Tuesday, 18 July 2017


Hidup Sehat ?

Dua kata yang menjadi impian semua orang tapi untuk melakukannya gak semudah yang dibayangkan, " Hidup Sehat ". Menerapkan pola hidup sehat, kita harus memperhatikan beberapa hal penting. Hal yang perlu diperhatikan antara lain : makanan dan minuman yang sehat, istirahat yang cukup, olahraga, gak merokok, minum air putih yang cukup, selalu cek kesehatan minimal 6 bulan sekali dan paling penting kelola stress ( jangan terlalu banyak pikiran ).

Untuk menerapkan beberapa hal di atas, diperlukan niat dan keinginan yang kuat. Banyak diantara kita termasuk saya sendiri yang merasakan betapa susahnya melakukan hidup sehat, terutama mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, olahraga dan cerdas kelola strees. Tiga hal tersebut meskipun sulit bagi saya menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, tapi gak ada salahnya kita mencobanya agar tubuh kita sehat selalu. "Sakit Itu Mahal, Makanya Harus Selalu Sehat !!!".



Dalam menerapkan pola hidup sehat, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia sedang memperkenalkan sebuah kegiatan yang bernama GERMAS. Apa itu GERMAS ?. GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan suatu gerakan yang diperkenalkan oleh Kementerian Kesehatan RI dimana ditujukan kepada seluruh warga Indonesia secara bersama-sama memiliki kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup khususnya dalam bidang kesehatan. 

Di dalam menerapkan GERMAS, kita harus CERDIK.  Apa itu CERDIK ? CERDIK singkatan dari Cek Kesehatan, Enyahkan asap Rokok, Rajin Olahraga, Diet Seimbang, Istirahat cukup, Kelola Stress. Jadi GERMAS gak akan berjalan dengan baik bila kita gak menjadi orang CERDIK.

Dalam kesempatan kali ini, saya dan teman-teman blogger NTB mendapat undangan dari Kementerian Kesehatan RI untuk menghadiri sebuah pertemuan yang bagi saya sangat menyenangkan. Mengapa sangat menyenangkan ?, karena baru kali ini ada acara dimana seluruh Blogger NTB mendapat tempat spesial dalam mendukung GERMAS. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI dibantu oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB,  Hari Jumat, Tanggal 14 Juli 2017 bertempat di Senggigi Ballroom Lt.2, Hotel Aston Inn Mataram, Lombok.

Acara ini merupakan pertemuan sekaligus perkenalan blogger NTB dengan Kementerian Kesehatan RI. Meskipun saya adalah seorang tenaga kesehatan Provinsi NTB yang bertugas di salah satu pelayanan publik di bidang kesehatan, saya juga adalah seorang blogger yang masih belajar di dunia perblogkan. Punya hobi traveling dan menulis adalah hal yang menyenangkan buat saya #PromosiDiriSendiri Hehehehe.

Temu Blogger Kesehatan 2017 merupakan acara yang pertama kali diselenggarakan oleh Kemenkes RI di Provinsi NTB. Dalam acara ini, blogger NTB diharapkan siap mendukung program ini dalam berbagai kegiatan yang bertemakan GERMAS. 




Kegiatan pertama di hari acara yaitu melakukan registrasi dan dilanjutkan dengan cek kesehatan. Teman-teman dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan cek kesehatan kepada seluruh peserta dari yang muda sampai yang tua. Manfaat cek kesehatan sangat banyak, salah satunya agar kita dapat mengantisipasi terjadinya hal-hal yang gak diinginkan terhadap kesehatan kita sendiri. Jadi cek kesehatan itu penting sekali.

Kebetulan saya juga cek kesehatan, antara lain cek berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tekanan darah dan kadar gula darah. Hasilnya, tekanan darah saya agak naik dari normal, sedangkan lingkar perut dan berat badan harus dikurangi. Sempat kaget, tapi namanya periksa kesehatan harus selalu siap dengan hasil yang didapat.


Oke... Setelah cek kesehatan, sesi pertama dimulai dengan senam peregangan. Disini seluruh peserta didampingi oleh pemandu acara dari temen-temen Kemenkes RI melakukan senam peregangan yang kurang lebih sekitar lima menit. Hitung-hitung sebagai pemanasan sebelum acara utama di mulai.

Setelah selesai senam peregangan, acara utama dimulai. Untuk sesi pertama yaitu seminar dengan materi "Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular" yang disampaikan oleh dr. Birry Karim, Sp.PD, seorang dokter muda spesialis penyakit dalam kelahiran tahun 1981 yang merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ada beberapa hal penting yang berhasil saya tangkap dari penyampaian dokter Birry, antara lain sekarang fenomena Penyakit Tidak Menular memiliki kasus terbanyak dibandingkan Penyakit Menular ( penyakit infeksi bakteri, virus, jamur ). Bila mengetahui gejala sejak awal, setidaknya kita lebih mawas diri terhadap penyakit, Ada tiga cara untuk mencegahnya yaitu menerapkan pola hidup sehat, makan sayur dan buah, cek kesehatan secara berkala.






