Sunday 21 September 2014

Pulau Seribu Masjid ( Traveling ke Masjid di Pulau Lombok )

Julukin ini sangat cocok ditujukan untuk Pulau Lombok. Jika Bali dijulukin "Pulau Para Dewa dan Seribu Pura", lain pula tetangga mereka sebelah timur. Lombok mendapat julukan " Pulau Seribu Masjid " karena mayoritas penduduk Lombok memeluk agama Islam dan setiap desa / kampung membangun masjidnya masing-masing, sehingga julukan ini sangat melekat bagi Pulau Lombok.

Ada beberapa masjid yang ada di Lombok yang sudah menjadi wisata religius bagi wisatawan yang kebetulan berlibur ke Lombok.

1. Masjid Islamic Center Lombok, Kota Mataram

sumber image : situslombok.blogspot.com

 sumber image: lombokmagazine.com

Masjid yang memiliki luas sekitar 6,7 hektare ini merupakan masjid yang terbesar di Pulau Lombok bahkan terbesar di NTB. Masjid yang masih dalam proses pembangunan ini, memiliki menara yang bernama " Menara 99 '' yang diambil dari Asmaul Husna di Al-Quran dan juga sekaligus menara tertinggi di NTB. Terletak di pusat Kota Mataram, membuat bagi siapa saja yang kebetulan melewati kompleks masjid akan dibuat terpesona oleh kemegahan masjid ini. Begitu cantik, megah dan memiliki bentuk ciri khas motif batik Sasambo di kubah masjid yang merupakan motif batik khas di Provinsi NTB.

2. Masjid Jamik Al-Akbar Masbagik, Lombok Timur

sumber image : writenreview.blogspot.com

Salah satu masjid termegah di Kabupaten Lombok Timur, tepatnya di daerah Masbagik, mempunyai bentuk masjid seperti bentuk masjid di Timur Tengah. Walaupun gak memiliki halaman yang luas, tapi kemegahan masjid ini gak perlu diragukan lagi. Jika kita akan menuju penyeberangan kapal ferry / Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur menuju Pulau Sumbawa dari Kota Mataram, kita pasti melewati masjid ini. Letak masjid tepat di pinggir jalan raya besar atau di perempatan Masbagik. Bagi yang lagi dalam perjalanan jauh, jika kebetulan berada di wilayah Masbagik dan ingin mampir untuk melaksanakan shalat, gak ada salahnya mampir di masjid ini sekalian berwisata religi melihat kemegahan salah satu masjid terbesar di Pulau Lombok. 

3. Masjid Agung Al-Mujahidin Selong, Lombok Timur

sumber image : www.powerbell.co.id

Masjid yang letaknya di Kota Selong, Lombok Timur. Kurang lebih sekitar 1,5 jam waktu tempuh perjalanan dari Kota Mataram menggunakan motor atau mobil. Dulunya masjid ini merupakan masjid termegah di Pulau Lombok bahkan di Provinsi NTB sebelum dibangunnya Masjid Islamic Center ( IC ) di Kota Mataram. Walaupun demikian, masjid ini masih layak disebut termegah oleh warga Pulau Lombok karena dari bentuk bangunan masjidnya disertain pemilihan warna cat yang digunakan pada dinding dan kubah masjid. Begitu indahnya masjid ini jika terkena sinar matahari saat sore hari.

4. Masjid Raya Attaqwa Mataram, Kota Mataram


sumber image : lombokpreneur.com

Kota Mataram saat ini memiliki dua bangunan masjid besar. Masjid Islamic Center yang masih dalalm proses pembangunan dan Masjid Raya Attaqwa yang terletak di tengah Kota Mataram. Masjid ini dulunya menjadi masjid terbesar di Kota Mataram sebelum dibangun Masjid Islamic Center.

Jika dilihat dari posisinya, masjid ini tepat berhadapan dengan Masjid Islamic Center. Masjid ini pula memiliki bangunan yang cukup tua dan sederhana namun memberikan kenyamanan dan kesejukan bila kita berada di dalam masjid. Pengajian tiap malam Jumat dan hari- hari tertentu rutin diadakan di masjid ini. Jika teman-teman yang beragama muslim khususnya kebetulan berlibur di Kota Mataram, gak ada salahnya untuk mampir melaksanakan shalat fardhu di masjid ini. 

5. Masjid Bayan Beleq, Desa Bayan, Lombok Utara

sumber image : sasexplorer.blogspot.com

sumber image : nusantaraislam.blogspot.com

Inilah dia masjid tertua yang ada di Pulau Lombok. Masjid Bayan Beleq merupakan masjid yang terletak di Labuan Lombok, Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Mataram.

Menurut sejarah yang ada, masjid ini didirikan pada abad ke-17, secara hitung-hitungan masjid ini udah berusia lebih dari 400 tahun. Masjid ini pula menjadi saksi bisu masuknya agama Islam untuk pertama kalinya di Pulau Lombok. 

Bentuk masjidnya yang memiliki khas seperti bangunan-bangunan masyarakat Suku Sasak dan sederhana. Bangunan masjid ini memiliki ukuran 9 x 9 meter dengan dinding yang sangat rendah yang terbuat dari anyaman bambu, atapnya berbentuk tumpang yang disusun dari bilah-bilah bambu, sedangkan pondasi lantainya tersusun dari kumpulan batu-batu kali. Lantainya berasal dari tanah liat yang telah ditutupi tikar buluh. Sedangkan tiang masjid terbuat dari kayu pohon nangka.

Di dalam masjid ini juga terdapat makam besar dari penyebar agama Islam pertama di Pulau Lombok yaitu Gaus Adbul Rozak. Jadi bagi teman-teman yang lagi kebetulan melakukan traveling ke Lombok Utara, gak ada salahnya untuk berkunjung ke masjid tua ini. Masjid ini juga terletak gak jauh dari wisata alam Desa Senaru dan Air Terjun Tiu Kelep. 


Itulah beberapa masjid-masjid yang ada di Pulau Lombok yang bisa dijadikan wisata religius dan seni bagi teman-teman yang kebetulan berlibur ke Pulau Lombok. Masih banyak lagi masjid-masjid lainnya yang gak bisa disebutkan satu-satu karena di Lombok tiap desa / kampung memiliki masjid. Sejak dulu kala, bagi masyarakat Lombok yang tinggal di suatu desa / kampung, menjadi suatu kebanggaan, kebahagiaan, dan rasa cintanya kepada Sang Maha Pencipta dan Rasulullah SWT yang sangat besar untuk  membangun masjid di desa mereka masing-masing walaupun nyawa taruhannya. 


Penulis : Lazwardy Perdana Putra

9 comments:

  1. Ya mas.. Terimakasi udah mampir di blog saya :)

    ReplyDelete
  2. makasi jg udh brkunjung... sring2 aj mampir d bloq aq ya... masih bnyak crita ngetrip yg blum saya explore :)

    ReplyDelete
  3. Gak bilang kl mau pale photo Dr blog saya nih (writenreview)

    ReplyDelete
  4. Foto yg mana mas?? kan udh saya kasi alamat link sumbernya hehehehe

    ReplyDelete
  5. Foto yg mana mas?? kan udh saya kasi alamat link sumbernya hehehehe

    ReplyDelete