kapan2 saya kesana mas. Keren memang tempatnya hehe

    ReplyDelete
  5. Widihhhh..keren nih tempatnya. Kalau ada di Lombok, udah langsung ngehits tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga d Lombok jg da yg sprti ni mbak.. Yg penting ttp jaga kebersihan n gak merusak aj :)

      Delete
  6. Emang asik nih main ke Labirin, aku pernah ke sana kak. Tapi cepet banget udah langsung keluar gegara ngetrip ala coboy, semua serba cepat. padahal asik kalo sesatnya lama di situ, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. enaknya lama2 berada di setiap tempat wisatanya.. hehehhee

      Delete