Berkaitan dengan Penyakit Tidak Menular, dr.Birry menyampaikan beberapa contoh dari kasus-kasus yang didapatkan di tempat praktek beliau antara lain kasus Hipertensi ( Tekanan Darah Tinggi ), Jantung Koroner, Diabetes Mellitus ( Kencing Manis ), dan Stroke. Segala macam penyakit tersebut apabila gak diobati secara maksimal dengan waktu kurang lebih 5 tahun, maka kemungkinan yang terjadi adanya kerusakan organ tubuh pada penderita. Jadi pentingnya kita menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit tersebut.



Dalam sesi selanjutnya, adanya pemaparan dari Sekertaris Jenderal Kemenkes RI dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes yang didampingi oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI, drg. Oscar Primadi, MPH. dr. Untung Suseno Sutarjo menjelaskan betapa pentingnya para blogger dan nettizen dalam mendukung GERMAS dan diharapkan berperan aktif untuk mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari baik melalui media online maupun cetak. 

Selain para tokoh dari Kemenkes RI, turut hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A. Beliau juga menjelaskan betapa pentingnya menerapkan pola hidup sehat dan berharap agar para blogger NTB bisa mendukung penuh kegiatan GERMAS di Provinsi NTB. 



Sesi terakhir dalam rangkaian acara Temu Blogger Kesehatan 2017, yaitu Workshop Penulisan ( Mengulik Bahasa, Mendongkrak Nilai Blog ) yang disampaikan oleh Mas Anwar Natari. Banyak hal yang disampaikan oleh beliau, sampai-sampai salah satu tulisan blog saya menjadi bahan materi beliau. Sangat beruntung sekali tulisan saya dikritik oleh beliau. 

Saya jadi paham dan mendapat ilmu baru dalam menulis artikel yang dapat dipahami oleh setiap pembaca. "Dengan bahasa sederhana, tapi bahasa tulisan kita bisa dimengerti oleh pembaca", salah satu pesan di akhir-akhir pemaparan beliau. Thanks Mas Anwar Natari atas ilmunya. Sukses selalu buat karya-karyanya. Amiin.


Untuk melaksanakan GERMAS, gak cukup mengandalkan pemerintah di sektor kesehatan saja. Semua pihak lintas sektor, dari tingkat pusat hingga tingkat daerah dan semua komponen masyarakat harus berperan aktif dalam mensukseskan gerakan masyarakat hidup sehat ini. Mulai menerapkan perilaku hidup sehat dari diri sendiri, keluarga sampai lingkungan masyarakat.


Mau Sehat, Yuuuk Mulai Dari Sekarang Kita Hidup CERDIK menuju GERMAS.... !!! #DukungGERMAS

Catatan :

- Kegiatan GERMAS ada tiga : Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, Mengkonsumsi buah dan sayur, Memeriksa kesehatan secara rutin.
- Manfaat yang dapat saya simpulkan dari acara ini antara lain; 1. betapa pentingnya menerapkan hidup sehat pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat sekitarnya. 2. bisa memperkaya ilmu saya tentang Penyakit Tidak Menular. 3. saya bisa bertemu dengan para teman sejawat di bidang kesehatan. 4. saya bisa bertemu dengan teman-teman blogger NTB yang kece-kece. 5. saya bisa banyak belajar dalam dunia perblogkan dan ilmu menulis artikel. 

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

12 comments:

  1. Mantab bang, ayo masyarakatkan hidup sehat

    ReplyDelete
  2. Mantab bang, ayo masyarakatkan hidup sehat

    ReplyDelete
  3. Dukung GERMAS!

    Generasi sehat, banhsa maju!

    ReplyDelete
  4. Ntaaappp.. mari hidup sehat.. karena sehat itu murah yang mahal itu sakit~

    ReplyDelete
  5. Asik ya bisa ngumpul-ngumpul bareng blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smoga travel blogger sluruh Indonesia bisa kumpul breng... Amiiin

      Delete
  6. wuih... komplitnya... *takjub
    aseli keren banget tulisan Ente Sob, detail dan jelas.
    top...
    eh btw itu fotonya pake kamera atau hape apaan? kok bagus banget sih hasilnya?

    berkat artikel ini ane jadi semangat olahraga #GoGoPerutSixPack

    salam blogger NTB dan Salam Hoki

    ReplyDelete
  7. Waah penulis superhero.com muji sya nih...hehehehe itu mah pake hp 16MP sih mas broo... Cuma ngambilny yg detail hehehehe... Thanks udh mampir on my blog.. Dtunggu crita2 slanjutnya :)

    ReplyDelete